Saturday, September 14, 2013

Jogja-Solo Trip : Day 1 ~ Hello Solo

Kali ini saya mau berbagi cerita tentang liburan saya minggu lalu.. Jadi dari tanggal 6 - 9 September 2013 saya pergi ke Jogja dan Solo.. Pergi nya ber4, bareng sama adik saya, dan 2 teman kantor saya.. Tiket nya kita beli waktu Air Asia free seat setahun yang lalu.. Iya setahun, dan dari jumlah peserta awal 8 orang, yang berangkat cuma 4.. wkwkwk..

Nama nya liburan, udah pasti excited dong.. Apalagi udah lama ga ke Jogja.. Dan kali ini mau sekalian ke Solo.. Biar genap aja, jadi di Jawa Tengah, saya sudah pernah ke Jogja, Solo, dan Semarang.. hehehe..

Untuk tiket DPS-JOG pp kita dapat nya kemarin  sekitar 120k per orang.. Murah banget.. Tiket bus aja kagak dapet segitu.. wkwkwk.. Kalau masalah hotel, tetep ngandalin si Agoda.. Jadi tiap hari, mantengin website nya Agoda.. hehehe..

Tanggal 6 nya, kita harus ke airport pagi2 buta.. Saya berangkat dari rumah jam 04.15, secara flight kita departure nya jam 05.50.. Parah nya kita bakalan pulang ke Bali, juga pagi2 gini.. Secara Air Asia cuma sekali aja flight nya yang DPS-JOGJA.. Jadi dari Bali bawa penumpang ke Jogja, terus naikin penumpang di Jogja, terbang lagi ke Bali, dan that's it.. Rugi sih sebenernya, terutama di biaya hotel.. Jadi sekedar saran, kalau mau cari tiket pesawat, mending pergi nya yang first flight dan pulang nya yang last flight.. wkwkwk..

Boarding Pass

Btw, kemarin waktu kita berangkat, Airport Ngurah Rai masih dalam tahap renovasi.. Jadi ya seadanya.. Ruang tunggu nya kecil, toilet nya pun ngantri panjang.. Pagi2 saya sudah di buat esmosi.. Masalah nya simple.. As we know, kalau naik Air Asia, biasanya waktu mau boarding, ada urutan nya.. Pertama yang dipanggil adalah yang hot seat, terus row no berapa sampe berapa.. Eh ini, semua langsung berhamburan desak2an di depan gate.. Walaupun dapet seat 1A,B,E,F saya sih mending ngalah.. Tapi ya gitu, masuk belakangan, overhead storage nya udah full.. Padahal ga ada 1 orang pun yang duduk  di row kita, jadi itu barang siapa dong.. Setelah complain ke pramugari, kita disuruh masukin baggage kita di overhead storage di row 4.. Hmmm, cuma bisa elus dada.. wkwkwk..

Flight dari Bali ke Jogja ditempuh sekitar 1 jam.. Pemandangan dari atas juga keren banget, karena waktu sunrise.. Tepat jam 06.00 WIB kita sampai di Airport Adi Sucipto Jogja.. Airport nya ga banyak berubah dan masih kecil.. hehehe..

Hari pertama kita berencana untuk langsung ke Solo.. Karena itu, kita langsung keluar airport, nyebrang dan langsung ke Stasiun Maguwo.. Keren nya Airport Adi Sucipto adalah sebelahan sama stasiun.. Jadi kalau mau ke kota, bisa naik kereta.. Mau ke Solo or Madiun juga bisa langsung naik dari sini.. Bus dan transportasi publik lainnya juga tersedia.. Sampai Stasiun Maguwo kok sepi ya.. Loket nya juga kagak ada yang jaga.. Dan di situ tertempel jadwal kereta.. Liat2 yang tujuannya ke Solo, kok next train baru datang jam 8.14.. Masa nunggu selama 2 jam.. Sebenarnya hal ini sudah saya prediksi sebelumnya.. Secara cari jadwal kereta lokal yang melayani rute Jogja-Solo, macam Madiun Jaya, Sri Wedari, dan Prameks itu susahnya minta ampun.. Tiap sumber bisa beda jam nya.. Dan katanya sih memang sering berubah.. Udah coba hubungi CS nya PT. KAI tapi ga berhasil2, mention di Twitter, juga ga ada balasan..

Train's Schedule

Option kedua saya di itinerary yang saya buat adalah sewa mobil.. Keluar dari Stasiun Maguwo ketemu sama bapak2 yang menawarkan sewa mobil untuk mengantar ke Solo.. Dia buka harga nya 300k.. Akhirnya setelah tawar menawar, deal nya adalah di harga 250k.. Tapi dengan tambahan, nganter ke hotel saya, nganterin temen saya cari hotel, dan drop kita di Pasar Gede.. Harga segitu masih reasonable lah.. Secara ternyata jauh juga.. Jalan nya lurus aja sih, kayak tol.. Kira2 1 jam 15 menit lah.. Mobil yang dipakai adalah jenis New Avanza.. Bapaknya baik pula, pokoknya recommended..

Hotel saya di Solo adalah Ibis Hotel Solo, letaknya ada di pertigaan antara Jl. Brigjen Slamet Riyadi dan Jl. Gajah Mada.. Saya memang sengaja cari hotel di area Jl. Brigjen Slamet Riyadi biar deket kemana2.. Hotel Ibis ini saya booking via Agoda.. Dapet rate nya lumayan murah (350k).. Hotel Ibis ini sebelah2an sama Novotel.. Pengen nya di Novotel sih, tapi selisih rate nya lumayan banyak.. Dan setelah sampai di hotel nya, sama sekali ga menyesal memilih menginap di Ibis Hotel Solo..

Ibis Hotel Solo

Berhubung waktu check in adalah jam 12, jadi saya dan adik saya titip tas dulu.. Hotel nya ada swimming pool nya, lobby nya bagus, dan staff nya sangat2 ramah.. Berhubung 2 teman saya belum ada booking hotel, kita nganter mereka untuk cari hotel.. Mereka akhirnya dapat hotel di sebelah hotel saya, nama nya Grand Orchid Hotel.. Dengan rate yang sama seperti saya, mereka dapat tipe kamar yang deluxe.. Kamarnya lebih luas, tapi bagi saya hotel ini terlalu jadul, apalagi lift nya, amit2 deh.. hehehe..

Ibis Hotel's Entrance

Ibis's Swimming Pool

Grand Orchid's Room

Kamar kita di Ibis Hotel, tergolong spacious enough.. Kalau udah pernah ngerasain hotel di Singapore, atau di luar negeri, pasti setuju kalau hotel2 di Indonesia itu luas2 kamarnya.. hehehe.. I love everything from our room.. Adik saya bahkan bilang mau men-design kamarnya seperti our room di Ibis Hotel.. Design nya bagus, kamarnya bersih, dan room facilities nya lengkap.. Mulai dari mini bar, coffee / tea maker, hair dryer, dll semua ada.. Dapet kamar kayak gini jadi bikin kita malas keluar kamar.. wkwkwk..

The Room

The Bathroom

Urusan hotel kelar, kita langsung menuju ke Pasar Gede.. Ternyata dari hotel kita ga gitu jauh.. Naik mobil sekitar 5-10 menit.. Kita diturunin pas di depan Timlo Sastro, di belakang nya Pasar Gede.. Timlo Sastro ini memang ada di list kuliner yang harus dicoba selama di Solo.. Jadi sebelumnya saya memang udah buat itinerary yang lengkap banget, jadi udah tahu harus breakfast dimana, lunch dimana, dan dinner dimana.. Memang pada kenyataannya ga selalu sama 100 persen sih, tapi paling ga sudah punya gambaran, dan saya adalah orang yang paling anti wasting time untuk sekedar mikirin, habis ini mau kemana atau jadi stuck di satu tempat karena ga tau harus kemana lagi..

Jl. Brigjen Slamet Riyadi

Timlo Sastro bagi saya sama aja sih seperti Bakmoy yang biasa dimasak oleh mami saya.. Bedanya kalau Timlo ini ada potongan Sosis Solo nya.. Timlo ini cocok untuk dijadiin sarapan, karena light dan berkuah.. Kelar makan, kita nanya sama orang2, dimana beli Bakpia Balong (Sumber Rejeki) titipan mami saya.. Jadi mami saya udah wanti2 ke kita kalau bakpia ini wajib dibeli.. hehehe.. Ternyata toko nya ga gitu jauh dari Timlo Sastro, jadi kita jalan, dan langsung borong bakpia nya.. Yang paling enak adalah Bakpia Coklat nya.. Dijamin makan 1 udah kenyang, secara gede banget bakpia nya.. Satu bungkus isinya 5pcs, harga nya cuma 15k.. Rasa nya macem2, ada coklat, kacang hijau, keju, babi, dll.. Karena kalap, langsung beli 15 bungkus, tanpa memikirkan kalau ditenteng ternyata berat banget.. hahaha..

Nasi + Timlo + Jeroan (20k)

Bakpia Balong Sumber Rejeki

Bakpia Kacang Hijau & Coklat (15k)

Kemudian kita balik lagi ke Pasar Gede, niat nya sih ingin nyobain Es Dawet yang katanya enak di dalam Pasar.. Cuma waktu kita masuk, kok pasar nya jual sayur mayur, buah2, ikan, jadi semacam pasar bahan2 segar.. Kirain yang jualan nya makanan atau kue2 gitu.. Jadi kita cuma masuk sebentar, terus keluar lagi dan langsung nyari becak untuk keliling Keraton..

Pasar Gede

Inside Pasar Gede

Becak di Solo itu ternyata kecil banget lho.. Saya satu becak dengan adik saya, duduk nya udah ga karuan, karena kalau duduk normal, ga muat.. wkwkwk.. Jadi bentar aja sudah pegel.. Di Keraton cuma keliling2 aja, karena saya memang bukan orang yang suka dengan culture dan arts.. Sempat ngeliat kerbau bule dan mampir ke Pasar Klewer.. Tapi saya cuma foto di depannya.. Selain males desak2an di pasar, saya juga bukan penggemar batik dan teman2 nya.. 2 teman saya pergi ke Kampung Batik sedangkan saya sama adik saya pergi ke BTC (Beteng Trade Center).. BTC ini semacam ITC yang jualan nya juga batik dan kain2.. Menurut saya sih lebih nyaman belanja di sini.. Selain ga desak2an, harga nya juga ga menipu.. Apalagi di sebelah nya juga ada PGS (Pusat Grosir Solo), jualan baju2 dan kain2 juga.. Kain2 (tekstil) di Solo memang murah2.. Saya ketemu baju batik cuma 20-25k.. Kain batik cuma 12,5k per meter.. Di Bali mana dapet harga segitu..

Keraton Kasunanan Surakarta (Solo)

Alun-Alun

Kerbau Bule

Pasar Klewer

Beteng Trade Center (BTC)

Galabo (Depan BTC & PGS)

Pusat Grosir Solo (PGS)

Kelar belanja, kita langsung cari taxi karena mau ke Toko Orion.. Oh ya, di Solo dan Jogja kebanyakan taxi itu bukan pakai mobil sedan seperti di Bali atau kota lain.. Jadi taxi nya itu model avanza, muat nya lebih banyak dan lebih nyaman.. Ternyata Toko Orion itu ga jauh dari Pasar Gede.. Taxi nya kita suruh tungguin kita.. Lagi2 saya dan adik saya langsung kalap.. Langsung nyambar Kue Mandarin 3 box besar, dan 2 kecil.. Snack2 yang lain macem kue soes kering, intip, kripik2 juga kita main comot aja.. Ngeliat etalase tempat kue2 basah nya, ya ampun banyak banget.. Dan semuanya keliatan enak.. Takut ga habis, saya cuma beli sedikit.. Risoles nya enak banget, dan masih kebayang2 sampai sekarang.. Keluar Toko Orion, kita sukses nenteng 1 dus lumayan gede.. hahaha...

Toko Orion

Nyesel beli Intip cuma 1

Tujuan selanjutnya adalah lunch.. Kita nanya ke supir taxi, ada ga Nasi Liwet Wongso Lemu yang buka siang.. Bapaknya bilang ada, dan kita minta di anterin ke sana.. Eh ternyata masih tutup.. Akhirnya saya memutuskan untuk nyobain Sate Buntel aja.. Secara adik saya udah ngidam2 dari Bali.. Katanya sampai Solo harus makan kambing.. wkwkwk..

Kita akhirnya di anterin ke satu rumah makan, nama nya Sate Kambing Putra Tambak Segaran.. Sedangkan bapak taxi kita persilakan untuk sholat, secara itu hari Jumat.. Adik saya dengan pede nya mesen Sate Buntel campur Sate Daging plus 1 porsi Tongseng.. Sedangkan saya terpaksa beli Nasi Rames di warung sebelah.. Btw, saya baru tahu kalau di sebelah Sate Kambing ternyata ada Kupat Tahu yang terkenal..

Setelah makanan di anter ke meja, adik saya langsung terkaget2.. Porsi nya guede.. Dimakan dua orang pun ga bakalan habis.. Akhirnya setelah makan, dia nyerah juga dan sebagian sate nya dibungkus.. Dan waktu bayar kita pun tambah terkaget2.. Harga nya seporsi 40 rebong.. Saya sampe ga yakin dan nanya lagi ke penjual nya.. hahaha.. Eh tapi walaupun mahal, porsi nya kan besar, dan memang beneran daging sate nya. Tanpa lemak sedikit pun.. Jadi masih worth to try lah..

Es Puter (4k) - Jualan nya Gerobak tapi Enak

Tongseng (30k) & Sate Buntel+Daging (40k)

Kenang-Kenangan =D

Jalan lagi, eh ternyata sate itu ada di Jl. Gajah Mada.. Jadi ga sampai 2 menit udah sampai ke hotel.. Bayar taxi nya berapa?? Cuma 48k ternyata.. Itu pake acara muter2 plus nungguin belanja dan makan.. Semenjak itu kita kemana2 naik taxi.. Ogah lah naik becak.. Secara 1 becak yang cuma deket aja minta nya 20k..

To Be Continued..

Jl. Kapten Mulyadi No. 17 Balong

BTC, PGS, Galabo
Depan Benteng Vastenburg
(dekat Patung Slamet Riyadi)