Sunday, September 15, 2013

Jogja-Solo Trip : Day 1 ~ An Evening In Solo


Berhubung agenda di day 1 kita cukup padat, makanya postingan untuk day 1 saya bagi 2.. hehehe.. Jadi setelah lunch, kita langsung balik ke hotel.. Tepat jam 12 siang, kita udah bisa check-in.. Gila, waktu di Solo kayaknya lama banget.. Baru jam 12, tapi kita udah muter kemana2, dan sukses menambah barang bawaan lagi 1 dus.. wkwkwk..

As i described before, our room in Ibis was very cozy.. Jadi kita leyeh2an sampai sore, sambil nonton Asian Food Channel (AFC).. Ketika hari sudah mulai gelap, kita baru keluar dari hotel.. Jemput temen saya yang tinggal di hotel sebelah dan langsung cari taxi.. Taxi yang ada di depan hotel cuma ada yang M**ko**.. Dan guess what, kita dapat supir taxi paling nyebelin yang pernah saya temui.. 

Oh ya, lupa cerita.. Waktu naik becak keliling Keraton, kita juga dapet tukang becak yang nyebelin.. Deal untuk keliling Keraton adalah 15k.. Terus kita nambah minta ke Pasar Klewer, jadinya 20k.. Temen saya lanjut ke Kampung Batik, sedangkan saya mau ke Toko Orion.. Bapak nya minta 30k.. Ih gila aja.. Padahal waktu aya naik taxi, argo awal nya 4,5k dan sampai Orion cuma 5,5k.. Karena mahal, kita minta turun di BTC aja.. Seharusnya bayar 20k kan, karena kasihan kita bayar 25k, eh bapaknya bukan nya terima kasih, malah diem dan langsung ngeloyor pergi.. Cape deh.. wkwkwk..

Ini supir taxi juga ga kalah bikin darah mendidih.. Kita minta di anterin ke BTC.. Kata Bapak nya, BTC udah tutup kalau jam segini.. Kemarin itu sekitar jam 17.30.. Ya udah kita percaya aja, dan minta di anterin ke Nasi Liwet Wongso Lemu.. Eh, ga tau nya argo taxi nya jalan nya cepet banget.. Kita suruh bapaknya drop aja terus ninggal kita, dia ga mau.. Maksa nungguin.. Kita pikir ya udah lah, dari pada ntar cari taxi susah.. Selesai makan, kita minta di anterin ke Solo Grand Mall.. Eh bapaknya malah ga nanggepin dan justru ngoceh, bilang ngapain kita ke BTC / PGS.. Mending ke O*a* Batik Laweyan.. Sambil promosi ini itu.. Saya yang udah males, diem aja.. Dan akhirnya bener, bukannya di anterin ke Solo Grand Mall, kita malah di bawa ke O*a* Batik Laweyan.. Gila aja ini Bapak.. Tempat nya ternyata jauh, dan itu argo taxi jalan nya juga makin ngebut.. Saya yang udah kesel, diem aja.. Bapak nya ngoceh, ga saya tanggepin.. Sampai O*a* Batik Laweyan, ternyata ga kita aja yang "dipaksa".. Ternyata ada sekelompok tourist cewek2 yang juga bernasib sama seperti kita.. Alhasil kita cuma di sana 2 menit doang, dan langsung ke luar.. Bapaknya cuma comment "ga ada yang cocok ya??".. Saya ini tinggal di Bali, udah tau permainan kayak gini, apalagi saya liat dengan jelas, taxi di depan saya terima "sesuatu" dari pegawai toko nya.. Sampai di Solo Grand Mall, argo taxi udah 60k.. Parah pokoknya.. Semenjak kejadian ini, kita langsung trauma sama yang namanya M**ko** Taxi.. My recommend would be Gelora Taxi sama Kosti Taxi..

Oh ya, Nasi Liwet Wongso Lemu nya enak banget.. Sepanjang Jl. Teuku Umar (Keprabon) memang banyak yang jualan Nasi Liwet.. Semuanya meng-klaim sebagai Nasi Liwet Wongso Lemu.. Sama supir taxi aneh itu, kita di bawa ke satu warung, katanya itu yang paling jujur ngitung harga nya.. Entahlah maksud nya apa.. wkwkwk..







Nasi Liwet Wongso Lemu (10k)



Di Solo Grand Mall kita cuma keliling2 aja.. Sempat nyobain Es Dawet yang dicampur dengan tape ketan hijau.. Di Solo saya jarang banget melihat ada minimarket, semacam Indomaret, Alfamart, CircleK.. Kalau di Bali, outlet nya bertebaran dimana2.. Alhasil kita kalau mau beli minum atau kebutuhan yang lain, ya harus masuk mall, dan cari supermarket..


 Solo Grand Mall


 Es Dawet Ngudi Roso (5k)


Dari Solo Grand Mall, kita lanjut ke Galabo.. Galabo di malam hari beda banget dengan di waktu siang hari.. Kalau malem, jalanan nya di tutup dan di ganti dengan meja + kursi dan stand2 yang menjual makanan2 khas Solo.. Ada juga keluarga2 dan anak muda yang menggelar tikar sambil makan bersama dan menikmati live music.. Kita ga sempat nyobain makanan di sini dan langsung balik ke hotel.. Sampai di hotel, saya bukan nya langsung masuk, tapi nyebrang jalan dan beli Nasi Liwet Yu Djambol.. Warung nya persis di depan pintu masuk Ibis Hotel Solo.. Harga nya sama seperti Nasi Liwet Wongso Lemu (10k).. Cuma yang ini saya lebih suka.. Sayur nya memang enakan Wongso Lemu, tapi yang lain saya prefer Yu Djambol..


 Galabo at Night






 Nasi Liwet Yu Djambol (10k)


 Ibis Hotel at Night



To Be Continued...



Info : 

Nasi Liwet Wongso Lemu
Jl. Teuku Umar (Keprabon)
Dekat Istana Mangkunegaran


Solo Grand Mall
Jl. Brigjen Slamet Riyadi


Galabo
(depan BTC & PGS)


Nasi Liwet Yu Djambol
Jl. Gajah Mada
Depan Ibis Hotel Solo





No comments:

Post a Comment