Sunday, September 22, 2013

Jogja-Solo Trip : Day 2 ~ Long Time No See Jogja


Keluar dari Stasiun Tugu, sempat di tawarin sama supir taksi, ke Jl. Dagen tempat kita menginap tarif nya 50k.. Ih ogah deh.. Cuma bawaan kita itu berat banget.. Mana saya ga ada bayangan Jl. Dagen itu Malioboro sebelah mana.. Akhirnya coba nawar ke tukang becak.. Bapaknya bilang 1 becak 25k.. Mahal sih sebenarnya, cuma tangan udah pegel smua, akhirnya deal aja deh..


 Malioboro Street






Ternyata, Jl. Dagen itu ga gitu jauh dari Stasiun Tugu.. Nyesel pakai naik becak segala.. hahaha.. Cuma karena kasian sama bapak nya, udah bawa 2 org gede2 plus 2 tas dan 1 dus, akhirnya kita kasi 30k buat Bapak nya..

Selama di Jogja, saya dan adik saya menginap di Whiz Hotel.. Sedangkan 2 teman saya di Ameera Hotel.. Cuma beda beberapa bangunan dari Whiz Hotel.. Saya dari awal2 browsing hotel, memang langsung sreg sama si Whiz.. Konsep nya minimalis gitu.. Beda sama Ameera Hotel, yang konsep nya oldies.. Bagi saya yang oldies2 gitu kesan nya malah spooky.. wkwkwkwk.. Harga nya Whiz Hotel juga termasuk murah dibandingin hotel2 di Malioboro.. Hotel langganan kita, Melia Purosani Hotel dan Mutiara Hotel sudah tidak terjangkau lagi.. Dan sayang aja buang duit untuk hotel, padahal kita nya seharian di luar hotel.. Semalem kita dapat rate 460k.. Pertama nya pengen di Ibis Hotel Malioboro.. Lihat review nya kayaknya banyak yang negatif.. Pengen di Ibis Styles, tapi kok letak nya di ujung Jl. Dagen bagian belakang.. Sedangkan si Whiz ini di ujung depan Jl. Dagen, jadi jalan dikit udah langsung Malioboro, pokoknya persis di depan nya Malioboro Mall..


 Whiz Hotel





Kita dapat kamar di lantai 2, yang superior double.. Satu hal yang saya kurang suka dari Whiz Hotel adalah konsep bathroom nya yang terpisah.. Jadi shower sendiri, toilet sendiri.. Mana shower dan toilet nya itu cuma berbentuk box terbuat dari glasses gitu.. Ga nyaman kalau pergi nya bukan sama family.. wkwkwk.. Hygiene nya juga banyak di complain sama orang.. Kita sih overall ga ada masalah.. Stain2 dikit masih wajar lah.. Cuma toilet nya aja yang rada smelly.. Saya complain ke receptionist, cleaning service nya langsung dateng.. Cuma gosok sana sini, semprot sana sini.. Toilet nya tetep aja kurang putih bersih.. Tapi bau nya udah berkurang, dan akhirnya saya beli aja pewangi ruangan yang gantungan gitu.. 


 The Lobby


 Our Room At Whiz Hotel



Tapi hotel ini ga pernah sepi lho.. Bahkan full.. Temen saya aja terpaksa beda hotel, karena waktu dia mau book, udah full aja ini hotel.. Yang tinggal juga bukan yang kalangan backpack.. Banyak yang di anter jemput supir pake mobil mewah.. Travelers manca negara juga banyak.. Dan pastinya lokasi nya sangat2 strategis.. Beli bakpia tinggal nyebrang dikit.. Mau makan gudeg, tinggal ngesot dikit.. Mau ke mall, tinggal nyebrang juga.. Perfect lah..


 Jalan Dagen


 The Famous Gudeg Yu Djum


 Mutiara Hotel



Setelah istirahat sebentar, saya dan adik saya langsung capcus ke Jl. Pajeksan.. Apalagi kalau bukan cari Nasi Chandra.. Udah ngidam2 dari kapan hari.. Secara tiap ke Jogja kita pasti makan Nasi ini.. Dari saya masih TK, makan nya ya di sini.. Ternyata dari Jl. Dagen cuma selisih 1 jalan aja.. Cuma Jogja lagi panas2 nya, jadi berasa juga.. Dan sampai sana, ternyata tutup.. hiks.. Sedih banget dan ketemu sama bapak2 yang bilang, kalau oma2 yang jualan baru aja meninggal.. Jadi udah sebulan ini tutup.. Ya, memang ga jodoh kali..


 Jalan Pajeksan


 Nasi Chandra
(hiks)



Sudah jam 1 siang, cacing di perut kembali ribut.. Buka itinerary, akhirnya mutusin makan Ayam Goreng Mbok Sabar.. Tanya ke bapak tukang parkir, Jalan Jagalan dimana.. Kata bapaknya, oh deket, ini nyebrang Malioboro, lurus aja.. Oke deh, pikir saya.. Kayaknya deket.. Terus pas kita udah jalan, bapak nya teriak2, "Melia lurus aja mba".. Eh, kok ada Melia nya.. Masa ngelewatin Melia Purosani.. Bisa ngebayangin ga, jalan kaki, jam 1 siang, pas cuaca nya lagi panas2 nya.. Sempat nyasar juga, karena setelah sungai (kali) Code, kita harus nya belok kanan, ini kita malah lurus.. Dan sama sekali ga deket.. wkwkwkwk..


 Melia Purosani Hotel


 Kali Code



Alhasil sampai Ayam Goreng Mbok Sabar, saya dan adik saya langsung kayak orang linglung.. Kaki gemeteran, kepala dan muka langsung panas dan merah2.. hahaha.. Untung nya ayam goreng nya enak banget.. Ayam Goreng Mbok Sabar ini semacam ayam bacem.. Ayam yang dipakai pun jenis ayam kampung.. Adik saya langsung suka, dan kita berencana beli ayam ini untuk oleh2 papi mami.. Harga nya pun ga terlalu mahal... Makan berdua, minum porsi double, cuma 58k.. Ayam nya 1 ekor utuh cuma 70k..


 Ayam Goreng Mbok Sabar


 Menu Ayam Goreng Mbok Sabar


 Our Lunch



Kelar makan, untung nya di depan Ayam Goreng Mbok Sabar, ada beberapa becak yang mangkal.. Langsung deal2an harga untuk ke Keraton dam Pasar Beringharjo.. Akhirnya deal di harga 30k.. Ya not bad lah dibandingin becak yang pertama..

Dan ternyata, becak nya itu becak motor.. Jadi bapaknya udah ga mancal atau ngayuh lagi.. Selain lebih cepet, becak nya pun lebih stabil.. Di Keraton kita ga turun, cuma lewat aja.. Toh dulu juga udah pernah dan saya bukan pengagum arts dan culture.. Bapak becak nya nawarin kita, mau ga mampir ke tempat pembuatan Bakpia.. Dengan pertimbangan, biar sekali jalan, kita akhirnya mengiyakan tawaran bapak becak.. Cuma kita ga mau ke pabrik nya, langsung ke toko nya aja..













Kita pilih nya Bakpia Pathol yang No. 25.. Dari dulu beli nya ya merk ini.. Maklum, susah berpindah ke lain hati.. hahaha.. Langsung borong 16 box.. Ambil printilan ini itu, jadi deh 1 dus lumayan gede.. Dan this is totally nightmare.. Sampai Pasar Beringharjo, baru masuk, udah ga kuat nenteng si dus.. Akhirnya keluar dan nyebrang ke Mirota.. Untung nya si dus bisa di titip di tempat penitipan barang.. Cuma Mirota lagi full2 nya.. Jalan aja susah, apalagi milih2 barang.. Di Mirota kita cuma beli souvenir2 kecil gitu..


 Bakpia Pathok No. 25


 Mirota Batik





Setelah dari Mirota, kita mutusin untuk balik hotel aja.. Baru jalan beberapa jam udah tepar.. hahaha.. Sebelum masuk kamar, kita mampir ke Pempek On Top dulu.. Pempek On Top ini semacam resto.. Lokasi nya persis di depan Whiz Hotel.. Kita pesen yang Pempek Cordon Blue, Pempek Lenjer, dan Pempek Adaan..  Pempek nya enak, apalagi yang Cordon Blue.. Jadi ada melted cheese dan ham di dalam pempek nya.. 


 Pempek On Top




 Pempek Lenjer (6k), Pempek Adaan (5k), Pempek Cordon Blue (12k)



Perut kenyang, akhirnya kita ngendon di kamar sampe sore.. Sekitar jam 6an, saya nyamperin temen saya di Ameera Hotel.. Terus makan di Gudeg Yu Djum.. Di Bali rada susah nemuin gudeg yang enak, jadi mumpung di Jogja, harus puas2in makan gudeg.. wkwkwk.. Banyak yang bilang, Gudeg Yu Djum ini kemanisan.. Bagi saya masih fine2 aja.. Cuma saya memang kurang suka sama yang nama nya gudeg nangka.. My favorite adalah si krecek.. The winner pokok nya..


 Lobby Ameera Hotel


 Jalan Dagen Ketika Malam Hari


 Bakpia Pia Jogja
Pia Blasteran nya Mantap
(1 box = 23k)




 Gudeg Yu Djum






 Nasi Guded Telur (10k) + Nasi Guded Ayam Suwir (10k)



Kelar makan, kita nyusurin jalanan Malioboro.. Dan berhubung lagi malem minggu, Malioboro udah kayak lautan manusia.. Jalan aja susah.. Mau jalan di depan petokoan, desak2an sama orang.. Jalan di pinggir jalan, saingan sama kuda dan becak.. Parah pokoknya.. Sampai di depan Jl. Gandekan, kita mampir beli es durian.. Es durian nya mantap banget.. Isi 3 biji durian, harga nya cuma 8k.. Saya juga beli Mie Goreng yang ada di sebelah jual es.. Mie Goreng nya dimasak pakai arang.. Benernya mau cari Bakmi Pak Pele di deket alun2.. Cuma sayang sama ongkos becak nya.. hahaha.. Tapi mie goreng yang saya beli juga ga kalah enak.. 10k tapi porsi nya buat 2 orang.. Sempat ketemu mba2 yang jualan souvenir2.. Saking seru nya kita nawar, akhirnya banyak orang yang tertarik beli juga.. hahaha..






 Es Durian (8k)



Sebelum balik ke hotel, kita mampir ke Malioboro Mall dulu.. Ini mall bersejarah banget bagi saya dan adik saya.. Kayaknya baru kemarin, saya dan adik saya lagi main di McD nya..  Kalau lagi liburan di Jogja, kita pasti main ke mall ini.. Berhubung kita sering nya pergi waktu Christmas & New Year, otomatis bertepatan dengan ulang tahun saya.. Waktu saya masih kecil, yang nama nya McD & KFC, hanya boleh dimakan waktu birthday.. Dan McD di Malioboro Mall ini selalu jadi langganan kita.. Berhubung udah capek, di mall ini kita cuma ke ATM dan beli minuman di Hero nya aja.. 


 Malioboro Mall






To Be Continued



Info : 


Whiz Hotel
Jl. Dagen No. 8
Malioboro - Jogja


Ayam Goreng Mbok Sabar
Jl. Jagalan No. 23
Jogja
(ada juga cabang nya di Airport, Jl. Magelang & Jl. Wates)


Bakpia Pathok No. 25
Pusat Oleh2 Maju Jaya Abadi
Pasar Patuk Kidul No. 14-18
Jogja


Mirota Batik
Jl. A Yani No. 9
(depan Pasar Beringharjo)
Jogja


Pempek On Top
Jl. Dagen No.9
Malioboro - Jogja


Gudeg Yu Djum
Jl. Dagen No. 2C
Malioboro - Jogja
(ada juga cabangnya di Jl. Adisucipto & Jl. Godean)


Malioboro Mall
Jl. Malioboro No. 52-58
Jogja









3 comments:

  1. Harusnya ditambahin di part ayam goreng mbok sabar "satu orang pesan dua gelas minuman" wkwkwkwkwk
    Jd kangen ayam goreng mbok Sabar (๑¯ω¯๑)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake anonymous sgala.. kalo dpt air asia seperti kemarin, ayo cuss lg.. wkwkwkwk

      Delete
  2. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    ReplyDelete