Tuesday, June 3, 2014

Singapore & JohorBahru Trip 2014 ~ Day 1 ~ Hello Johor Bahru

20 May 2014 adalah hari yang paling saya tunggu2.. Maklum beli tiket nya setahun sebelumnya, jadi rasanya kepengen cepet2 bulan May.. Setelah menghabiskan berbulan-bulan untuk browsing hotel dan menyusun itinerary, 20 May seakan2 menjadi one the best days of my life..

Saya dan keluarga saya mengawali hari Selasa itu dengan bangun kepagian.. Ini adalah salah satu kebiasaan buruk sebelum berlibur, malamnya pasti ga bisa tidur.. wkwk.. Kita ambil first flight to Singapore, tetap dengan maskapai kesayangan saya Air Asia.. Boarding time nya jam 06.20 sedangkan kita sudah sampai airport jam 4 kurang.. Di departure terminal cuma ada beberapa orang, dan counter Air Asia tentu nya masih close.. wkwwk.. Untung nya ga lama setelahnya, udah banyak orang berdatangan, dan crew Air Asia nya udah berdatangan juga..

Setelah melewati proses check in yang ga ribet, langsung bayar airport tax (200k) di counter, kemudian melewati imigrasi.. Kelar imigrasi, untuk bisa ke gate dan ruang tunggu, kita akan melewati toko2 dan duty free.. Jangan bayangin kayak di Singapore atau KL ya, toko nya cuma sedikit.. Tapi lumayan amazed juga lihat Airport Ngurah Rai yang udah bertransformasi sedemikian rupa.. Keren deh.. Lantai nya sudah berkarpet.. Ada travelator.. Kursi nya bersih dan banyak.. Toilet nya pun masih tergolong bersih.. Semoga bertahan lama ya.. hihihi..

Delayed sekitar 15 menit dari jadwal yang seharusnya, pesawat kita akhirnya boarding juga.. Perjalanan ke Singapore selama 2.5 jam ga terlalu berasa.. Sempat breakfast juga dengan prebook meals nya Air Asia.. Pesen Asian Fried Rice, Nasi Lemak, sama Sandwich.. Sandwich nya enak, lain nya not bad lah untuk makanan pesawat..

Sekitar jam 10 kurang, akhirnya kita touchdown di Changi Airport.. Pengen cium dan guling2 di karpet nya sebenarnya.. Cuma berhubung jaim, mending langsung meluncur ke toilet.. Maklum AC di pesawat dingin bokk.. Hahahaha..

Kelar urusan alam, langsung buru2 ke imigrasi di Terminal 1.. Berhubung mau ke Johor Bahru, jadi kita ambil lagi Embarkation / Disembarkation (E/D) Card, walaupun tadi waktu di pesawat udah dibagiin dan udah kita isi.. Tujuan nya sih biar bisa kita isi waktu di hotel di Johor Bahru.. Biar ga ribet waktu mau masuk ke Singapore lagi..

Di imigrasi ga ditanyain apa2.. Dan after clearing immigration, kita langsung naik SkyTrain untuk ke Terminal 2.. Sampai T2, langsung cari petunjuk "MRT".. Di MRT Station saya top up EZ-Link dulu, biar ntar pas naik bus Transtar bisa langsung bayar pakai EZ-Link..

Dari MRT Station, kita sempat kebingungan cari Arrival Hall Coach nya.. Sempat ikutin petunjuk yang bertuliskan "Bus", ternyata malah berujung di lantai basement dengan beraneka bus yang menurunkan dan menaikkan penumpang.. Akhirnya dengan berbekal tanya sana sini kita sampai juga ke Coach Bay nya.. Untuk bus Transtar yang akan membawa kita ke Johor Bahru, tinggal tunggu coach nya di Coach Bay No 9 atau 10.. Tenang aja, coach nya on time kok..

Berhubung next schedule keberangkatan coach nya adalah jam 12.15, maka kita memutuskan untuk makan dulu di T2.. Dan pilihan kita jatuh ke Paris Baguette.. Paris Baguette ini memang udah masuk wishlist kita, dan kita excited sekali ketika tahu bahwa Paris Baguette juga ada di Terminal 2..

Di Paris Baguette kita nyobain beberapa roti seperti Olive Cheese Fougasse (SGD 3) dan Walnut Cream Cheese (SGD 3.4).. Ada salad yang super yummy juga, Phat Thai Noodle Salad (SGD 8.5) dan of course the famous Royal Pudding (SGD 4).. Semuanya enak pakai banget.. Dan bener2 thumbs up buat service nya.. Beli 1 biji pudding, dikasi kantong dan semacam gel ice to keep it cold.. Pernah juga, beli cake nya 1 slice, tapi dikasi box nya yang gede banget, dan di dalam nya itu dikasi sekat2 supaya si cake ga goyang.. Aduhh, bener2 falling in love sama Paris Baguette..

Jam 12 kita balik ke Coach Bay, bus Transtar nya ternyata udah stand by.. Untuk naik Transtar ini, cukup bayar SGD 7 untuk rute dari Changi sampai ke Terminal Kota Raya, dan untuk rute sebaliknya hanya perlu membayar MYR 7.. Sama-sama 7 tapi kalau di konversikan ke rupiah, harga nya beda jauh.. wkwkwk.. Begitu naik bus, ternyata oh ternyata, bayar nya harus cash.. Padahal jelas2 di website nya Changi ditulis "payment can be made using e EZ-Link card or with cash".. grrr..

Perjalanan ke Woodlands Check Point memakan waktu kira-kira 1 jam, tapi sepanjang perjalanan kita bisa melihat pemandangan dan sudut negara Singapore yang berbeda.. Kalau biasanya cuma main di sekitaran Singapore bagian central nya, ternyata banyak sudut Singapore yang ga kalah indahnya..

Sampai di Woodlands Check Point, di sini kita harus turun dari bus, dan semua barang bawaan kita juga harus kita bawa.. Turun dari bus, langsung naik ke lantai 2, dan mengantri di imigrasi.. Di sini kita akan di cap keluar dari Singapore.. Setelah itu, turun lagi ke lantai 1, dan tunggu bus yang sama.. Kemarin sih ketika kita turun, pas bus nya juga lagi lewat.. Jadi bisa lansung naik..

Keluar dari Woodlands Check Point kita akan melewati semacam highway yang menghubungkan antara Singapore dan Johor Bahru.. Ga butuh waktu lama, bus kita akhirnya memasuki kawasan Sultan Iskandar Check Point (CIQ)..Di sini kita mengikuti orang-orang yang begitu turun bus langsung naik escalator, dan setelah nya langsung mengantri di imigrasi.. Petugas imigrasi di Johor Bahru ini lebih ramah2, bahkan mereka mau melayani pertanyaan2 tourist seperti satu tourist di depan saya yang menanyakan how to reach their hotel from JB Sentral.. wkwkwk..

Seperti yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya (http://natinbali.blogspot.com/2014/05/citrus-hotel-johor-bahru.html), di Johor Bahru saya menginap di Citrus Hotel.. Dari imigrasi, kita hanya perlu berjalan kaki ke hotel..

Menurut itinerary, seharusnya setelah check in di Citrus Hotel, kita langsung kembali ke JB Sentral, naik bus ke Legoland, dan dilanjutkan ke Danga Bay dengan menggunakan taxi.. Apa daya, fisik tidak bisa di ajak kompromi.. Apalagi kita baru bisa check in dan istirahat sekitar jam 16.00.. Kalau mau ke Legoland dan Danga Bay sudah pasti tidak cukup waktunya..

Alhasil kita menghabiskan sore kita dengan berjalan2 di sekitar hotel.. Kemudian lanjut ke JB City Square Mall yang cuma sebrang-sebrangan sama hotel kita.. Barang nya murah2 dan makanan nya pun enak2.. Ada Tahu Rojak yang enak banget.. Harga nya pun cuma MYR 3.. Beli baju2 branded pun lebih murah di sini, karena hitungan nya kan ringgit..

Dari mall kita akhirnya menuju ke ultimate destination kita di Johor Bahru, Meldrum Street.. Meldrum Street ini ternyata ada di belakang hotel kita.. hahaha.. Sempat mencoba jalan dari ujung ke ujung, tapi kok ga ketemu-ketemu ujung nya ya.. Dan sepanjang jalan kita disuguhi beraneka makanan yang dari aroma nya aja sudah terbayang rasa nya..

Pilihan pertama kita akhirnya jatuh ke Oyster Kuay Teow, Popiah, Hokkien Mie dan semacam sayuran campur gitu.. Oyster Kuay Teow nya itu adalah the best kuay teow yang pernah saya makan.. Ini pun nulis masih kebayang-bayang enak nya.. hahaha.. Harga nya cuma MYR 4.. Porsi nya besar dan oyster nya pun ga pelit.. Popiah harga nya MYR 2, dan rasa nya pun ga kalah enak, bahkan sampai nambah. wkwkwk.. Hokkien Mie nya yummy juga.. Ketemu juga sama aunty2 yang jualan minuman (sederetan sama stall nya Kuay Teow dan Popiah).. Aunty nya ngetawain saya karena saya ga bisa bahasa Mandarin / Hokkien, sedangkan dari tadi dia nyerocos ngajak saya ngomong, dan saya pun hanya bisa menjawab nya dengan pamer gigi.. hahaha.. Tapi soy milk dan grass jelly nya yang cuma MYR 1 sudah pasti a must try..

That's it?? Tentu tidak.. Langit yang mendung bukan menjadi halangan bagi kita untuk semakin kalap di Meldrum Street.. Papa saya menemukan 1 stall yang jual BBQ Sting Ray.. Kita pesan 3 potong Sting Ray.. Untuk ikan segitu banyak, sayur, dan nasi kita hanya perlu bayar sekitar MYR 40..Rasa nya gimana?? Aduhh, ga bisa diungkapin dengan kata-kata.. The best pokoknya.. Ikan nya bener2 fresh, dimasak dengan OK, dan yang pasti bumbu dan sambal nya bener2 enak..

Perut kenyang dan langit yang mendung + gerimis akhirnya membuat kita memutuskan untuk called it a day..  Sesuai itinerary, besok pagi-pagi kita akan kembali ke Singapore..