Tuesday, December 8, 2020

KooD ~ Kolaborasi Untuk Desa Sanur

Saya baru tahu kalau di Sanur, ada tempat makan, or let say resto / café yang menurut saya oke banget dan worth to try.. Saya sendiri sudah beberapa kali mampir ke sini, dine-in sekali dan sisanya take away or pesan via ojol.. Jadi nama resto-nya adalah KooD, yang merupakan singkatan dari Kolaborasi Untuk Desa.. Lokasinya ada di daerah Sanur, tepatnya di Jalan Kutat Lestari..
 
 

Tempatnya ternyata cukup luas.. Tempat parkirnya pun luas.. Padahal awalnya saya kira bakalan susah parkir karena jalanan di Kutat Lestari kan agak kecil.. Resto- nya di-design sangat minimalis tapi nyaman dan bersih.. Di sini juga konsep resto-nya itu self-service.. Mirip seperti di fast-food resto.. Jadi pertama-tama kita pesan dan bayar di kasir.. Nanti ketika makanan ready pun, kita sendiri yang ambil ke counter.. Nanti setelah makan, peralatan makan juga harus dibawa ke tempat khusus yang sudah disediakan..

 



Awalnya saya hanya tahu bahwa KooD ini menawarkan aneka menu makanan sehat, ternyata semua menu di sini vegan juga lho.. Dan hebatnya mereka juga menggunakan bahan-bahan local yang diproduksi oleh desa setempat.. Selain itu, mereka juga menerapkan konsep go-green.. Jadi no plastic di sini.. Let’s talk about the menu.. Hal pertama yang saya notice adalah harganya yang murah meriah.. Di KooD ini mereka punya aneka menu noodles, yang dibandrol mulai dari harga 13k saja.. Variansnya cukup banyak, ada Summer Noodle Mayo, Korean Noodle, Wakame Caesar Sauce Noodle, Yamin Noodle, Curry Noodle, Miso Ramen, Fire Ramen, dan Garlic Butter Miso Noodle.. Yang best-seller sendiri adalah yang Yamin Noodle.. Sayang waktu dine-in, menu noodles ini baru ready jam 11.00 ke atas, jadinya gagal nyobain.. Tapi akhirinya beberapa hari kemudian, pesan via ojol.. Enak kok noodles-nya.. Untuk harga 13k, porsinya cukup banyak.. Dan pastinya vegan, jadi lebih sehat.. Selain menu noodles, mereka juga punya menu lainnya, seperti Chikin Burger, Chikin Gordon Blue, Naget Aiam, Eg Sandwih, Overnight Oats, dan Bubur Aiam.. Ada yang ngeh ga kenapa ditulisnya “chikin” instead of “chicken” dan “eg” instead of “egg”.. Jadi chicken dan egg di sini semuanya palsu.. hahaha.. Berhubung konsep-nya vegan, jadi mereka berkreasi menciptakan ayam dan telur vegetarian.. Hebatnya rasanya lumayan mirip lho.. Saya sempat kepo bertanya ke staff-nya, katanya sih bahan dasarnya dari tahu.. Dari bakery section-nya, mereka punya aneka roti yang lagi-lagi harganya murah meriah tapi rasanya enak.. Pilihannya ada Toast, Soft Bread, Banana Bread, Sourdough Bread, Soft Pretzel, Brownies, Roti Bantal, Dorayaki, dll.. Roti-roti ini bisa dibeli whole-loaf atau pun per slice or per bun.. 

 

 

the favorite Yamin Noodle


Di KooD juga menjual ice cream / gelato lho.. Ice cream di KooD ini semuanya Diary-Free dan White-Sugar-Free.. Kebayang kan pastinya bakalan lebih low-calorie dan lebih sehat.. Mereka juga punya aneka Plant-Based-Mylk.. Jadi instead of regular milk, mereka pakai susu yang berbahan dasar dari tanaman seperti kacang-kacangan.. Varians-nya cukup banyak, ada Banana Chia, Multigrain Cashew, Blue Vanilla, Choco, dll.. Yang kurang doyan susu, selain mereka menawarkan menu minuman seperti fruit juice, coffee, dll, di sini ada free minuman juga.. Pilihannya ada 2, yaitu mineral water dan rosella tea..

 
 
 
 
 
 





Pertama kali dine-in di KooD, pesanan saya ada Chikin Burger, Eg Sandwich, Roti Bantal, Brownies, Blue Vanilla Mylk, dan Multigrain Cashew Mylk.. Untuk menu berat-nya, I love the Chikin Burger.. Patty-nya ya ayam palsu yang dari tahu itu.. Tapi pas dimakan terasa seperti makan chicken burger asli.. Yang paling saya suka itu adalah tomato sauce-nya.. Enak dan mereka bukan pakai tomato ketchup botolan ya.. Egg Sandwich itu mirip sandwich yang di dalamnya diisi dengan telur + mayonnaise.. Not bad, tapi saya lebih suka Chickin Burger-nya.. Roti Bantal-nya enakkk.. Satu potong hanya 8k saja, varians rasanya ada Chocolate, Cinnamon Raisin, Kacang Merah, Vanilla Custard, Sweet Coconut, Dark Chocolate, Peanut Butter, dan Blue Custard..  Saya paling suka yang Vanilla Custard dan Blue Custard.. Rotinya itu empuk banget dan filling-nya pun oke dan pas manisnya.. Brownies-nya juga oke.. Super chewy dan manisnya pun pas dan ada sedikit hint pahit dari dark-chocolate-nya.. Untuk Mylk-nya, saya suka dua-duanya.. Oh ya, mereka juga jual Koodbucha (kombucha) dan kimchi yang menurut saya cukup enak..

 
Blue Vanilla Mylk (14k)
 
 
Multigrain Mylk (14k)
 
 
 
 
 Roti Bantal (8k) & Brownies Flax Choco (5k)
 
 
 Eg Sandwich (20k)
 
 
Chikin Burger (20k)
 

So far, KooD ini sukses menjadi salah satu café / resto favorite saya di Sanur.. Makanannya enak, konsepnya vegan & healthy, tempatnya bersih, dan harganya super terjangkau.. Definitely a must-try.. Last but not least, yang juga wajib dicoba di KooD adalah Sorghum Puffs-nya.. Jadi ini semacam oats yang diolah menjadi puff.. Jadi tesktusnya itu sudah jadi semacam snack / makanan ringan.. Pilihan rasanya ada Choco Peanut dan Cinnamon.. Saya lebih suka yang Choco Peanut.. Satu jar kecil harganya hanya 15k dan yang besar hanya 30k.. Dan ini enak banget.. 

 

 
 
Sorghum Puffs

 
 
KooD (Kolaborasi untuk Desa)
Jl. Kutat Lestari No 2
Sanur, Denpasar, Bali
Phone  :  081 2390 20487
Opening Hours  :  08.00 - 20.00 (Mon-Thu), 07.00 - 21.00 (Fri-Sun) 
Instagram  :  @kolaborasiuntukdesa

Taste  : 

Price  :  ✮✮✮✮ 
Service : ✮✮✮✮☆
Place  :  ✮✮✮  
Recommended  :  Chikin Burger, Noodles, Sorghum Puff, etc

1 comment: