Saturday, November 5, 2022

Lombok Short Getaway

Perjalanan kali ini bisa dibilang special karena ini pertama kalinya kami traveling semenjak pandemi.. Kalau pulang pergi Bali-Surabaya ga perlu dihitung kan ya.. hehehe.. Sebenarnya perjalanan ke Lombok ini sama sekali tidak direncanakan sebelumnya.. Awalnya itu saya, adik saya, dan orang tua saya lagi ngobrol-ngobrol dan tiba-tiba mengenang masa-masa kami sering liburan ke Lombok.. Jadi papa saya itu kalau lagi doyan satu destinasi liburan, pasti perginya ke sana terus.. Ada tahun-tahun sewaktu saya masih sekolah, dimana kami setiap liburan ya perginya ke Lombok dan nyobain satu per satu hotel yang ada di sepanjang Pantai Senggigi.. Kalau dihitung-hitung mungkin sudah ada belasan tahun kami tidak pernah ke Lombok lagi..

Kebetulan banget saya ada credit account di Air Asia karena tidak jadi berangkat ke China di tahun 2020.. Daripada credit accountnya expired jadi mending kami gunakan dan kebetulan Air Asia juga sekarang punya rute Surabaya-Lombok direct.. Karena tidak ada tanggal merah, jadi kami pergi di weekdays selama 4 hari 3 malam..

Karena tujuan kami ke Lombok itu untuk refreshing, jadi saya tidak buat itinerary.. Pengennya santai di hotel saja, kemudian berenang dan main di pantai.. Saking banyaknya hotel-hotel bagus di Lombok, jadi akhirnya saya book di 2 hotel yang berbeda supaya bisa nyobain banyak hotel.. Untuk hotel di Lombok tempat kami stay, akan saya review secara terpisah ya..

Perjalanan dari Surabaya menuju ke Lombok ditempuh sekitar 1 jam.. Di Pulau Lombok kami mendarat di Lombok Iternational Airport di Praya, Lombok Tengah.. Ini pertama kalinya saya landing di Praya, sebelumnya masih di Selaparang Airport di kota Mataram.. Untuk transportasi ke Pantai Senggigi saya book mobil di Golden Bird via Traveloka.. Biayanya IDR 390,000 untuk tipe mobil Innova..

Untuk malam yang pertama, saya dan keluarga menginap di Sudamala Resort Senggigi.. Di perjalanan menuju hotel, saya sudah pesan Ayam Taliwang Irama 3 via ojol.. Biaya kirimnya 68k saja.. Jadi harga ayam dan biaya kirimnya, mahalan biaya kirimnya.. hahaha.. Tapi worth it sih karena rasanya memang enak.. Oh ya di Surabaya saya belum menemukan tempat makan yang jual menu Ayam Taliwang.. Kalau di Bali, lumayan banyak yang jual walaupun dari segi rasa, yang dimakan langsung di Lombok tetap lebih enak..

Sore harinya kami habiskan dengan berenang dan main di pantai.. Pantai Senggigi memang bukan yang paling indah di Pulau Lombok.. Pasirnya saja berwarna kehitaman.. Tapi bisa kembali ke pantai ini, sungguh membahagiakan dan membawa kembali kenangan indah akan masa kecil saya.. Kalau dulu, papa dan mama saya yang mengajak saya dan adik saya liburan ke Lombok, nyobain hotel satu per satu di Senggigi, kali ini giliran saya dan adik saya yang membahagiakan kedua orang tua kami..

Malamnya kami dinner di restaurant hotel.. Nama restaurantnya Olah-Olah Restaurant.. Turned out, resto ini jadi resto favorit kami selama 4 hari di Lombok.. Bahkan setelah kami pindah hotel, kami bela2in balik ke resto ini untuk makan siang.. hehehe.. Dari segi menu, sebenarnya pilihannya ga banyak, tapi setiap menu yang kami pesan itu rasanya enak-enak.. Dari segi presentasi pun oke banget.. Biasanya makanan hotel kan so-so ya, tapi ini beneran enak.. Dari segi rasa very tasty, dan kualitas bahannya juga oke.. Menu favorit kami di sini adalah Grilled Fish Fillet, Pizza, dan Sudamala Garden Salad..

Keesokan harinya, setelah breakfas,t kami pun check out dari Sudamala Resort.. Hari ini mendadak saya sewa mobil karena mau kuliner-an di kota Mataram-nya.. Saya sewa di Golden Bird juga dan dapat promo rate di IDR 650rb untuk pemakaian 8 jam.. Rute pertama kami pagi itu adalah Ayam Taliwang Dua -Em Bersaudara.. Kalau ngomongin ayam taliwang yang enak di Lombok, biasanya yang disebut antara Ayam Taliwang Irama 3 atau Ayam Taliwang Dua Em ini.. Setelah mencoba keduanya, menurut saya lebih enak Ayam Taliwang Irama 3.. Tapi kembali lagi soal selera..Tapi dari segi tempat, jauh lebih oke dan nyaman Ayam Taliwang Irama 3..

Dari Ayam Taliwang, kami lanjut kuliner-an mencari Sate Rembiga Ibu Sinnaseh.. Sate Rembiga juga merupakan makanan khas-nya Lombok.. Overall enak sih, perpaduan antara pedas dan manis.. Untungnya waktu ke sana, ga terlalu ramai jadi ga perlu ngantri.. Orang Indonesia kalau liburan ga beli oleh-oleh kayaknya ada yang kurang kan ya.. hehehe.. Jadinya kami minta berhenti di Sasaku di Batu Layar.. Sasaku ini kalau di Bali seperti Krisna Oleh-Oleh.. Surprisingly produk-nya oke-oke lho.. Saya yang awalnya skeptis malah beli t-shirt dan dress di sini.. Secara kualitas barang, jauh lebih bagus daripada di Bali.. Oh ya, Lombok terkenal dengan budi daya mutiara-nya.. Sayangnya saya bukan penggemar mutiara.. Dari kami berempat, yang beli mutiara justru papa saya.. hahaha..

Karena waktu sewa mobil masih tersisa banyak, bapak driver berbaik hati mengajak kami ke cafe yang katanya lagi kekinian atau happening di Lombok.. Jadi ada satu area di dekat Pantai Senggigi yang namanya Bengkaung, Lembah Sari.. Akses jalannya sih lumayan challenging ya karena Bengkaung ini letaknya di atas bukit.. Tapi pejalanan ke atas ternyata sebanding dengan pemandangannya yang cantik banget.. Sebenarnya di atas bukit ini banyak terdapat cafe-cafe.. Kami diajak ke cafe yang paling besar yang bernama Benhill.. Cafenya sendiri lucu dan instagramable banget.. Ada banyak spot foto yang disiapkan untuk mereka yang doyan berfoto ria.. Untuk makanan dan minuman, masih okelah dari segi rasa maupun harga.. Idealnya sih berkunjung ke sini sewaktu sunset.. Tapi karena takut kemalaman check-in di hotel kedua, jadi kami tidak menunggu sampai sunset..

Hotel kedua yang kami pilih adalah Katamaran Resort Senggigi dan di sini kami menginap selama 2 malam.. Malam harinya kami makan di restaurant hotel yang bernama The Kliff.. The Kliff ini salah satu resto yang lagi naik daun di seputaran Senggigi.. Restonya sendiri open for public, jadi bukan hanya untuk tamu yang menginap di Katamaran.. Karena lokasi restonya yang berada di atas bukit, jadi kita harus naik buggy dulu.. Kami sampai di resto sekitar pukul 17.00 dan meja yang lokasinya strategis sudah terisi semua.. Jadi kalau mau ke sini pas sunset time, lebih baik reserve dulu..

Untuk makanan di The Kliff ini kebanyakan menu Western.. Dari segi rasa, so-so saja menurut saya.. Tapi memang view-nya keren banget.. Sayang kurang live music saja.. Seingat saya dulu di Lombok itu setiap malam, pasti ada live music di resto atau bar hotel.. Sekarang kagak ada.. Kata staff hotel sih karena tingkat occupancy-nya yang masih rendah banget.. Setelah makan, kami coba keluar hotel, maksudnya mau jalan-jalan.. Ternyata di sekitar hotel ga ada apa-apa.. Hanya ada 1 warung tradisional yang kalau sore sudah tutup dan sisanya tanah kosong.. Bahkan minimarket saja tidak ada.. Mungkin memang kami disuruh benar-benar refreshing dan healing di sini.. hahaha..

Keesokan harinya kami habiskan dengan berenang, pergi ke pantai dan sore harinya test antigen karena waktu itu test antigen masih menjadi persyaratan untuk perjalanan dalam negeri.. Malam harinya kami memilih dinner di Kayangan Restaurant di Holiday Resort Lombok.. Dulu kami pernah menginap di sini juga.. Kayangan Restaurant ini suasananya super romantis.. Apalagi kami datang pas waktu sunset.. Menu di Kayangan Restaurant ini didominasi oleh masakan Western walaupun ada menu local juga seperti Sop Bebalung.. Dari segi rasa, much better daripada hotel tempat kami menginap sih (Katamaran)..

Pulangnya sebenarnya bisa jalan kaki, tapi saya akhirnya order Grab karena harus cari dus dan teman-temannya.. Jadi ceritanya ransel kami sudah overaload alias ga muat.. Soalnya ekspektasi pas berangkat, di Lombok ga bakalan beli apa-apa.. Ternyata malah borong kacang mete dan dodol rumput laut.. hahaha.. Anyway, oleh-oleh wajib kalau ke Lombok versi saya adalah Kacang Mete dan Dodol Rumput Laut.. Yang enak merk Phoenix.. Sebenarnya beli di marketplace juga ada.. Tapi kalau bisa beli langsung di Lombok, why not.. Yang doyan telur asin, telur asinnya Lombok itu enak lho.. Ada telur asin bakar juga.. Kemudian kalau punya jatah bagasi lebih, bisa beli Tahu Lombok yang memang terkenal enak itu.. Ayam Taliwang Irama 3 juga sekarang sudah bisa dibeli dalam versi frozen-nya..

Besoknya setelah breakfast, kami sudah harus check-out dan berangkat menuju airport.. Liburan selama 4 hari memang terasa singkat.. Yang kenal saya pasti paham karena saya kalau liburan itu minimal seminggu.. Bahkan pernah 2 minggu hanya untuk keliling Malaysia.. hahaha.. Yang pengen healing atau rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari, Lombok bisa dijadikan pilihan destinasi.. Lokasinya masih dekat dari Bali dan sekarang sudah banyak penerbangan yang direct langsung ke Lombok tanpa harus transit di Bali.. Suasananya juga mirip Bali tapi less crowded dan belum terlalu touristy..

1. ukurannya sama persis dengan ayam taliwang di Bali.. ayam mini lebih tepatnya.. hehe.. tapi memang khasnya ayam taliwang itu menggunakan ayam muda.. jadi dari segi ukuran, memang kecil.. jadi biasanya 1 orang akan makan 1 ekor ayam taliwang.. hehehe..