Sunday, November 1, 2015

Penang & KL Trip ~ Part 1 ~ Ngemper & Bermalam di KLIA2

Hello guys.. Hello November.. Sudah November aja ya, it's amazing how fast time flies.. Kali ini saya kembali dengan another Nat's Travel Diary.. Tujuan traveling saya kali ini masih seputaran negara tetangga, Malaysia.. Banyak orang bertanya "Malaysia lagi???", well Malaysia kan ga cuma Kuala Lumpur.. Malaysia itu banyak banget tujuan wisata nya.. Setelah berhasil mengunjungi Kuala Lumpur (KL), Johor Bahru, dan Melaka, ada 1 yang belum kesampaian yaitu Penang.. Makanya pas Februari kemarin, Air Asia ngadain promo tiket, saya langsung berburu tiket ke Penang.. Akhirnya dapat walaupun ga murah2 amat, sekitar 4,8 juta.. Itu untuk ber-4 dan 4 kali flight, DPS-KUL, KUL-PEN, PEN-KUL, dan KUL-DPS..

Masih dengan formasi yang sama, 3 gerombolan si-berat dan 1 paman gober, wkwkwk, maksudnya saya, adik saya, dan papa-mama saya, kami mengawali liburan hari Selasa kemarin, tanggal 20 October 2015.. Berhubung perginya bukan pas hari libur, jadi ga bisa lama2.. Total cuma 5 hari aja.. Kami berangkat hari Selasa malam.. Memang sengaja cari last flight ke KL, dengan harapan bisa tidur di KLIA2 dan lanjut penerbangan paling pagi ke Penang esok harinya..

Last flight ke KL nya Air Asia adalah untuk keberangkatan pukul 21.20, dimana yang mengoperasikan adalah Air Asia Malaysia, jadi kode flight nya bukan lagi QZ (sekarang XT), tapi AK.. Sama2 Air Asia sih, cuma bedanya segala pengumuman di pesawat akan menggunakan Bahasa Melayu dan Bahasa Inggris.. Kalau mau beli makanan atau minuman pun harus menggunakan Ringgit Malaysia (RM).. 3 kali naik flight nya Air Asia Malaysia kami jadi belajar beberapa kosa kata dalam Bahasa Melayu yang sebelumnya kami ga tahu, misalnya seat-belt itu disebut nya tali keledar, dan handphone atau telepon seluler itu disebutnya telefon bimbit.. Awalnya sih ngakak tapi bagus lah untuk tambahan ilmu pengetahuan.. wkwkwk..

Kami tiba di Ngurah Rai Airport pukul 18.45, masih ada waktu sekitar 2,5 jam sebelum boarding.. Ini sih cerita lama, selalu kepagian sampai airport.. hahaha.. Karena belum makan malam, kami otomatis kelaparan dong.. Akhirnya nyobain beli GoGo Franks.. Kaget juga lihat harganya, apa karena di airport jadi harganya lebih mahal ya.. Saya cuma beli yang Set-B, itu dapat Junior Sausage Prata, Cup Sausage, dan mineral water.. Harga nya 113k aja.. Tapi beneran enak lho sosis nya.. Boleh lah kalau dijadikan cemilan khusus di airport.. Kalau untuk cemilan sehari2 sih siap2 bangkrut.. wkwk..

Ngurah Rai Airport yang ternyata sepi kalau malam hari

Bali-KL berapa kilometer???

GoGo Franks @ Gate6

Kelar makan sosis, another duduk2 beberapa menit, akhirnya dipanggil juga untuk boarding.. Flight malam sih paling enak dipakai untuk tidur.. Cuma karena kemarin saya beli pre-book meals, jadi ga berani tidur dulu.. Ga lucu kan kalau pas pramugari nya datang bawain makanan kita nya lagi ngorok dan ileran.. hahaha.. Saya cuma beli 2 porsi makanan, itu pun karena kepengen nyobain makanan nya Air Asia Malaysia.. Ada beberapa menu yang beda lho dengan penerbangan Air Asia Indonesia, punya Malaysia juga lebih banyak pilihan menu nya dan lebih enak2.. Saya pesan Nasi Tomat Ayam Percik dan Mee Goreng Mamak.. Dua2 nya enak, apalagi yang Mee Goreng Mamak, the best lah, ga heran jadi favorit banyak orang..

Bali At Night

Nasi Tomat Ayam Percik dan Mee Goreng Mamak

Berhubung pakcik pilot nya rada ngebut, jadi walaupun berangkatnya on-time kami tiba di KLIA2 lebih awal 20 menit, yaitu sekitar pukul 12 malam.. Nah ini nih salah satu hal yang buat saya rada galau sewaktu mempersiapkan itinerary.. Mau tidur dimana kami?? hahaha.. Masih ada waktu sekitar 5 jam sebelum flight selanjutnya ke Penang.. Kelar urusan imigrasi dan custom, kami menuju ke Arrival Hall yang nyambung dengan Gateway KLIA2.. Di dekat pintu keluar Arrival Hall dan dekat Old Town White Coffee ada semacam area yang ada tempat duduk plus lantai berkarpet yang memang ditujukan untuk tempat beristirahat.. Sayang kemarin pas kami sampai disana, sudah full.. Itupun karpet nya keliatan agak kotor.. Berhubung naga di perut belum tidur2, kami melipir dulu cari makan.. Untung di dekat sana ada KFC yang masih buka.. Saya cuma pesan beberapa menu yang ternyata enak2 semua.. Rice Wrap nya enak banget.. Combo ayam + nasi lemak + sambal nya juga enak.. Kentang nya juga enak.. Ah senangnya tengah malam dapat makanan enak begini.. wkwkwk..

KFC @ KLIA2

Urusan perut kelar, masih ada 1 tugas yang belum terselesaikan, yaitu mencari tempat buat tidur.. Setelah hopeless kesana kesini, akhirnya kami menemukan satu areal persis di depan pintu keluar terminal kedatangan domestik.. Di sana cuma ada kursi2 berderet, dan lantainya tanpa karpet.. Tapi disana sepi, jadi kami bisa tidur dengan tenang.. Kursinya pun banyak walaupun ga bisa dipakai tiduran.. Untungnya AC di sana ga dingin2 amat, jadi cukup nyaman lah walaupun tetep aja saya ga bisa tidur, cuma bisa tidur2 ayam.. Di dekat tempat kami tidur, juga ada toilet yang lumayan bersih dan bagusnya SEPI.. Jadi walaupun ga mandi, pagi nya kami bisa sikat gigi, bisa cuci muka, bisa gelar peralatan make-up sesuka hati.. wkwkwk..

Tempat Kami Bermalam, wkwkwk

"Gembel2" dari Bali, wkwkwk

Sekitar pukul 4 kami naik ke Departure Hall di Level 3, dan ternyata, itu Departure Hall udah beralih fungsi jadi tempat tidur sementara buat traveler yang ogah bayar hotel seperti kami.. Dan banyak yang lebih extreme dari kami.. Ada yang bawa sleeping mattress, ada yang bawa semacam jaring2 untuk tidur (macam di pantai), ada yang tidur di kolong meja, di bawah ATM, dan banyak banget yang duduk lesehan di lantai, dan ada juga yang lagi pada antri ke toilet sambil bawa peralatan mandi.. haha.. Setelah beli minum di minimarket, kami berjalan menuju terminal keberangkatan domestik.. Ternyata pintu untuk ke terminal keberangkatan domestik baru dibuka pukul 04.30.. Jadi kami turun lagi dan duduk2 di tempat semula..

Untuk yang berencana bermalam di KLIA2 sebenarnya tidak perlu khawatir.. Fasilitas di KLIA2 lengkap kok.. Kami aja yang karena kemarin baru pertama kali, jadi rada bingung.. Mau beli minum pun bingung, alhasil papa saya mengelilingi Gateway KLIA2 untuk mencari minimarket yang masih buka.. Ketemu sih, cuma jauh.. Ternyata kalau mau makan dan minum, tinggal naik eskalator ke Departure Hall, disana lengkap banget, mau minimarket, mau toilet, mau Mushola, mau KFC, mau tempat ngopi, semuanya ada.. Kalau pengen cari spot untuk tidur, bisa di areal sebelah OldTown White Coffee, bisa di Burger King yang ada sofa2 empuk nya, bisa juga di areal Departure Hall, dan bisa juga di tempat kami, walaupun cuma kursi2.. hehehe..

Di pintu masuk terminal domestik, ada kejadian lucu.. Petugas yang memeriksa tiket kami sepertinya rada bete karena harus kerja pagi2 buta.. Saya menyerahkan boarding pass, si pakcik bilang IC IC, lha saya ga ngerti.. Setelah loading beberapa detik, eike baru nyadar itu maksudnya Identity Card, langsung deh eike sodorin passport.. Tambah bete tuh pakcik karena harus nyocokin satu2 antara passport dan boarding pass kami..

Masuk ke terminal domestik, kami sarapan dulu di Dunkin Donuts.. Beli beberapa sandwich, rada mahal sih, total menghabiskan RM 27.. Terminal domestik nya KLIA2 secara overall bagus.. Toilet nya banyak, bersih pula.. Kami take off menuju Penang sekitar pukul 07.15 dengan aircraft yang livery (corak/design) nya The Apprentice.. Dalam waktu 50 menit, kami akhirnya touched down di Penang.. Keluar pesawat, disambutlah saya dengan asap atau kalau orang Malaysia bilang nya jerebu.. Biasanya saya cuma bisa lihat di koran dan tv tanpa pernah merasakan langsung efek dari asap.. Kami pun sukses melewati 5 hari kami di Malaysia dimana langit pun tak pernah berwarna biru, dimana udara pun tak pernah terasa sebersih dan sesegar di Bali.. Yang bikin saya shock, saya keluar hotel pukul 7.30 di pagi hari, sudah siap2 ingin merasakan udara pagi di Penang.. Eh yang ada sih pagi hari yang penuh asap, udara ga ada segar2 nya sama sekali, dan pagi hari pun terasa panas.. Kami beruntung tidak mengalami gangguan pernafasan, padahal di saat orang lain memakai masker kemana2, kami malahan cuek keliling Penang tanpa masker.. Cuma ya gitu, rasanya panas atau kalau orang Jawa bilang sumuk alias gerah.. Kadang kalau liat foto2 sempat mikir sayang ya foto2 cantik saya di Penang tidak pernah berlatar belakang langit biru.. Tapi kalau dipikir2 lagi saya bersyukur juga bisa "sedikit" merasakan efek asap.. Ga ngebayangin teman2 kita yang ada di Sumatra & Kalimantan, yang setiap hari harus bergelut dengan asap.. Saya jadi semakin bersyukur atas langit Bali yang biru dan cerah serta udaranya yang masih ok..

Menuju Terminal Domestik KLIA2

Breakfast di Dunkin' Donuts (Tuna Sandwich, Turkey Sandwich, Doughnut)

Sebelum Take-Off Menuju Penang (no-filter lho fotonya)

Touched Down Penang (ini juga fotonya no-filter)

Penang International Airport ternyata tidak sebesar yang saya bayangkan, tetapi tetap modern dan yang pastinya bersih.. Di Penang kami akan stay di kota Georgetown nya.. Georgetown adalah ibu kota dan kota terbesar yang ada di Penang.. Penang sendiri sebenarnya luas banget, secara garis besar dibagi menjadi 2 bagian yaitu Pulau Pinang dan Seberang Perai, dimana 2 pulau ini dihubungkan dengan Penang Bridge atau Jembatan Penang.. Georgetown adanya di Pulau Pinang.. Tapi saya rasa kebanyakan dari kita kalau liburan ke Penang, pasti stay nya di Georgetown nya, walaupun kita lebih sering menyebutnya sebagai Penang.. Georgetown juga ditetapkan sebagai Unesco World Heritage Site, sama seperti Melaka..

Dapat Aircraft Yang Livery The Apprentice, yayy

Penang International Airport

Kami berjalan keluar airport dan mencari tempat pemberhentian bus.. Untuk menuju ke pusat kota, saya memilih naik bus dengan tujuan Komtar.. Untuk itu kami perlu menunggu Bus Rapid Penang (BRP) dengan no 401 atau 401E.. Beruntung ketika kami berjalan, kami melihat bus 401E yang melintas.. Untuk naik bus di Penang, kita perlu menyebutkan tujuan kita, nanti supir bus atau kapten bas akan menyebutkan berapa nominal yang harus kita bayar.. Selanjutnya kita harus memasukkan uang tersebut ke dalam box dan sang supir bus akan memberikan karcis / tiket nya.. Perlu diingat bahwa sama seperti di kota lain di Malaysia, supir bus di Penang tidak akan memberikan kembalian.. Jadi selalu sediakan uang kecil ketika akan naik bus.. Ya ga harus pas sekali sih, kadang kami bayarnya juga lebih berapa sen gitu karena cukup sulit menebak berapa ongkos yang harus dibayar.. Terkadang dikenakan RM 1.40 per orang, terkadang RM 2, terkadang yang jauh banget cuma kena RM 2.70.. Nah kalau dari Airport ke Komtar kena nya RM 2.70.. Tapi harga segitu sih murah banget.. Perjalanan nya jauh, atau lebih tepatnya lagi jauh karena muter2.. Tapi ga papa, dengan begini kami jadi tau seperti apa sih kota Penang.. Bahkan bisa melewati Queensbay Mall segala, walaupun ga mampir.. hehehe.. Karcis / tiket nya juga jangan langsung dibuang ya, karena akan ada random check, nanti ada petugas yang akan naik di tengah jalan dan memeriksa tiket kita.. Ini sifatnya random sih, dari berapa kali naik bus cuma pernah sekali kena check..

Outside Look of Penang International Airport

BRP 401E

Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam lebih, akhirnya bus yang kami naiki bergerak perlahan memasuki areal Komtar.. Kakak kapten bas (supir nya cewek) yang baik hati itupun berteriak kepada kami, "Komtar-Komtar", maksudnya memberi tahu kepada kami supaya kami turun.. Baik ya, kakak itu mungkin tahu kami tourist, jadi ga bakalan tahu kalau udah sampai di Komtar.. Kalau saya sih sudah tahu, karena saya kebanyakan menghabiskan waktu dengan Google Map, pakai Street View pula, jadi udah tahu Komtar itu model nya seperti apa, terus di seberang Komtar ada hotel apa, terus jalan ke hotel kami lewat mana.. Kadang dipikir2 ga surprise dan seru lagi dong.. Tapi tak apalah, demi trip yang sukses, demi kepuasan keluarga, saya rela.. hahaha..