Sunday, November 8, 2015

Penang & KL Trip ~ Part 2 ~ We Made It To PENANG

Turun dari bus BRP 401E, saya dan keluarga saya berjalan keluar Komtar, menyeberangi Jalan Magazine dan disambutlah kami dengan bangunan megah nya Hotel St. Giles Wembley.. Hotel ini adalah hotel impian saya di Penang.. Pengen banget bisa menginap di hotel ini.. Sayang rate-nya kurang bersahabat dengan kantong saya.. Secara lokasi sih perfect, dari Komtar tinggal nyebrang doang.. Rate nya ada di kisaran 800-900rb.. Saya suka banget sama desain kamar nya Hotel St. Giles Wembley ini, elegant dan classy..

Hotel St. Giles Wembley @ Jalan Magazine

Setelah berjalan melewati Hotel St. Giles Wembley, dari kejauhan sudah tampak Hotel Neo+, hotel dimana kami akan menginap selama 2 malam di Penang.. Ternyata ga jauh2 amat kok dari Komtar, kami hanya perlu berjalan menyusuri Jalan Magazine, nanti di ujung Jalan Magazine akan ada persimpangan jalan (intersection) antara Jalan Magazine, Jalan Gurdwara, Jalan Dato Keramat, Jalan Macalister dan Jalan Penang.. Hotel Neo+ sendiri terletak di Jalan Gurdwara, kira2 200 meter dari intersection.. Jadi kami hanya perlu berjalan kaki sekitar 5menit dan sampailah kami di Hotel Neo+ yang ternyata adalah pilihan yang sangat2 tepat.. Untuk review mengenai Hotel Neo+ akan saya bahas di postingan terpisah ya..

Hotel Neo+ From Distance

Setelah beristirahat sebentar di hotel, kami memulai agenda siang itu dimana kami akan meng-explore kota GeorgeTown.. Dari Hotel Neo+ kami berjalan ke arah intersection Komtar, setelah sebelumnya mampir ke penjual buah potong di depan Gama Supermarket.. Sepotong harganya RM 1, buah nya lumayan bervariasi, dari semangka, mangga, jambu, pepaya, semuanya ada.. Kemudian kami menyebrang ke Jalan Penang dan melewati Komtar yang bagian pertokoan nya, sungguh Komtar itu selain tinggi, ternyata besar / luas juga.. Komtar adalah singkatan dari Kompleks Tun Abdul Razak.. Komtar sendiri merupakan suatu pusat perbelanjaan dengan gedung tinggi menjulang yang merupakan bangunan tertinggi di Penang.. Tak heran Komtar pun menjadi landmark yang harus dikunjungi ketika berada di Penang.. Terlebih lagi, Komtar juga merupakan main bus terminal di Penang.. Kami selalu menunggu bus di Komtar ini, karena hampir semua bus akan mampir ke Komtar.. Terminal nya sih khas terminal bus dimana2, sedikit gelap karena letaknya di basement, agak pengap, tapi tetap aman dan bersih kok..

Penjual Buah Potong

Komtar

My Family ~ Intersection Near Komtar

Masih di sekitaran Komtar, kami mampir ke Bee Cheng Hiang terlebih dahulu.. Papa saya mana bisa tahan kalau lihat Bee Cheng Hiang.. hehehe.. Kami cuma beli beberapa bakkwa (semacam dendeng) dan snack dari ikan dan cumi.. Di Malaysia, sepertinya toko bakkwa yang lebih terkenal adalah Loong Kee karena cabang nya ada dimana2.. Cuma karena kebiasaan dari Singapore, kami lebih doyan Bee Cheng Hiang.. Dan yang bikin lebih happy, harga Bee Cheng Hiang di Malaysia jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga di Singapore..

Bee Cheng Hiang @ Komtar

Sambil mengunyah bakkwa, kami melanjutkan perjalanan dengan tetap menyusuri Jalan Penang.. Setelah melewati persimpangan jalan, kami berbelok kanan di Lebuh Keng Kwee (masih di Jalan Penang).. Ada apa di Lebuh Keng Kwee?? Di Lebuh Keng Kwee ini ada penjual chendul atau cendol terenak yang pernah saya makan.. Untuk kali ini, sorry to say, cendol nya Indonesia kalah jauh.. Sama yang di Melaka aja masih lebih enakan ini.. Di Lebuh Keng Kwee ada 2 penjual chendul, yang menurut beberapa orang rasanya sih mirip.. Kemarin saya pilih penjual yang di sebelah kanan, namanya Penang Road Famous Teochew Chendul.. Saya sih waktu mau belok ke Lebuh Keng Kwee udah mempersiapkan diri melihat antrian yang mengular.. Eh ternyata ga ada antrian sama sekali.. Kami bisa langsung pesan.. Mama saya sempat nanya ke penjualnya, katanya sih Penang memang lagi sepi karena jerebu alias asap.. Tapi kami memang kemarin datang nya sekitar pukul 10.45, mereka sendiri baru buka pukul 10.30 kalau pas weekdays dan jam 10.00 kalau pas weekend..

Penang Road Famous Teochew Chendul @ Lebuh Keng Kwee

Seporsi chendul harganya RM 2.50 kalau makan di tempat dan RM 2.70 kalau bungkus.. Paling enak sih makan di tempat, makan nya cukup berdiri aja di sekitaran penjual nya.. Kalau mau duduk, ada semacam kedai juga di dekat sana, salah satunya ada Joo Hooi Coffee Shop yang asam laksa nya juga terkenal enak.. Jadi bagi yang mau makan dengan proper, ada meja + kursi nya, bisa melipir ke kedai tersebut.. Selain chendul mereka juga jual aneka minuman.. Ada 4 macam, tapi saya cuma nyobain 2, yaitu semacam Liang Teh dan Teh Bunga Chrysan.. Seplastik kalau ga salah RM 1.50 dan itu porsi nya buanyak banget.. 1 plastik full.. Puas banget minumnya.. hahaha.. Anyway, Penang Road Famous Teochew Chendul ini juga punya cabang di Prangin Mall (mall di sebelah Komtar)... Jadi kalau ga mau panas2an ke Lebuh Keng Kwee, bisa nyobain yang di Prangin Mall..

Best Chendul I've Ever Had (@ RM 2.50)

Liang Teh dan Teh Bunga Chrysan (@ RM 1.50)

Puas makan chendul, next stop adalah Chowrasta Market.. Dari Lebuh Keng Kwee tinggal balik ke Jalan Penang, lanjut dikit lagi, sampailah kita di pasar yang paling terkenal di Penang ini.. Chowrasta Market terdiri dari bagian yang pasar basah (wet market) nya, ada yang jual baju2 + tekstil, dan ada juga yang jual makanan2 dan produk lokal khas Penang yang cocok buat dijadikan oleh2.. Kami hanya mampir ke bagian yang menjual makanan2 ini.. Baru di toko pertama kami sudah kalap.. Apalagi adik saya, semua cemilan fish snack, aneka bentuk dan rupa, harganya sama semua, RM 11 dapat 3 bungkus.. Ada juga kopi2an, manisan buah2an, kacang2an, bumbu2, sampai minyak gosok / pijat juga ada di sini.. Kalau belanja di sini jangan lupa menawar ya.. Lumayan bisa turun 1-2 ringgit.. hehehe.. Ngomong2 soal manisan buah2an, entah kenapa Penang bisa terkenal sama manisan buah2an nya ya?? Di Chowrasta Market ini banyak banget yang jual.. Mulai dari yang tanpa merk sampai yang merk terkenal, Jeruk Madu Pak Ali.. Buah yang dijadikan manisan pun beraneka ragam, mulai dari kedondong, mangga, pala, cherry, sampai yang saya ga tau itu apa.. hahaha.. Saya sih cuma beli sedikit, karena ketika di makan terasa kurang enak, apa karena saya ga suka manisan ya.. Lagian manisan nya kebanyakan yang model basah, jadi masih ada air-nya, ini mah bisa bikin bagasi tambah berat..

Ibu Pejabat Polis Kontinjen Pulau Pinang (Opposite Chowrasta Market)

Chowrasta Market

Jeruk Madu Pak Ali

Keluar Chowrasta Market, ransel papa saya langsung penuh, bawaan kami juga ga kalah banyak.. Padahal agenda kami siang itu masih banyak banget.. hahaha.. Oh ya, di depan Chowrasta Market juga ada penjual Buah Berangan China atau Chesnut.. Bau nya harum banget, karena uncle nya itu lagi masak chesnut nya.. Papa saya yang memang doyan banget, langsung beli RM 5, lumayan dapat setengah kantong kecil.. Chesnut kalau dimakan panas2 memang enak banget.. Di Chowrasta Market juga ada Ais Tingkap yang terkenal.. Cuma karena kami baru makan chendul, jadi kami skip Ais Tingkap nya..

Buah Berangan China aka Chesnut

Kami memang lagi "beruntung" saat itu.. Tak jauh dari Chowrasta Market, kami melihat toko / outlet nya Ban Heang di pertigaan Jalan Penang & Lebuh Campbell.. Dari yang awalnya cuma pengen beli beberapa tambun biscuit untuk dicoba, kami malah keterusan.. hahaha.. Ban Heang adalah semacam toko yang menjual aneka produk makanan tradisional / lokal khas Penang.. Yang paling terkenal adalah Tambun Biscuit & Pheah nya.. Biscuit dan pheah nya banyak banget macamnya.. Kami sampai bingung beli yang mana.. Tapi bukan biscuit dan pheah nya yang bikin kami kalap.. Tapi section yang di bagian dekat kasir.. Di sana ada aneka kopi dan teh khas Penang.. Ada kopi hitam biasa, kopi susu, kopi durian, teh tarik, dll.. Sekilas kami teringat dengan San Shu Gong di Melaka yang konsep nya serupa dan terkenal juga dengan kopi + teh tarik nya.. Hal lain yang bikin kami jatuh cinta dengan Ban Heang adalah kemasan nya yang cantik banget dan harga nya yang ga mahal2 amat.. Masih terjangkau lah untuk semua kalangan.. Misal manisan mangga atau jambu harga nya RM 6.30.. Ini manisan nya packaging nya bagus dan rasanya jauh lebih enak dibandingin sama yang di Chowrasta Market.. Tambun Biscuit yang kotak gede (isi 32) harganya RM 9.50.. Kopi biasa 1 pack Rm 9.90, Teh Tarik 1 pack RM 15.90 dan Kopi Durian RM 16.90.. Pelayanan nya juga oke banget di sini.. Koko nya telaten banget ngelayanin kami yang cerewet ini, soalnya kopi2an dan teh2an itu kami minta dibuka aja dari kotaknya biar ga makan tempat di tas kami.. Dia nya bukain satu2, tiap 1 pack di masukin ke 1 kantong plastik.. Terus kotaknya dilipetin, maunya di bawain ke kami juga, tapi kami tolak, mending kotaknya dipakai mereka aja lagi.. Daripada ujung2 nya dibuang oleh kami.. hehehe..

Ban Heang @ Jalan Penang

Hasil Buruan di Ban Heang & Chowrasta Market

Kelar belanja, kami rada galau mau lanjut atau ga ya.. Bawaan sudah banyak buanget.. Mana Penang walaupun full jerebu dan matahari nya ga kelihatan, panas nya tetep dan banget.. Bahkan kami ga sadar, kadang suka pede duduk atau berdiri di bawah matahari, soalnya langitnya kan seakan2 mendung.. Padahal itu matahari kan tetap ada.. Keringatan sih sudah pasti dan bawaan nya pengen minum melulu..

Kami kembali menyusuri Jalan Penang, dan ga sampai 5 menit, kami ada di persimpangan jalan antara Jalan Penang dan Lebuh Chulia.. Persis sebelum persimpangan, ada jalan kecil ke arah kanan, dan di depan nya ada tulisan Nasi Kandar Line Clear.. Yup, our next stop was the famous Nasi Kandar Line Clear.. Sama seperti Penang Road Famous Teochew Chendul, saya cukup kaget ketika kami masuk ke tempat makan nya yang lebih mirip gang kecil.. Tak ada antrian sama sekali.. Wah ternyata jerebu ada positif nya juga ya.. wkwkwk.. Biasanya nasi kandar ini antrian nya gila2an.. Apalagi kami kemarin datang pas jam makan siang.. Nasi Kandar Line Clear ini buka 24 jam dan tidak ada cabang nya sama sekali.. Jadi kalau ada yang ngaku2 Nasi Kandar Line Clear, boleh dipertanyakan originalitas nya..

Nasi Kandar Line Clear

Kami cukup terpukau lihat tumpukan makanan yang tersedia di sana.. Dari kepala ikan yang ukuran nya jumbo2 sampai udang dan ayam goreng yang ga kalah jumbo juga.. Cara memesan nya sama seperti kalau kita lagi makan di warung.. Tinggal sebut mau lauk apa, setelah sebelumnya menyebutkan mau nasi biryani atau nasi putih.. Saya memilih ayam goreng + sotong (cumi), adik saya ayam curry (kari) + sotong, dan papa saya ayam goreng + udang + sayur okra.. Kami cuma bisa bengong lihat makanan kami.. Cuma 3 porsi tapi sepertinya tidak akan sanggup kami habiskan.. Ayam nya ukuran nya 2x nya ayam di sini.. Belum lagi nasinya yang porsi kuli.. Disiram pula dengan kuah curry sebanyak2nya.. Saya pribadi ga terlalu doyan curry dan masakan berempah, dikasi yang begini sih biasanya ga bakalan bisa makan.. Tapi yang ini boleh lah, curry nya enak, walaupun next time saya akan request nasi saya tidak disiram kuah curry sebanyak ini.. Ayam goreng nya sendiri enak banget.. Cumi dan udang nya boleh lah.. Kami dengan perut yang belum nyentuh nasi dari pagi, ternyata masih tidak sanggup menghabiskan makanan yang kami pesan.. Saya cukup takjub dengan orang2 lokal yang makan disana, piring nya habis tak berbekas.. wkwkwk.. Makan 3 porsi jumbo + 2 teh tarik, kami hanya perlu membayar RM 54.. Masih reasonable lah, secara kami milih lauk nya double2 gitu.. wkwkwk..

Food Selection @ Nasi Kandar Line Clear

From Fish To Prawn, From Squid To Chicken

Our Lunch @ Nasi Kandar Line Clear

Keluar dari Nasi Kandar Line Clear kami melanjutkan perjalanan dengan berbelok kanan ke Lebuh Chulia.. Di Lebuh Chulia ini banyak banget toko2 dan bangunan tua yang masih terawat.. Hotel2 dan tempat makan juga bertebaran di lebuh atau jalan ini.. Salah satunya yang menarik perhatian kami adalah 1 kedai, Wai Kei Cafe, yang ramai banget.. Kami pun penasaran dan akhirnya ikutan ngantri.. Ternyata yang dijual adalah aneka babi, ayam, dan bebek panggang.. Kami akhirnya beli 1 porsi nasi dan teman2 nya seharga RM 6.50 untuk dibawa pulang ke hotel.. Ternyata rasanya enak.. Nyesel cuma beli 1, ga heran ramai banget tempatnya.. hehe.. Kemudian kami melanjutkan perjalanan, sampai ketemu perempatan antara Lebuh Chulia dan Jalan Masjid Kapitan Keling.. Belok kiri, lanjut sekitar 200meter, sampailah kami di samping Gereja St. George..

Wai Kei Cafe @ Lebuh Chulia

Gereja St. George adalah Gereja Anglican tertua (oldest) yang ada di South-East Asia.. Kami tidak masuk, hanya foto2 dari luar saja.. Di dekat Gereja St. George juga ada Church of The Assumption yang merupakan Gereja Katolik tertua yang ada di Penang.. Kami tidak lama di sini dan melanjutkan perjalanan kami menuju Lebuh Light atau Light Street (belok kanan di ujung Jalan Masjid Kapitan Keling).. Light Street ini adalah jalan dimana terletak berbagai objek menarik di GeorgeTown, di antaranya Penang Town Hall, Padang Kota Lama, Penang 3D Trick Art Museum, Fort Cornwallis, dan Queen Victoria Memorial Clock.. Tapi baru sampai di dekat Fort Cornwallis kami pun menyerah.. Panas dan kurang tidur di malam sebelumnya membuat kami tak sanggup melanjutkan perjalanan.. Akhirnya kami ngadem di 7-Eleven di depan Fort Cornwallis, beli 100Plus kesukaan saya, dan membahas rencana selanjutnya.. Kalau mau diterusin sih kayaknya ga bakalan sanggup, kasihan juga mama saya yang kelihatan sudah capek banget, belum lagi papa saya yang bawaan nya berat begitu.. Sedangkan perjalanan juga masih jauh karena mau street-art tour.. Akhirnya kami memutuskan balik ke hotel dengan harapan tidur beberapa jam di kasur yang empuk akan membuat tubuh kami fit kembali.. Urusan stree-art kami lanjutkan besok saja..

Kuan Yin Temple (Tokong Kuan Yin) & Lebuh China

St George's Church

Oh ya, another tips dari saya, ketika sampai di Penang International Airport atau di hotel tempat menginap, jangan lupa mengambil free map (peta) GeorgeTown.. Mengunjungi Penang tanpa meng-explore GeorgeTown adalah kesalahan besar.. GeorgeTown menawarkan banyak sekali hal menarik yang sayang untuk dilewatkan.. Mulai dari street-art dan murals nya yang terkenal itu, bangunan tua dan bersejarah yang cantik2, dan kuliner nya yang top2 itu.. Mengambil free map akan memudahkan kita untuk menentukan tempat2 mana saja yang mau kita kunjungi.. Seperti street-art, ga mungkin semuanya kita kunjungi, karena jumlah nya yang banyak banget.. Apalagi seperti kami kemarin yang kehabisan waktu, sehingga kami hanya bisa mengunjungi beberapa street-art yang terkenal.. Beberapa free map yang saya ambil, informasi nya lengkap banget, bahkan ada yang dilengkapi dengan lokasi street art.. Kemarin sebelum berangkat, saya sudah menentukan "rute" kami, yang ternyata berguna dan efektif sekali.. Exploring GeorgeTown bisa dilakukan dengan berbagai cara.. Yang pertama, seperti kami, JALAN KAKI.. Ini adalah cara yang paling seru dan murah.. Murahlah karena gratis, palingan hanya perlu keluar modal untuk beli Counterpain, karena kaki nya pasti pegal2.. hahaha.. Selain gratis, dengan jalan kaki kita bisa melihat banyak hal, mulai dari aktivitas masyarakat Penang, bangunan2 cantik, dan penjual makanan yang bisa kami coba setiap saat.. Cara kedua adalah menyewa becak (trishaw) dan taxi.. Kalau ini sudah pasti berbayar.. Saran saya nego dulu harganya sebelum jalan.. Banyak cerita tentang tukang becak yang "nakal" di Penang.. Kekurangan kalau naik taxi adalah jalanan di GeorgeTown itu kecil2, banyak street art yang masuk gang pula, jadi kurang efisien kalau naik taxi.. Cuma kalau naik becak atau taxi, kita tinggal duduk manis doang.. Tukang becak dan supir taxi rata2 udah hafal tempat2 menarik dan letak street art.. Jadi kita ga perlu repot2 baca peta, tinggal duduk, nyampe deh.. wkwkwk.. Cara ketiga adalah menyewa sepeda.. Yang ini sih menurut saya lebih oke  dibandingkan cara kedua.. Banyak tourists yang memilih cara ini.. Kemarin di sepanjang Lebuh Chulia, saya menemukan banyak tempat penyewaan sepeda pancal dan sepeda listrik.. Biaya sewa nya sekitar RM 10 untuk seharian.. Kemarin saya udah kepikiran mau nyewa sepeda, cuma mama saya ternyata ga bisa naik sepeda.. Kalau dibonceng kan ga enak, ya sudahlah akhirnya kami milih jalan kaki aja.. hehehe..

Akhrinya setelah bertanya kepada kakak kasir di 7-Eleven, kami berjalan ke arah bus stop yang hanya 50 meter dari 7-Eleven dan menunggu bus.. Bus yang kami naiki ternyata adalah Bus Penang CAT.. CAT adalah singkatan dari Central Area Transit, yang merupakan Bus City Hop On dan free.. Bus ini memang ditujukan untuk tourists sehingga rute nya adalah di seputaran GeorgeTown dan bus stop nya tersebar di beberapa titik yang memang menjadi GeorgeTown's main tourists attraction.. Kami girang dong tentunya dapat yang gratisan.. Tapi entah kenapa, setiap naik Bus CAT, selalu dapat supir bus yang mantan pembalap F1.. Nyetir nya ngebut bok.. Mana GeorgeTown kan jalan nya kecil dan ramai.. Jadi si pakcik tanpa merasa bersalah ngerem mendadak sesuka hati.. Kami sebagai penumpang hanya bisa pegangan sekuat tenaga, bahkan ada bapak2 yang sempat jatuh.. Saya sih cuma bisa menghibur diri, namanya juga gratisan.. hahaha.. Bus CAT ini memang berguna sekali untuk tourists seperti kami.. Cuma waktu tunggu nya lumayan lama, jadi sedikit wasting time.. Kami total hanya 2x naik Bus CAT, selebihnya kami jalan kaki.. hehehe..

Perjalanan dari Fort Cornwallis ke Komtar ternyata dekat banget.. Deket kalau naik bus, kalau jalan sih mau pingsan rasanya.. wkwkwk.. Dengan teratih2 kami kembali menyusuri jalan tadi pagi untuk menuju ke Hotel Neo+.. Masuk lobby, ah rasanya lega sekali.. wkwkwkwk..