Friday, December 4, 2015

Universitas Terbuka ~ Registrasi Mahasiswa Baru


Ini adalah postingan ke-9 saya mengenai Universitas Terbuka, universitas tercinta saya yang karena kehadiran nya kuliah menjadi lebih mudah dan menyenangkan.. hehehe.. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang prosedur Registrasi Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka.. Untuk teman2 yang mau membaca postingan saya tentang Universitas Terbuka (UT) lainnya, berikut link nya :


Per tanggal 1 Desember kemarin, masa pendaftaran mahasiswa baru untuk masa registrasi 2016.1 resmi dibuka.. Masa registrasi ini akan berakhir pada tanggal 13 Januari 2016 (http://www.ut.ac.id/kalender-akademik).. Jadi cerita nya saya kembali menjadi mahasiswa UT lagi.. hahaha.. Setelah di tahun 2013 kemarin lulus dengan gelar D3-Perpajakan, kali ini saya mengambil jurusan atau program studi S1 Sastra Inggris di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik nya Universitas Terbuka.. Adik saya malah sudah daftar di semester kemarin (2015.2), jurusan nya sama pula dengan saya.. wkwkwk.. Bener deh kata bapak2 petugas di UT yang menerima pendaftaran saya kemarin, kuliah di UT itu bikin ketagihan.. Malah bapak nya juga cerita, ada bapak2 yang sudah pensiunan, tapi malah terus kuliah di UT.. Beliau bahkan sudah dapat 3 gelar S1 lho dari UT.. Hebat ya.. Masa saya yang muda kalah?? wkwk.. 

Banyak yang nanya, kok ngambil S1 lagi?? Kalau ada yang mau jadi sponsor untuk saya kuliah S2 sih, saya bakalan kuliah S2 dengan senang hati.. hahaha.. Sudah biaya nya selangit, sekarang kuliah S2 itu bukan 2 tahun lagi, tapi sudah kayak ngambil S1 aja, sekitar 4 tahun.. Kaliin aja sama biaya per semester nya yang sudah kayak harga 1 motor.. Apalagi saya punya prinsip, ga akan minta orang tua saya untuk bayarin saya kuliah.. Palingan mereka bantuin bayarin dulu ketika gaji bulanan saya habiskan untuk hal2 yang ga penting.. hahaha.. Tapi ya gitu, ga pernah bisa nabung untuk biaya kuliah master.. Ada tabungan dikit sudah gatal kepengen beli tiket promo nya Air Asia.. hahaha..

Anyway, saya ga akan cerita secara detail mengenai prosedur registrasi mahasiswa baru, karena semua informasi itu sudah tersedia secara jelas dan akurat di website nya UT dan di Katalog yang bisa di download di website tersebut.. Di Katalog tersebut dijelaskan dengan detail bagaimana sistem belajar di UT, syarat dan prosedur registrasi, kurikulum, dll.. Secara garis besar, layanan registrasi di UT ada 3 macam, Registrasi Langsung di UPBJJ, Registrasi Online, dan Registrasi Keliling.. Saya sendiri cuma sempat nyobain yang Registrasi Langsung di UPBJJ dan Registrasi Online.. UPBJJ adalah singkatan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh, semacam cabang atau kantor perwakilan nya UT yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, bahkan di luar negeri juga ada.. 

Di Denpasar sendiri, UPBJJ nya ada di Jalan Gurita, di daerah Sesetan dan berada di belakang Lapangan Pegok.. Biasa nya saya memilih melakukan Registrasi Langsung di UPBJJ.. Cuma kemarin pas buka website nya UT, saya melihat ada pilihan untuk melakukan Registrasi Online.. Karena malas panas2an keluar rumah, saya lebih memilih melakukan registrasi secara online.. Padahal lho, ke UPBJJ ga sampai 10 menit dari rumah saya.. wkwkwk.. 








Registrasi Online bisa diakses di link ini (http://sro.ut.ac.id/) dan tentang alur nya sendiri bisa dilihat di sini (http://sro.ut.ac.id/nonpendas/info).. Awalnya kita akan diminta untuk mengisi data yang terdiri dari nama, email, dan password.. Setelah itu kita akan mendapatkan no account dan data lainnya, yang dikirim oleh UT ke email yang kita daftarkan tadi.. Dengan no account dan password tersebut, kita bisa melakukan login ke sistem dan selanjutnya kita hanya perlu memasukkan data pribadi.. Nah di sinilah timbul masalah (bagi saya), karena di akhir, kita diminta meng-upload 2 formulir, yaitu surat pernyataan dan form tanda tangan, pas foto, dan sidik jari.. 1 lagi kita juga diminta meng-upload ijazah terakhir.. Kedua form itu format nya bisa di download dari link yang disediakan pihak UT.. Cuma menurut saya agak repot karena form tersebut harus di print, kemudian di-scan, dan di upload.. Karena saya paling anti yang ribet2, akhirnya saya batal melakukan registrasi secara online..

Keesokan hari nya, saya datang ke UPBJJ.. Untuk Registrasi Langsung di UPBJJ, prosedur nya sama persis seperti Registrasi Online.. Beda nya adalah semua form sudah disediakan di sana.. Kita tinggal ngisi aja.. Kita boleh minta form nya dulu, terus isi di rumah, baru diserahkan ke UPBJJ lagi.. Tapi kalau males bolak balik, mending seperti saya yang langsung ngisi di sana, dan pastikan semua persyaratan nya sudah kita bawa.. Persyaratan dan dokumen yang harus dilampirkan ga banyak kok.. Pertama, fotocopy ijazah terakhir yang di-legalisir.. Kalau ngambil kuliah yang S1, disarankan bawa fotocopy ijazah SMA saja.. Tapi kalau yang sudah pernah kuliah, boleh bawa ijazah terakhir.. Kedua, pas foto.. Bawa yang ukuran 4x6 1 lembar, dan yang 2x3 2 lembar.. Ketiga, materai 6rb.. Ini untuk surat pernyataan.. Sedangkan lem, tinta untuk sidik jari, bisa pinjam di sana.. That's it.. Paling hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk registrasi dan it's free.. Registrasi nya memang free, bayar nya nanti pas Registrasi Mata Kuliah, dan besar biaya per sks nya berbeda2 tiap program studi, detail nya bisa dilihat di Katalog.. Berikut link untuk download Katalog nya :









Dikarenakan belum bisa melakukan Registrasi Mata Kuliah, maka proses registrasi cuma bisa sampai tahap penyerahan formulir dan lampiran2 nya itu.. Registrasi Mata Kuliah nya kata petugas nya mulai di awal Januari 2016.. Kalau seperti adik saya kemarin, karena Registrasi Mata Kuliah nya sudah dibuka, jadi dia bisa langsung Registrasi Mata Kuliah di hari yang sama.. 

Bagi teman2 yang berniat kuliah di UT, further information bisa langsung menghubungi UT / UPBJJ atau boleh juga tinggalkan comment di bawah... Cheers..






ps : alamat dan no telepon UPBJJ di kota lainnya bisa lihat di Katalog ya..




4 comments:

  1. selamat pagi mba..saya rencana mau daftar ut d3 perpajakan. di gel 2 2016. mohon share donk modul dan apa saja yang diperlukan di prodi perpajakan.. mohon bimbingannya dan bila berkenan minta alamat twitter atau fb biar bisa saya konsul langsung. fb saya www.facebook.com/rismanofficial dan twitter saya di @rismanAtz terimakansih mba..ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. untuk modul, disesuaikan dengan mata kuliah yang diambil.. Jadi misal kalau di semester 1 mengambil mata kuliah reading1, maka diperlukan modul reading1 yang bisa dibeli di TBO UT.. Untuk pemilihan mata kuliah, di katalog UT sudah diberi keterangan mata kuliah apa dan disarankan di ambil di semester berapa.. Selain itu bisa juga memilih sistem paket, jadi dalam satu semester sudah ditentukan mata kuliah apa saja yang harus diambil.. kalau mau konsultasi bisa email di trs.nat@gmail.com ya.. saya jarang aktif di socmed soalnya.. hehe..

      Delete
  2. mbak Nat....apakah punya data statistik tentang mahasiswa baru UT 5 tahun atau 10 tahun terakhir? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sy ga punya.. untuk data statistik bisa coba hubungi UT Pusat..

      Delete