Monday, October 9, 2017

Universitas Terbuka ~ Beasiswa PPA



Akhirnya, apa yang saya tunggu2 selama beberapa minggu terakhir, masuk juga.. SMS dari 3355 ini masuk ke hp saya beberapa hari yang lalu.. Ada tambahan dana sebesar Rp 2.400.000,-.. Jumlah yang menurut saya lumayan banyak.. Tambahan dana 2,4 juta itu saya dapatkan bukan karena menang undian atau dapat transferan nyasar, tapi dana beasiswa dari Universitas Terbuka.. How cool is that???



Sudah tua begini, kuliah online, dapat beasiswa pula.. hahaha.. Dulu saya kuliah mahal2 di unviersitas negeri 3,5 tahun, sampai lulus ga pernah dapat beasiswa padahal IPK saya cukup tinggi.. Pas wisuda cuma dapat piagam dengan embel2 IPK tertinggi lah, cum laude lah.. wkwkwk..

Oh ya, ini adalah kali kedua saya dapat beasiswa dari Universitas Terbuka.. Tahun 2012, saat saya mendaftar menjadi mahasiswa jurusan D3 Perpajakan, saya juga menerima beasiswa.. Saat OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru), tiba2 diumumkan beberapa mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa, dan saya termasuk salah satu mahasiswa tersebut.. Bisa dibayangkan betapa excited-nya saya.. Kuliah aja belum, sudah dapat beasiswa.. Walaupun jumlahnya tidak sebanyak Beasiswa PPA ini, tapi lumayan banget kan..

Nah kali ini, saya mendapat beasiswa yang namanya Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).. Beasiswa PPA ini adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi.. Setiap mahasiswa yang memenuhi persyaratan bisa mengajukan permohonan kepada Dekan Fakultas masing2.. Di sini saya akan berbagi pengalaman saya mendapatkan Beasiswa PPA ini..Buat teman2 yang mahasiswa Universitas Terbuka, semoga pengalaman saya ini bisa berguna terutama buat yang ingin apply beasiswa ini tahun depan.. hehehe..

Proses seleksi Beasiswa PPA ini diumumkan di website UT, jadi sering2lah membuka website UT mendapatkan update berita terbaru.. Saya sendiri mendapatkan email dari Pembantu Dekan (PD) III FISIP mengenai proses seleksi Beasiswa PPA ini.. Eh beberapa hari kemudian, saya juga menerima sms dari UT yang menginformasikan bahwa saya termasuk calon penerima Beasiswa PPA Tahun 2017, dan diminta untuk segera mengirimkan berkas.. Keren kan.. Kalau biasanya mahasiswa rebutan untuk dapat beasiswa, ini pihak kampus yang malah terus menawarkan.. Kurang baik apa UT ya.. hahaha..

Berikut adalah persyaratan Beasiswa PPA Tahun 2017 :
  1. Calon penerima adalah mahasiswa yang aktif jenjang Sarjana dan Diploma IV 
  2. Terbuka untuk seluruh mahasiswa (dalam dan luar negeri, guru dan non guru)
  3. IPK minimal 3,00 (FE, FISIP, dan FKIP) dengan beban studi minimal 15 sks per semester. Khusus FMIPA IPK minimal 2,75
  4. Mahasiswa paling rendah duduk pada semester III dan paling tinggi duduk pada semester VII
  5. Mahasiswa registrasi secara terus menerus tanpa paket/semester tertinggal sampai dengan semester berjalan
  6. Mahasiswa tidak pernah mengajukan alih kredit dan bukan mahasiswa AKPMM (FKIP)
  7. Tidak menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan yang bersumber dari APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya.   



 
 Pengumuman Seleksi Beasiswa PPA 2017 (p1)



 Pengumuman Seleksi Beasiswa PPA 2017 (p2)



Proses pendaftaran dan pengajuan berkas saya lakukan secara online di website SRO UT.. Setelah itu kita juga harus mengirimkan berkas fisik ke PD III masing2 Fakultas.. Berikut berkas2 yang harus di-upload dan dikirim :
  1. Fotokopi Kartu Mahasiswa
  2. Fotokopi bukti registrasi 2 semester terakhir
  3. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (jika ada)
  4. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan dari sumber APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya
  5. Draft rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan/Program Studi
  6. Fotokopi buku tabungan aktif atas nama mahasiswa yang bersangkutan.

Berkas2 yang diminta ga banyak kan.. Beberapa berkas malah hanya perlu di-download form-nya.. Prosesnya juga gampang banget.. Yang bikin deg2an itu adalah proses menunggu pengumuman hasil seleksi.. Dari awal bulan Mei, hasil seleksi baru diumumkan tanggal 25 Agustus.. Saya sebenarnya apply bareng adik saya.. Dia juga mendapatkan email dan sms dari UT.. Tapi ternyata yang lolos hanya saya.. Itu pun yang dari program studi Sastra Inggris UPBJJ Denpasar, hanya saya satu2nya yang dapat.. Biar fair, dibagi dua dong dengan adik tersayang saya.. hehehe.. 




Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa PPA Tahun 2017




Oh ya, proses pencairannya sendiri dalam waktu 1 bulan setelah pengumuman hasil seleksi dibuat.. Sudah lewat dari tanggal 25 September tapi dana belum masuk ke rekening saya.. Tanya ke UT Pusat katanya masih dalam proses.. Lihat2 di Twitter-nya UT, ternyata ada yang bernasib serupa.. Eh beberapa hari kemudian, dia ngabarin kalau dananya sudah masuk ke rekening dia.. Tambah panik dong.. Akhirnya beberapa hari yang lalu, dananya masuk juga ke rekening saya.. hehehe.. 


Jadi kesimpulannya, gampang banget kan untuk apply Beasiswa PPA ini.. Untuk tahun 2017 memang sudah ditutup, tapi tahun depan pasti akan dibuka lagi proses seleksinya.. Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Terbuka dan Kemristekdikti untuk dana beasiswanya.. ^_^



UPDATE 29 DEC 2017

Sepulang dari kantor, saya dikagetkan dengan sebuah notifikasi sms yang masuk ke ponsel saya.. Ternyata ada dana masuk ke rekening saya sebesar Rp 1.200.000,-.. Saya bingung dong, karena rekening bank tersebut hanya saya gunakan untuk payroll (gaji).. Telepon lah saya ke call centre bank ybs, pas menunggu tersambung ke operator, adik saya nyeletuk, jangan2 dari UT, karena kemarin pas apply beasiswa saya menggunakan rekening ini..

Saya pun langsung membuka website-nya UT dan ternyata di bagian pengumuman, ada tertulis Hasil Seleksi Beasiswa PPA Tahun 2017 Tahap II.. Setelah saya buka, ternyata ada penyaluran dana beasiswa ke mahasiswa yang lolos seleksi.. Nominal-nya sama persis dengan dana yang masuk ke rekening saya.. hahaha.. Keren ya UT.. Kemarin sudah dikasi 2,4jt, sekarang masih ditambahin lagi.. wkwkwk..

Bagi teman2 yang sekarang lagi kuliah di UT, jangan melewatkan kesempatan ini tahun depan ya.. Lumayan banget lho, apalagi prosesnya juga gampil.. hehehe.. Kuncinya hanya rajin2 buka website UT supaya tahu kapan ada bukaan beasiswa.. Selain itu, IPK juga harus setinggi mungkin ya.. Karena IPK pastinya yang akan menentukan saat proses seleksi.. Terima kasih UT untuk tambahan beasiswa-nya..  Lumayan, bisa dipakai untuk bayar SPP bulan Januari.. hehehe..


Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa PPA 2017 Tahap II




36 comments:

  1. hehe.. terima kasih utk masukannya.. saat ini blm kepikiran utk menulis ttg perpajakan.. ilmu saya msh belum seberapa.. hehe..

    ReplyDelete
  2. Kak mau nanya nih aq... itu minim ipk 3,00 dilihat dari mana ya? Apa gabungan semseter 1& 2 semisalnya skrg semster 3... atau hanya semster terakhir?. Soalnya do semster 1 aq ada E nya 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau IPK, dari semua semester.. paling gampang sih minta LKAM di UPBJJ.. hehehe..

      Delete
    2. LKAM bisa kita download sendiri secara online. Dari situ kita bisa tahu makul kita dari semester awal - akhir dan pastinya tahu IPK kita juga.

      Delete
  3. Daftar online nya itu file nya di upload scan an ya??

    ReplyDelete
  4. Daftar online nya itu file nya di upload scan an ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya juga gagal sis, berarti langsung ke upbjj aja gitu daftar nya? Padahal ipk saya tinggi, masak nggak memenuhi kriteria.. Hiks

      Delete
    3. Hai Nurmita, kalau untuk mengajukan beasiswa PPA memang harus secara online dan kemudian berkas dikirimkan langsung ke UT Pusat.. Untuk IPK tinggi tidak menjamin juga, karena kuota yang terbatas dan jumlah mahasiswa yang sangat banyak di seluruh Indonesia..

      Delete
  5. Halo kak.. mau tanya, kalau untuk beasiswa PPA 2018 kakak dapat lg engga? Soalnya saya semester kemarin dapet, tahap I dan tahap II. Tapi sekarang katanya saya nggak memenuhi syarat. Padahal IPK dan syarat lainnya udh terpenuhi kak. Kenapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy dpt tahap 1 dan 2 saja.. stlh itu tdk mengajukan lg.. mgkn diprioritaskan utk yg blm pernah mendapat beasiswa..

      Delete
    2. Iya nih sama, sy juga dapet yg 2017, trus tahun ini sy buka sro.ut terus masukin NIM, katanya sy g memenuhi syarat pdhl ipk dan jumlah sks udah sesuai persyaratan

      Delete
    3. Setahu saya ada 5 point persyaratan, tdk hanya ipk dan jmlh sks.. msl mahasiswa di sem 3-7 dan tdk menerima beasiswa / bantuan dana.. mgkn krn sdh menerima di thn 2017, jd gugur di point ini.. mgkn bs dicoba di pembukaan beasiswa thn berikutnya..

      Delete
  6. mau nanya.memangnya IPK mbak berapa?buat patokan biar bisa pula dapat beasiswa,trus tahap 1 dan 2 itu apakah dua kali pengusulan atau pengusulan pertama saja?trims..mohon dijwab ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPK saya 3.85.. utk tahap 2 tdk perlu pengusulan lg.. kalau msh memenuhi syarat, dan lsg ditransfer ke rek msg2 mahasiswa..

      Delete
  7. Mmm dah lemah duluan kalo yg nerima beasiswa pasti ipknya tinggi², apa daya yg baru nyampe 3.28

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat beasiswa kan IPK di atas 3,00.. Jadi selama di atas 3,00 boleh mengajukan.. Lagian masing-masing fakultas dan prodi pasti mendapatkan kuota masing-masing.. Jadi dicoba saja untuk apply beasiswa..

      Delete
  8. Dari dlu pgn nyoba beasiswa ppa ini tapi gajadi trus krna kbru abis tenggat wakt ckxk

    Kemarin UAS itu smster 7, nah 2019.2 ini smster 8 masih bisa ikut ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu persyaratannya maks semester 7 Mbak..

      Delete
  9. Untuk persyaratan beasiswa PPA itu apa diwajibkan juga melampirkan surat keterangan penghasilan ortu & surat keterangan tidak mampu?

    ReplyDelete
  10. Ka, maaf mw tny utk persyaratan pengajuan beasiswa kan ada syarat dapat surat rekomendasi dari dekan, nah utk dpt surat itu apakah kita datang ke kantor ut atau bisa pengajuan ke dekan via email y ka? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat rekomdendasi dekan itu ada formatnya kok.. kita tinggal isi dengan identitas kita saja.. tdk perlu pengajuan lg.. kemarin saya hanya perlu upload di web dan mengirim doc fisik ke UT pusat.. utk periode skrg, sy kurang tahu apakah hanya perlu upload di web atau msh hrs mengirim doc fisik..

      Delete
  11. ka, kalo boleh tau waktu itu ipk nya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga salah sekitar 3,8..

      Delete
    2. Ka kalo misal bayar regist ssblm dana beasiswa cair, krna lama nunggu, jd byr dlu spya cpt spt modul dan bsa bljr.
      Apakah dana beasiswa akan ttp cair atau dprsulit ???

      Delete
    3. Jangan menunggu dana beasiswa cair baru registrasi.. Takutnya malah telat registrasi nanti.. Kalau memang sudah menjadi salah satu penerima beasiswa, dananya pasti akan cair kok..

      Delete
  12. kak, saya belum ikut OSMB, kira-kira pengaruh ngga ke proses seleksi beasiswa PPA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak berpengaruh, krn sy jg tdk ikut OSMB wktu itu.. hehehe

      Delete
  13. kak mau tanya, itu dananya bisa dipake buat keperluan lain atau hanya untuk bayar kuliah saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dananya itu masuk ke rekening masing2 mba.. jd pihak UT tdk bisa tracing atau membatasi dananya dipakai apa sj oleh mahasiswa ybs.. tp krn kita hrs byr uang kuliah setiap semester, pasti ujung2nya bakalan dipakai utk byr kuliah jg.. hehehe..

      Delete
  14. Kak kalo ngga dapet sms dari UT apakah masih bisa daftar jadi penerima beasiswa ppa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya bisa di-check di menu yang disediakan di web UT.. ketika kita masukkan NIM, akan kelihatan apakah bisa mendaftar atau tidak..

      Delete