Thursday, November 12, 2015

Penang & KL Trip ~ Part 3 ~ One Fine Evening @ Gurney Drive

Tidur dan istirahat beberapa jam cukup membuat kami fresh dan semangat lagi untuk meng-explore GeorgeTown (Penang).. Cuma karena keasikan berlayar ke pulau kapuk, kami ga sadar kalau hari sudah sore aja.. Apalagi ditambah Penang yang gelap nya itu rada malam, beda dengan di Bali.. Di Penang itu jam 6 pagi masih gelap gulita, di Bali mah sudah terang aja.. Begitu juga sebaliknya, di Penang gelapnya itu baru sekitar jam 7an.. Jadi kami pun baru keluar dari hotel sekitar pukul 6.30 pm.. Rencana ke Straits Quay dengan berat hati akhirnya dibatalkan.. Sedih sih, gagal jadinya foto2 kece dengan latar belakang pelabuhan dan yacht2 nya itu.. Tapi dari awal saya memang rada ragu mau ke Straits Quay ini.. Pertama masalah transportasi.. Menurut yang saya baca, bisa sih naik BRP 102 atau 103, cuma tetep harus jalan kaki lagi.. Saya juga takut kehabisan waktu, karena masih harus ke Gurney Drive.. Yang ketiga, di saat jerebu lagi parah2nya seperti ini, pergi ke pantai atau pinggir laut itu kayaknya kurang pas.. Pagi hari nya pas kami naik bus dari airport menuju Komtar, kami melewati daerah Queensbay Mall.. Queensbay Mall ini adalah mall yang terletak di pinggir laut (pantai), nah tadi itu air nya itu sama sekali ga kelihatan karena ketutup jerebu (asap).. Ga tau deh kalau di Straits Quay apa seperti itu juga atau ga..

Karena batal ke Straits Quay, akhirnya kami beralih ke agenda selanjutnya, yaitu menghabiskan malam kami di Persiaran Gurney atau Gurney Drive.. Gurney Drive adalah suatu daerah di pinggir pantai, bahasa kerennya sih seafront promenade yang terkenal banget di Penang.. Di Gurney Drive ada 2 shopping malls besar, yaitu Plaza Gurney dan Gurney Paragon.. Selain shopping malls, di sini juga terdapat hotel2 berbintang seperti G Hotel, Evergreen Laurel Hotel, dll, serta tempat makan yang terkenal bagi tourist2, Gurney Drive Hawker Centre..

Intersection At Komtar

Dari Hotel Neo+ Penanh kami berjalan kaki menuju Komtar Bus Terminal setelah sebelumnya mampir ke Bee Cheng Hiang (lagi).. hahaha.. Untuk mencapai Gurney Drive, dari Komtar bisa naik BRP 101, 102, dan 103.. Nanti turunnya persis di belakang Plaza Gurney.. Untuk mau ke daerah pinggir pantai nya, bisa masuk dulu ke Plaza Gurney, nanti cari pintu keluar yang di bagian depan Plaza Gurney nya.. Tapi sebelum ke Gurney Drive, kami ingin mampir dulu ke Penang Adventist Hospital.. Tenang, kami bukan mau berobat kok.. Kami hanya mau mampir ke bakery yang berada di dalam rumah sakit tersebut.. wkwkwk.. Awalnya kami ingin naik BRP 101, tapi ditolak oleh supir bus ketika kami menyebutkan tujuan kami Penang Adventist Hospital, kata pakcik supir nya suruh nunggu yang BRP 103.. Dan ternyata nunggu BRP 103 ini lumayan lama.. Kayaknya lebih dari 30 menit kami harus menunggu.. Untuk ke Penang Adventist Hospital, harga tiket bus yang harus dibayar adalah RM 1.40 per orangnya.. Perjalanan ke Penang Adventist Hospital ditempuh selama kurang lebih 15 menit.. BRP 103 yang kami naiki akhirnya berhenti persis di depan GeorgeTown City Hotel yang terletak di seberang Penang Adventist Hospital.. Penang Adventist Hospital sendiri terletak di Jalan Burma dan hanya berjarak beberapa ratus meter dari Gurney Drive.. Rumah sakit ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia.. Pasien yang berobat kesana pun mayoritas dari Indonesia.. Om saya dulu bahkan sempat operasi bypass jantung di rumah sakit ini dan papa saya sempat menemani om saya saat itu.. Papa saya juga yang cerita kalau roti2 nya Adventist Bakery itu enak2, dan ada gereja Katolik juga di dekat sana..

Penang Adventist Hospital

Akhirnya kesampaian juga saya membaca langsung tagline nya Penang Adventist Hospital "God Heals, We Help".. Simple words sih, cuma mengena banget bagi saya.. hehe.. Adventist Bakery adalah bakery yang dikelola oleh Penang Adventist Hospital dan produk mereka pastinya healthy but still yummy, mengingat pada awalnya bakery ini memang ditujukan untuk menyediakan makanan sehat bagi pasien2 di Penang Adventist Hospital (read more : here).. Cuma karena udah kesorean, roti2 nya udah ga selengkap kalau pagi atau siang.. Baca review orang, katanya yang recommended adalah cinnamon rolls nya.. Cuma pas saya sampai sana, cinnamon rolls nya dijual per box gitu, isinya 4 pcs.. Karena ga doyan cinnamon, saya akhirnya ga jadi beli, keputusan yang saya sesali sekarang.. hiks.. Saya akhirnya cuma beli beberapa roti seperti Wholemeal Pizza dan Sprouted Wheat Pao.. Walaupun roti nya berkategori "sehat" tapi ternyata rasanya memang bener2 enak.. Selain roti2, disana juga dijual aneka cake dan ada bagian groceries nya juga.. Sama seperti bakery nya, yang dijual di sini adalah groceries yang sehat2.. Kemarin papa saya beli semacam mixed beans, fat free yogurt, dan beet root biscuit..

Adventist Bakery

Dari Adventist Bakery kami melanjutkan ke arah samping GeorgeTown City Hotel, dan persis di pertigaan Lorong Maktab, terdapat sebuah gereja Katolik, Church of The Immaculate Conception.. Sebenarnya kami ingin ikut misa harian di gereja ini, tapi sayang setiap hari rabu, misa harian nya dilaksanakan pagi hari pukul 07.00.. Jadi kami hanya foto2 dari luar saja, bahkan pintu pagarnya pun tertutup kemarin.. Kami kemudian kembali menyusuri Lorong Maktab, sekitar 200 meter kemudian, kami sampai di perempatan Jalan Kelawai.. Dari perempatan atau intersection ini langsung kelihatan kok Plaza Gurney yang ada di sebelah kiri, dan G Hotel serta Gurney Paragon yang ada di sebelah kanan.. Dekat banget ternyata dari Penang Adventist Hospital..

Church of The Immaculate Conception

Plaza Gurney

Gurney Paragon

Untuk efisiensi waktu, kami hanya mengunjungi Plaza Gurney.. Saya sempat browsing store directory nya Gurney Paragon, toko2 nya tidak sebanyak  dan selengkap Plaza Gurney.. Plaza Gurney ternyata nesar juga, kami sampai nyasar ketika berusaha menemukan toko2 incaran kami, seperti Hang Ten, Etude House, Fipper, Uniqlo, dll.. Yang paling seru adalah nyariin Etude House.. Kami sampai nyasar ke tempat parkir yang gelap, keliling dari ujung ke ujung, nanya orang pun ga ada yang tahu.. Sampai akhirnya ada seorang cewek yang ngeh juga apa itu Etude House.. hahaha.. Nemu store nya, ternyata ga ada diskon sama sekali.. Sedihnya, akhirnya ga jadi beli deh.. Masih berharap kalau2 di KL ada yang discount.. hehehe.. Outlet Hang Ten nya sendiri lumayan besar di Plaza Gurney ini, walaupun barang nya ga terlalu banyak pilihan nya.. Kemarin ada promo buy 1 get 1 free, jadi lumayanlah.. hehehe..

Hang Ten @ Plaza Gurney

Agak lama kami menghabiskan waktu di Plaza Gurney ini.. Sempat cicip2 juga, apalagi di lantai bawah nya Plaza Gurney, itu 1 lantai isinya penjual makanan semua (dekat Cold Storage).. Beberapa yang sempat kami cobain antara lain, New Zealand Natural. Ini nih karena saya kehausan dan biar dapat tempat duduk.. Cuma beli Melon Spring Time (RM 9.90) dan Mineral Water (RM 2).. Sempat nyobain minuman yang dicampur vinegar, namanya VinegPlus.. Jadi minuman nya itu kayak juice yang dicampur dengan vinegar atau cuka.. Nah kalau kita tahunya cuka kan palingan cuka apel, ini cuka nya macam2.. Ada cranberry, nanas, anggur, lemon, dan masih banyak lagi.. Kemarin saya nyobain yang VinegJoy Mango dan VinegJoy Red Dragon Fruit (RM 10.50 - promo buy 1 get 1 free).. Semacam juice mangga dan juice buah naga merah yang dicampur dengan cuka.. Kemarin dijelasin sih cuka nya itu cuka yang jenis apa, tapi saya lupa.. hahaha.. Masing2 jenis cuka juga ada manfaatnya yang berbeda2.. Saya itu doyan banget sama minuman yang kecut2, cuma VinegJoy nya ini terlalu kecut (namanya juga pakai vinegar, wkwk).. Jadi kami ga sanggup menghabiskannya, entar yang ada malah maag nya kumat semua.. wkwkwk.. Dari VinegPlus kami lanjut dan berhenti di counter nya di Ocean Sushi.. Yang ini sih ga sengaja saya temukan di Instgram.. Ada orang yang upload photo nya Ocean Sushi.. Siapa yang ga ngiler sih lihat jejeran sushi di display begitu.. Apalagi sushi nya itu varians nya banyak banget.. Harga per potongnya pun masih reasonable, antara RM 1 - 2.60.. Saya dan adik saya beli beberapa potong sushi untuk dimakan di hotel, ternyata rasanya enak banget..

VinegPlus @ Plaza Gurney

Ocean Sushi @ Plaza Gurney

Great Selection of Sushi

Kelar belanja, masih ada 1 things to do sebelum kami ke hotel.. Ke Gurney Drive, tapi ga mampir ke Gurney Drive Hawker Centre itu rasanya seperti ada yang kurang.. Gurney Drive Hawker Centre sendiri berlokasi tepat di sebelah Plaza Gurney.. Jadi tinggal cari pintu keluar nya Plaza Gurney yang menghadap pantai, kemudian jalan ke arah kiri.. Ga sampai 5 menit, sampailah kami di suatu kompleks makanan yang ternyata ga gede2 amat tapi ramai banget..

Gurney Drive At Night

On Our Way To Gurney Drive Hawker Centre

Gurney Drive Hawker Centre

Saya sempat mengelilingi Gurney Drive Hawker Centre ini, penjual nya sih ga terlalu banyak, dan ada beberapa stalls yang tutup, termasuk stall nya Pasembur.. T_T Karena ini dinner pertama kami di Penang, tentunya saya mencari beberapa makanan khas Penang yang biasanya cuma saya pandangi di Instagram orang sambil ngiler.. hahaha.. Ada 1 penjual Oyster Omelette (di sebelah kiri) yang lumayan ramai.. Saya pesan yang porsi medium seharga RM 15.. Oyster Omelette nya bukan yang terenak yang pernah saya makan, tapi masih okelah dibandingin pesanan kami yang lainnya.. Papa saya pesan Rojak, yang mahal dan ga enak sama sekali.. Adik saya pesan Sotong Kangkung, yang ternyata rasanya lebih parah daripada si Rojak.. Kami cuma bisa meratapi pesanan kami yang tidak sesuai ekspektasi.. Belum habis rasa kecewa kami, muncul lah uncle "preman" yang memaksa kami pesan minum di stall nya.. Lha memang nya ada ketentuan seperti itu ya.. Padahal di meja kami ga ada keterangan milik stall yang mana (karena ada meja yang memang khusus ditempel no dan nama stall tertentu).. Kami sendiri padahal sudah pesan minum di stall yang ga jauh dari tempat kami duduk.. Kami sampai 2 kali di datangin uncle tersebut, tetep dipaksa pesan minum.. Selera makan kami langsung hilang, dan kami buru2 cabut dari sana.. Ternyata benar sih yang di review beberapa orang.. Gurney Drive Hawker Centre sudah ga seenak dulu, sudah jadi tempat tourists, ga heran harganya pun ikut naik.. Sangat2 tidak recommended.. Apalagi di tambah adanya "preman" seperti itu, hmm ogah balik ke sana.. hahaha.. Untung saja di Penang saya jarang merasa kelaparan, yang ada itu haus melulu.. Jadi walaupun kami berempat hanya makan 1 piring Oyster Omelette, beberapa potong Rojak dan Sotong Kangkung, plus Soya Bean Milk & Liang Teh, kami sudah merasa kenyang dan memutuskan untuk pulang..

Soya Bean Milk & Liang Teh (@ RM 1.50)

Oyster Omelette (RM 15)

Rojak (RM 9)

Sotong Kangkung (RM 9)

Untuk kembali ke Komtar, kami menunggu BRP (Bus Rapid Penang) di belakang Plaza Gurney, tempat kami datang pertama kali (Jalan Kelawai).. Ternyata untuk kembali ke Komtar, tidak bisa naik BRP 101, 102, dan 103 seperti yang dibilang orang2.. Hanya bisa naik BRP 103.. Sama seperti keberangkatan kami, BRP 103 malam itu datangnya juga lama banget.. Akhirnya setelah menunggu lebih dari 30 menit, bus "incaran" kami akhirnya datang juga.. Karena hotel kami di Jalan Gurdwara, maka kami tidak turun di Komtar, tapi kami turun di Jalan Macalister, persis di seberang New Lane / Lorong Baru.. Dari situ kami hanya perlu menyebrang ke arah Gama Supermarket dan Jalan Gurdwara, dekat kok, ga sampai 5 menit.. Ketika turun dari bus, saya sempat mengintip ke New Lane, yang kalau mulai sore hari berubah menjadi tempat makan.. Seperti info yang saya dapatkan, New Lane saat itu sepi dan gelap, karena setiap Rabu, New Lane Hawker Centre memang tutup.. That's why dalam itinerary saya, New Lane Hawker Centre akan kami kunjungi keesokan hari..

Jalan Kelawai At Night (yang lampunya ungu itu G Hotel)

Jalan Gurdwara saat malam hari ternyata tidak gelap2 amat, masih ramai dan ada beberapa tempat makan yang masih buka juga.. Mengingat itinerary besok yang lumayan padat, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat..

Hotel Neo+ At Night

To Be Continued..

1. nice info mbak. kebetulan saya juga mau ke penang. kalau bis tidak ada yang langsung ke tepi pantainya ya? saya juga menginap di dekat komtar. tq

1. Hi Adi.. setahu sy tidak ada bus yang langsung menuju ke tepi pantai Gurney Drive.. kemarin saya lihat ada 1 bus stop, tp untuk Bus Hop On Hop Off, bukan Bus Rapid Penang.. Saran saya bisa naik di dekat intersection Jalan Kelawai atau paling gampang sih di belakang Plaza Gurney.. masuknya ntar lewat mall nya, adem dan bisa cuci mata sekalian.. wkwkwk..