Wednesday, February 12, 2020

Surabaya Edition ~ Bakwan Kapasari



Siapa yang tidak kenal dengan salah satu makanan iconic dari kota Surabaya ini.. Saya sendiri sudah belasan tahun kayaknya tidak makan bakwan yang satu ini.. hahaha.. Apalagi akhir-akhir ini saya sering mendengar bahwa harganya sudah semakin mahal, bahkan masuk kategori sangat mahal.. Awalnya, saya tidak kepikiran sama sekali untuk mampir ke Bakwan Kapasari ini.. Tapi ternyata saya memilih hotel yang lokasinya hanya selang beberapa ratus meter dari Bakwan Kapasari di Jalan Mayjend Sungkono.. Beberapa kali lewat di depannya, akhirnya tergoda juga untuk mampir.. hahaha..



Saya tiba di Bakwan Kapasari sekitar pukul 19.45.. Kondisi resto masih sangat ramai.. Meja kosong ada sih, tapi semuanya dalam kondisi belum dibersihkan, alias piring kotor bekas customer sebelumnya masih menumpuk di atas meja.. Okelah, saya dan keluarga akhirnya membersihkan sendiri meja yang kami duduki.. Piring kotor kami pindahkan ke meja sebelahnya dan mejanya kami lap pakai tissue basah dan tissue kering yang kami bawa.. Anehnya, tidak ada satupun karyawan atau staff resto yang berinisiatif membantu membersihkan.. Mereka sibuk dengan urusannya sendiri.. Atau lebih tepatnya asyik cekikikan dan bercanda gitu.. Saya dan adik saya pun bergegas ke kasir untuk memesan.. Mungkin karena sudah kemalaman, jadi hanya tersisa beberapa jenis bakwan yang bisa dipesan.. Pilihannya hanya ada Bakwan Halus, Bakwan Kasar, Siomay Goreng, dan Usus Isi.. Nasi Putih pun kata mbak kasirnya harus menunggu.. Urusan pesan memesan selesai, ternyata kami masih harus diuji kesabarannya lagi.. Kami menunggu sekitar 30 menit sebelum pesanan kami akhirnya jadi.. Padahal ini bakwan lho, bukan masakan yang logikanya memerlukan waktu yang lebih lama.. 









Pertama kali melihat bakwannya, papa saya langsung nanya ke mbak-nya, kok tidak ada daun bawangnya, dijawablah dengan ketus sama si mbak, katanya daun bawangnya habis.. Saya memesan empat mangkok bakwan, dan oleh mbak yang sama, kami hanya diberikan 2 porsi sambal + saus.. Saya komplain lah, dijawab lagi dengan ketusnya, “sebentar ya”.. Duh saking sudah bayar dan mahal pula, kalau tidak, mungkin sudah saya tinggal pergi.. 

Let’s talk about the food.. Si bakwan, mungkin karena tidak ada daun bawangnya, jadi kuahnya itu rada amis.. Beneran amis khas daging gitu, padahal saya lho karnivora sejati alias penggemar daging-dagingan.. hehehe.. Saya sampai harus mencampur kuahnya dengan sambal dan saus yang banyak untuk mengkoreksi rasa kuahnya.. Untuk bakwannya, memang enak sih..Terutama Bakwan Kasarnya.. Dagingnya beneran terasa banget dan teksturnya juga enak.. Honestly, untuk harganya yang 10k per biji, menurut saya masih okelah, secara ukurannya juga besar dan memang full daging.. Yang paling terkenal dari Bakwan Kapasari adalah Usus Isi-nya.. Favorit saya Usus Isi Gorengnya.. Sebiji dibandrol seharga 17k.. Siomay Goreng-nya enak juga walaupun tetap yang juara adalah Bakwan Kasar dan Usus Isi-nya..
 

Bakwan Halus & Bakwan Kasar (@10k)


Usus Isi Goreng (17k) & Siomay Goreng (11k)




Anyway, untuk 4 porsi bakwan tanpa nasi, total bill yang harus saya bayar sekitar 380k.. Worth it atau tidak, kembali ke pribadi masing-masing.. Tapi prinsip saya, harga mahal tidak apa-apa asalkan sebanding dengan rasa, kualitas, dan service-nya.. Sayangnya service di sini payah banget dan akhirnya mengalahkan kenikmatan bakwan-nya.. Saya lebih memilih makan bakwan lain yang mungkin tidak seenak Bakwan Kapasari, tetapi mendapatkan pelayanan yang lebih baik.. So I guess ini adalah terakhir kalinya saya mampir ke Bakwan Kapasari..  



Bakwan Kapasari Mayjend Sungkono
Jl. Mayjend Sungkono No 23
Surabaya
Phone  :  031 5681291
Opening Hours  :  09.30  -  21.00
Other branches  : 
Pasar Atom Tahap V, Surabaya
Ruko RMI Blok C No 5-6 Jl. Ngagel Jaya Selatan, Surabaya


Taste  :  ✮✮✮
Price  : 
Service  : 
Place  :  ✮✮
Recommended  :  Bakwan Kasar, Usus Isi Goreng, etc

2 comments:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. setuju.. seenak2nya bakwan kapasari, msh banyak bakwan lain yg juga enak dan harganya lebih manusiawi.. hehehe..

    ReplyDelete