Friday, February 24, 2012

Medical Check Up


Kali ini saya mau share pengalaman saya medical check-up untuk tes masuk sebuah perusahaan.. Perusahaan nya ga usah disebutin ya, pokoknya bergerak dalam bidang farmasi.. Jadi untuk masuk ke perusahaan ini, calon karyawan harus mengikuti 4 tahapan test, yaitu interview supervisor, interview kepala cabang, psikotes, dan tes kesehatan.. Berhubung saya udah lolos 3 tahap pertama, maka tahap selanjutnya dan yg terakhir adalah tes kesehatan..

Jujur ini yg pertama kali nya bagi saya, dulu2 ngelamar kerja di tempat lain, palingan sampai psikotest aja, ga ada tes kesehatan nya.. Makin dipikirin, makin stress aja.. Akhirnya memutuskan untuk browsing2 di internet, dimana akhirnya saya nemu satu thread di kaskus yg menurut saya berguna banget bagi kita2 yg mau tes kesehatan..

link : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8228367

di thread ini ada info tentang tahap2 medical check up, tips2, dan bisa konsultasi jg.. pokoknya informatif banget..

Satu hal yg paling saya takuti adalah masalah buka2an.. Soalnya saya baca, ada yg sampe disuruh buka2an dan dipencet sana sini.. Dipikirin aja udah bikin merinding.. hiiiii

Kalau di perusahaan saya ini, sebelum ke lab, harus ke dokter umum dulu.. Dokter umum nya udah ditunjuk dari perusahaan.. Di sini saya di check tensi, berat dan tinggi (cuma ditanya doang, dokter nya ga punya timbangan), mata, telinga, dan tes buta warna.. Selanjutnya saya dikasih surat pengantar untuk ke lab.. Lab yg ditunjuk perusahaan adalah Nikki Medika di Jl. Gatot Subroto.. Sama dokter nya sih disuruh langsung ke lab, tapi berhubung sudah jam 8 malam, saya putusin besok pagi2 aja..


 from google

Keesokan pagi nya, saya datang ke Nikki Medika.. Semalem nya saya udah ga bisa tidur nyenyak.. Nervous banget.. Setelah registrasi, pertama2 saya disuruh ambil sampel urine.. Untung aja sebelum nya saya udah minum banyak banget, jd pas ngambil sampel, lancar.. hehehehe.. Selanjutnya, ngambil sampel darah.. Ini yg bagian paling sakit.. Biasanya kalau test2 biasa di Prodia atau tempat lain, ga terlalu sakit, yg kali ini sakit banget.. Udah gitu, darah nya diambil banyak banget, sampe 2 tabung.. Efeknya sampai malem nya masih sakit.. Ini udah 2 hari, masih aja bekas jarum nya agak bengkak..

Next adalah rontgen dada.. Kalau cewek seperti saya, maka harus ganti baju ke baju khusus, dan semua perhiasan di lepas.. Dan ternyata itu aja test nya.. Kirain ada buka2an, bahkan ga pake puasa2an segala.. Ternyata test segini, biaya nya 545.000.. Mihil jg ya.. hehehe..

Saran untuk yg mau medical check up :
1. Tenang dan jangan nervous.. Kalau nervous yang ada malah mempengaruhi hasil test, yang paling sering tensi pasti langsung naik..
2. Kalau sudah tahu jauh hari mau tes kesehatan, persiapkan diri baik2.. Kalau ada penyakit, langsung minum obat.. Misalnya punya gejala hipertensi, mending beli obat dulu.. Minum selama seminggu sebelum tes, jadi waktu tes, tekanan nya bisa normal..
3. Perbaiki pola makan dan mulai berolahraga.. Nanti setelah medical check up, baru kembali ke normal lg (saran jelek, jangan diikutin, hehehe)
4. Sebaiknya medical check up pagi2 aja.. Karena pagi itu kondisi badan kita lg bagus2 nya, dibandingkan waktu malam hari..
5. Malam sebelum medical check up, tidur lebih awal, jangan begadang, karena pasti tensi akan naik..




No comments:

Post a Comment