Friday, February 10, 2012

Nasi Jenggo


Kalau di Jawa Tengah, ada yang namanya Sego Kucing, nah di Bali ada saingan nya, Nasi Jenggo.. Sama2 porsi nya kecil dan yang pasti murah meriah.. Ga tau kenapa namanya Nasi Jenggo.. Ada yang bilang Jenggo, itu asalnya dari Jango, yg katanya karena dulu orang2 gaya nya mirip cowboy Wild West.. Ada jg yang bilang Jenggo itu dari kata Ceng-Go (bahasa Hokkian) yg artinya 1.500.. Tapi dulu harga nya ga 1.500, sempat 1.000, bahkan jaman dodol bs kurang dari 1.000 per bungkus..

Yang jelas, Nasi Jenggo ini seakan penyelamat bagi orang2 yg baru pulang or kelayapan malem2.. Hampir di setiap jalan2 utama pasti aja ada yg jual, tapi ga semua nya enak.. Bahkan ada Nasi Jenggo yang dibuat oleh orang Jawa, jadi lebih mirip nasi campur Jawa.. Harganya jg bervariasi, ada yg 2.000, 2.500, dan 3.000.

Kalau ditanya, nasi jenggo yg paling terkenal, jawaban nya adalah Nasi Jenggo yg di Gajah Mada.. Yang paling terkenal lho, dan memang dulu nya yg paling enak.. Yes, dulu.. Dulu itu, Nasi Jenggo nya Gajah Mada, ga terkalahkan.. Nasi nya pulen, sambal dan ayam/sapi nya jg enak.. Dan sekarang ini, jujur males beli di Gajah Mada.. Udah jauh dari rumah saya, isi nya jg ga standard.. Kadang ada yg sambel nya sedikit, terus paling ga enaknya, ayam nya itu dikasik tulang2 yang ga jelas gitu.. Mulai dari leher, sampai ke bagian yg ga jelas.. Dan bener2 tulang belulas, alias ga ada daging nya..

Akhirnya, nyoba sana sini.. Apalagi waktu itu saya lg kuliah yg pulang nya jam 10.30 malem.. Jadi main nyoba2 aja, hari ini nyoba di sini, besok nyoba di tempat lain.. Akhirnya nemu Nasi Jenggo yang enak.. Pedagang nya sih ga meyakinkan.. Tapi begitu dicoba, hmm langsung ketagihan.. Dan Nasi Jenggo ini hebatnya tahan sampai besoknya.. Pernah saya makan besok siang nya, ga rusak lho, bahkan sampai sambel nya, masih sama rasa nya.. Hebat ya.. Akhirnya, Nasi Jenggo ini sering saya jadiin oleh2.. Pernah di paket ke Malang., dan di naikin ke pesawat berkali2.. hehehehe..

Nasi Jenggo ini letaknya ada di Jl. Waturenggong, pas di depan pertigaan Waturenggong - Tukad Irawadi.. Dan lagi satu di sbelah kiri pompa bensin Jl Tukad Pakerisan.. Nasinya yang buat 1 orang kok.. Saya sih udah tahu rumah nya, kalau beli banyak, tinggal ngambil di rumah nya.. Banyak jg yang beli, kemudian dijual lg.. Nasi Jenggo ini harga nya 3.000, tapi daging, sambal, dan pendamping lainnya jauh lebih banyak dari yg di Gajah Mada.. Pilihan nya ada 2, Nasi Jenggo Ayam atau Nasi Jenggo Sapi.. 


  nasi segini cuma 3.000 IDR


 look at the sambal
papa saya yg strict ga mau makan malam2, kalau liat nasi jenggo ini, pasti ga bs nahan

 yang semat warna merah, means Nasi Jenggo Sapi



Sekedar info, kata teman2 saya, ada jg Nasi Jenggo yg enak, letaknya di Jalan Setia Budi, jualan nya di depan Pet Shop.. Saya sendiri belum nyobain, jauh.. hehehehe..



4 comments:

  1. Woow...menggoda perut, tuh
    sayang saya tdk di Bali :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg ikutan ngiler krn ngebayangin nasi jenggo nya.. ^_^

      Delete
  2. mba, nasi jinggo yang enak tu deket toko yang jual majalah yah?
    sering lewat tpi blom pernah nyoba.

    klo faforit ku di thamrin, he,he,he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. sy blm pernah nyoba yg di thamrin..

      Delete