Wednesday, February 15, 2012

Road Trip : From Bali To East Java


Hai2 smua..

I hope you all still enjoy reading my blog.. lol..

Kali ini saya mau review tentang pengalaman road trip saya ke Malang & Surabaya.. Jujur saya, kalau disuruh milih naik pesawat or naik mobil alias road trip, dilema banget.. Kalau naik pesawat, enaknya praktis, cepet nyampe nya.. Tapi ya gitu, sampe tujuan ga bebas, dan boros di biaya taksi.. Kalau naik mobil, lebih lama di jalan, pa*tat tepos alias flat bottom (hehehe), tapi seru karena bareng keluarga dan sampai tujuan bisa keliling2 sepuas hati.. 

Kebetulan kalau lg liburan, saya biasanya selain ke Surabaya, pasti ke Malang juga.. Jadi enakan bawa mobil.. As we already know, kalau mau nyebrang ke Jawa, pasti lewat Pelabuhan Gilimanuk di Negara, dan nyebrang ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.. Untuk menuju ke Gilimanuk, perlu waktu sekitar 3-4 jam, tergantung kondisi lalu lintas dan kecepatan si driver..

Untung dari 4 orang di keluarga saya, 3 orang bisa nyetir, minus si mami.. hehehe.. Jadi bs giliran nyetir nya.. Tapi saya paling ga suka kalau disuruh nyetir di Bali, jalan nya belok2, naik turun jurang lagi.. Saya mah lebih suka disuruh nyetir di Jawa, biar pun jalanan ramai, tapi ga bosen dan ga pakai naik turun..

Biasanya saya dan keluarga memilih berangkat dari rumah, sekitar jam 3an, subuh2.. Jadi ketika di Gilimanuk, lagi sunrise, dan pemandangan dari kapal ferry pastinya bagus banget.. Dan jalanan waktu jam segini, sepi banget, penyebrangan jg sepi, dijamin pasti langsung masuk ferry, ga pake antre segala.. Di Bali sendiri, kita ga pernah mampir2, jadi jalan aja terus.. Habis ga ada yg menarik sih.. Sepanjang perjalanan, yg bisa dijadikan objek wisata, palingan cuma Pantai Soka dan Pantai Medewi..

Harga tiket penyebrangan yang saya tahu terakhir kali adalah IDR 16.000 untuk motor dan IDR 114.000 untuk mobil.. Naik ferry ini jg untung2an.. Kadang dapet ferry yg bagus, kadang dpt yg jelek.. Pernah saya dapet ferry yg bagus dan bersih, ruang penumpang nya full AC dan ada sofa2 nya.. Ditambah pakai lagu dan announcement kayak di airport aja.. Tapi sayang nya, berkali2 nyebrang Bali-Jawa-Bali, baru sekali doang dapet yg beginian.. hehehehe..

Lama penyebrangan sekitar 45 menit, bisa lebih jg kalau cuaca lg jelek or ngantre sama kapal2 lain.. Kalau saya di kapal, lebih milih tidur di mobil, ga kuat kalau kena ombak, yg ada malah muntah2..




















Keluar ferry dan Pelabuhan Ketapang itu amazing banget rasanya.. Atmosfer nya langsung beda.. hahahaha.. Pasti langsung semangat dan pengen2 sampai tujuan.. Kalau di Jawa ini, sepanjang perjalanan banyak banget tempat wisata yang bisa dikunjungi, beda sama di Bali.. Tempat makan jg banyak banget.. Favorit kita untuk tempat makan adalah di Asembagus sama di Tongas.. Pas aja jam nya, Asembagus untuk breakfast, dan Tongas untuk lunch.. Di Asembagus, tempat favorit kita adalah Rumah Makan Srikandi (Jl. Raya 570 Asembagus, Situbondo Telp. 0338-5558188), ini deket2 pasar kayaknya, kalau dari Bali di kanan jalan.. Tempat makan nya bersih dan enak2 smua.. Biasanya kita jg beli macem2 kue untuk bekal selama perjalanan.. Biasanya saya makan Nasi Rames dan Bakwan - Siomay nya juga mantap tuh...

Biasanya habis dari Asembagus ini, giliran saya yg nyetir sampai Tongas.. Lumayan jg.. Tapi jangan harap saya mau nyetir waktu balik ke Bali, udah lemes aja bawaan nya.. hehehehe.. Oh ya, dulu waktu sy kecil, dan harus ke Surabaya, saya biasanya naik bus BMW (kantor nya di depan Mall Bali Galeria, sebelah BMC).. Jadi ini konsepnya bus tapi dgn layanan seperti travel.. Ada anter jemput nya, kemudian bus nya itu susunan duduk nya 1-2, jadi kursi nya besar, empuk, dan ada tempat untuk naruh kaki.. Ada pramugari nya jg, dan dpt fasilitas snack 2x, tea/coffee, dan makan.. Dulu sih ada yg jalan pagi dan malam.. Kalau skrg kayaknya masih jalan, cuma yg malem.. Harga nya terakhir nanya 225.000, kadang malah murahan tiket pesawat nya.. heheehe.. Nah kalau di jalan pagi dgn BMW, berhenti makan nya di Pasir Putih.. Dan disini saya suka beli accesorries dari kerang yg lucu2 dan murmer..

Ketika memasuki waktu lunch, biasanya kita makan nya di Rumah Makan Tongas Asri.. Rumah makan nya besar dan bersih, makanan nya jg enak2 dan murmer.. Makanan yg harga nya 8rb, jauh lebih enak sama makanan di Bali yg harga nya 2-3 kali lipat lebih mahal.. Di Tongas Asri ini jg jualan macem2 oleh2 dan kue2 yg enak2 smua.. Favorit keluarga saya, adalah ketan nya dan Sate Kerang nya... Yummm.. Kalau yg suka rawon, bisa mampir Ke Rawon Nguling.. Saya sempat sekali aja mampir kesini, bukan ga enak, ga sesuai sama selera saya aja..






 Sate Kerang - RM Tongas Asri


 RM Tongas Asri



Karena biasanya saya ke Malang dulu, baru ke Surabaya, maka wisata kuliner kita biasanya lanjut di Depot HTS atau di Bakpao Telo.. Jadi pengen berangkat lg nih.. Kapan ada tanggal merah ya??? hehehe..

the view :






















2 comments:

  1. Waktu liburan akhir tahun 2016 kemarin saya ke Malang lewat jalur darat. Yah seru juga karena ini pertama kalinya saya mengendarai mobil sampai sedemikian jauh dan lama... Nanti waktu Nyepi 2017 jadi ingin balik lagi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Setuju, jalur darat walaupun lebih memakan waktu lama, terkadang lebih seru dan bisa mampir2.. hehehe.. Nyepi ini kan lumayan panjang liburnya karena yambung dari weekend.. Cuma kadang suka macet di penyebrangan, terutama di hari pertama setelah Nyepi..

      Delete