Sunday, March 11, 2012

Lovina - Singaraja


Kalau ditanya tentang objek wisata yg paling terkenal di bagian utara pulau Bali, semua pasti setuju kalau jawaban nya adalah Lovina.. Lovina terkenal karena pantai nya dan dolphin nya.. Walau secara pribadi, saya tidak terlalu satisfied dengan Lovina ini..

Saya sudah beberapa kali ke Lovina, kadang hanya 1 hari, kadang sampai stay overnight.. Kalau cuma 1 hari, capek di jalan nya.. Belum lg rute Denpasar-Lovina yg jalan nya persis kayak ular.. Kalau stay overnight, hotel2 di Lovina ini mahal, mahal disini maksud nya harga sama quality nya ga sepadan..

Saya sih sering nya kesini ramai2 bareng keluarga besar.. Kalau sendirian, males jg ya.. hehehe.. Biasanya tempat wajib yg kita kunjungi di sini adalah Vihara Brahma Arama, karena ada beberapa saudara yg beragama Budha.. Vihara ini letaknya di Desa Tegeha, ga terlalu jauh dari Lovina, cuma kalau dari jalan besar, harus melewati jalan kecil yg cenderung bisa buat orang kesasar.. Saya aja yg udah beberapa kali ke sini, terakhir kali nya masih nyasar jg.. hehehee.. Walaupun saya bukan beragama Budha, tapi mengunjungi vihara ini lumayan seru jg.. Karena letak nya di perbukitan, jadi pemandangan nya bagus banget.. Belum lg vihara ini luas banget, jd bisa keliling2 sambil foto2.. Main attraction dari vihara ini adalah patung Buddha yg dilapisi emas yg merupakan hadiah dari Thailand.. Di deket vihara ini jg ada tempat pemandian Air Panas Banjar..



















Ke Lovina kalau ga liat dolphin kayaknya kurang afdol.. Kalau mau yg seru, bs bangun pagi2 buta, sewa jukung (perahu), kemudian pergi ke tengah laut untuk melihat lumba2 yg lagi berenang.. Biaya per orang antara 50.000 - 100.000 IDR, tergantung deal nya.. Kalau saya sih lebih milih liat dolphin show di Melka Hotel.. Melka Hotel ini adalah sebuah hotel di Lovina, dimana di dalam hotel nya ada mini zoo dan dolphin pool.. Jadi pengunjung bisa nonton dolphin show dan berenang sama dolphin, yg kata nya bisa dijadikan sebagai terapi untuk anak2.. Pengunjung yg bukan tamu hotel jg bisa nonton show dan berenang, asal beli tiket nya dulu.. hehehe..












from melka hotel's website


Selain Melka Hotel, hotel lain yg kebetulan pernah saya coba adalah Aditya Beach Resort.. Saya sih kemarin ngikut aja, karena hotel semua diurusin sama tante saya.. Jadi kita pergi ke sana dalam rangka reunian keluarga besar, sekalian merayakan New Year.. Rate nya lumayan lho, walau quality dan service nya ga sepadan.. Kamar pertama yg saya dapat, toilet nya ga lancar dan bau.. Minta pindah, akhirnya dikasih kamar di paling pojok, yg waktu kita masuk, masih ada bau2 ga jelas.. Terus, masalah new year's eve dinner.. Saya tau kok, kalau nginep di hotel mana pun pasti wajib ikut dinner.. Tapi lg2 yg kita bayar ga sepadan sm yg kita dapetin.. Makanan nya ga enak dan ga jelas.. Udah gitu, hiburan nya cuma tarian bali yg sebentar aja.. Baru jam 10, restaurant nya udah sepi.. Dan besok nya waktu breakfast, kita kan mau masuk ke restaurant, tapi dicegat sm pelayan nya, tanpa penjelasan apa2, kita diantar ke ruangan di seberang nya, untuk breakfast disana, dimana menu nya cuma seada nya aja.. Memang cuma kita aja yg tamu lokal disana, tapi masa segitu nya dibeda2in mana tamu luar mana tamu lokal.. hmmmm..











Kalau untuk yg punya budget lebih dan memang tujuan nya untuk santai2 di hotel, bs nyoba nginep di Puri Bagus.. Yang ini jauh lebih bagus dibandingkan Aditya.. Rate nya jg jauh bedanya.. hehehe..







 
Satu lg yg bikin saya ga terlalu excited untuk pergi ke Lovina, adalah minim nya fasilitas.. Misalnya tempat makan, yg banyak cuma resto2 ga jelas yg harga nya overpriced.. Akhirnya nemu tempat yg jual nasi babi guling di sebelah nya Melka yg lumayan enak.. Dan kita akhirnya seringan pergi ke kota nya untuk cari makan.. Kalau di kota nya, banyak makanan enak, salah satu yg perlu dicoba adalah Siobak Khe Lok (Jl. Surapati) yg ada jg cabang nya di Denpasar..



No comments:

Post a Comment