Saturday, February 11, 2012

Bakwan Surabaya


Hari ini di Bali, lagi merayakan Hari Raya Kuningan.. FYI, Hari Raya Kuningan ini pasti jatuh tepat pada hari Sabtu, seminggu setelah Hari Raya Galungan.. Dan pastinya, hampir semua kantor2 pada tutup, dan tempat makan jg banyak yg ikutan tutup, terutama kalau yg jualan orang Bali.. Akibatnya, saya yg baru pulang dari misa pagi, kelabakan cari makan.. Puter sana sini, tutup smua..

Sampai jam stengah sembilan, masih belum nemu tempat makan, dan akhirnya saya menuju ke Teuku Umar, berharap ada tempat makan yg buka.. Dan akhirnya nemu 1 yg buka, Bakwan Surabaya.. Padahal udah bablas, terpaksa putar balik.. Tumben udah buka dan udah lengkap.. Biasanya boro2, jam 11 aja kadang belum lengkap..Bakwan Surabaya ini memang udah terkenal banget di Bali.. Ga kayak di Surabaya or Jakarta, nyari yg namanya bakwan, susah2 gampang.. Kalau bakso sih banyak.. Kalau ditanya apa bedanya bakwan sama bakso, saya bingung jg jawab nya.. hehehee.. Mungkin beda nya dari cara penyajian dan isinya yg beda.. Kalau bakwan, isinya lebih variatif.. Kuah nya jg dicampur jaipo (dari lobak yg diasinkan) dan daun bawang..

Kalau di Bakwan Surabaya ini, kita bisa pesan bakwan campur, dimana 1 mangkok berisi 8 biji, dan boleh milih kok.. Pilihan nya ada bakwan halus, bakwan kasar (urat), siomay basah, siomay goreng, tahu, bakwan udang, dan gorengan.. Favorit saya adalah bakwan udang nya.. Sambal nya jg mantap.. Beda dari sambal2 lain nya, dimana ada tauco nya.. Kuah nya jg enak, ga amis, dan ga berlemak.. Harga nya jg murah banget.. Kalau beli per biji 1.650, kalau per porsi 13.ooo.. Letaknya ada di Jalan Teuku Umar No 54 Denpasar.. Info tambahan, kalau kemaleman datang nya, dijamin udah ga lengkap, dan kalau Minggu tutup..


 pilihan bakwan nya


 ini masih pagi, jd sepi


sambal nya mantap dan pedas banget pasti nya


our breakfast


 my picks






Rating                    ~~>     9.5 of 10
Recommended      ~~>     Bakwan Udang & Bakwan Kasar




1 comment: