Thursday, February 9, 2012

Recipe : Jamur Crispy

Akhir2 ini kayaknya lg booming jamur crispy.. Dimana2 banyak yg jual.. Di Surabaya, di tiap mall pasti ada.. Di Bali, akhir2 ini mulai banyak yg jualan, dan guess what, banyak banget yg beli, sampe ngantre2 lagi.. Dan harga nya sendiri ga murah loh, kalau bandingin sama jamur mentah nya yg banyak dijual di supermarket2.. Padahal jamur nya cuma digoreng tepung dan dikasih bumbu + mayonaise + sauce..

Kalau mau buat sendiri, sebenarnya ga sulit kok.. Gampang banget.. Pertama, tentuin dulu mau jamur jenis apa.. Yang paling umum dipakai adalah Jamur Tiram dan Jamur Enoki.. Jamur2 lain nya jg bisa kok, kayak jamur merang, dll.. Kalau saya paling sering pakai jamur tiram, karena kandungan air nya lebih sedikit, jd hasilnya benar2 crispy, selain itu lebih murah, beli di warung di deket rumah, 1 plastik cuma 5rb.. Kalau beli di pasar, bisa lebih murah lg..

 Jamur Tiram

Selanjutnya siapkan bahan2.. Cuma perlu tepung crispy dan telur.. Tepung nya beli yg udah jadi di supermarket aja.. Bisa yg merk K*be atau Sa*iku.. Kalau terlalu asin, tambahin sedikit tepung beras dan tepung terigu.. Kemudian telur, dikocok lepas aja..

Jamur nya jangan dicuci pakai air.. Kalau masih kotor, cukup di lap dengan kain basah.. Kalau terlalu besar, bs di potong2 dulu, sesuai selera aja.. Selanjutnya, jamur di celupkan ke telur, dan digulirkan di tepung, sampai rata dan sambil di remas2.. Lalu tinggal di goreng di minyak panas, sampai kecoklatan dan benar2 kering..

Penyajian nya, kalau saya tinggal dimakan dengan saos sambal, kalau mau ditambah bumbu dan mayonaise jg bisa.. Dijamin rasanya sama persis kok sama yg di stand2 itu.. hehehe..


Voila
kalau udah begini, ga ada rasa jamur nya, udah mirip chicken crispy



2 comments:

  1. nggak mirip kyk jamur^^
    patut dicoba, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah di goreng, rasanya kayak ayam, udah bukan rasa jamur lg.. selamat mencoba ya..

      Delete