Monday, March 12, 2012

Diary Seorang Mahasiswa UT ~ 1


Ga terasa, setelah break sekitar 3 bulan, perkuliahan di UT starts today.. Sekarang ini semester 2012.1 which means semester kedua bagi saya.. Semester ini saya mengambil 10 mata kuliah, dengan total SKS sebanyak 24 SKS.. Sempat ragu untuk mengambil mata kuliah sebanyak ini.. Bayangin aja, 1 hari 5 UAS, apa ga teler.. Tapi dengan pertimbangan ingin lulus secepat mungkin, maka nekat aja deh.. hehehehe.. Juga mengambil SKS sedikit bukan jaminan bisa mendapat nilai bagus, dan sebaliknya mengambil SKS banyak juga belum tentu pasti mendapat nilai jelek.. 

Mata kuliah yang saya ambil :
1. Akuntansi Menengah
2. Hukum Komersial
3. Hukum Pajak
4. Pajak Penghasilan 1
5. Pajak Penghasilan 2
6. Pajak Penghasilan 3
7. Studi Kasus Perpajakan 1
8. Tata Cara Pelaksanaan Perpajakan
9. Pajak Daerah & Retribusi Daerah
10. Etika Bisnis Dalam Perpajakan

Oh ya, impian saya untuk menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 semester, sudah resmi kandas... T_T Gara2 salah strategi pengambilan mata kuliah semester ini, gara2 nya mata kuliah yang ditawarkan untuk ujian online (SUO) keluar nya jauh setelah saya registrasi mata kuliah.. Jadi terpaksa nambah 1 semester lagi.. hiks..

Dan satu hal yang membahagiakan, Sabtu kemarin, SK Alih Kredit saya sudah dikirim ke rumah.. Ternyata cuma perlu 1 bulan lho proses nya.. Dari 12 mata kuliah yg saya ajukan, 11 di terima, dan ada 1 mata kuliah Bahasa Indonesia yg sudah pernah saya tempuh, tapi kelupaan di alih kredit.. nasib.. nasib..

Buat teman2 sesama mahasiswa UT, selamat mengikuti Tuton semester ini ya.. Dan kalau ada yang mau alih kredit, dan perlu form2 atau tanya2 info, bs contact saya.. ^_^


23 comments:

  1. Hallo.. aku juga mahasiswa UT nih.. hari ini pengumuman nilai ujian 2012.1.. nilai ku selalu jelek-jelek trus tiap semesternya kapan bisa lulus kalo begini T_T
    https://www.facebook.com/iancool.kristian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ian..
      Iya.. Nilai sy semester ini masih mendingan dr pd semester sebelumnya.. hehehe.. Tetep semangat baca modul dan ikut tuton ya.. hehehe..

      Delete
    2. Selamat pagi apa boleh share contoh surat konversi?

      Delete
  2. Maaf, mba, mau tanya. Klo mengenai "Surat keterangan konversi nilai yang sudah diubah ke sistem SKS dan nilai berupa huruf/abjad (bila nilai dalam sistem paket dan angka)" itu yg mengeluarkan dri pihak kampus lama atau kampus UT ya? Karena semua nilai KHS saya dari kampus lama ya isinya cuman huruf doank. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Hai.. Kalau dulu saya pakai nya transkrip nilai.. sm di minta jg deskripsi mata kuliah.. dulu di transkrip nilai saya ada nilai nya yg berupa huruf, kemudian ada jumlah sks nya jg..

    kemarin saya tidak menyertakan surat ini.. karena keterangan nya kan "Surat Keterangan Konvers nilai yang sudah diubah ke sistem SKS dan nilai berupa huruf/abjad (bila nilai dalam system paket/angka)".. Jadi menurut saya kalau nilai kita sudah format nya huruf / abjad, ya ga usah pakai surat ini lagi.. Kecuali nilai yg tertera misalnya 80 atau 90.. Dan surat ini yang mengeluarkan ya kampus lama kita..

    Semoga membantu ya..

    ReplyDelete
  4. sore, bisa dishare contoh surat keterangan konversi nilai? ini saya maba UT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Untuk contoh surat keterangan konversi nilai, saya tidak punya karena sebelumnya saya lulus dari universitas negeri yang notabene nilainya sudah menggunakan sistem SKS dan berupa huruf/abjad. Mungkin bisa meminta form/contoh suratnya ke UPBJJ setempat..

      Delete
  5. Maaf sis,kalo formulir deskripsi mata kuliah apakah itu wajib dicantumkan?dan siapa yang menandatanganinya? Ad contohnya ga sis? Mkash

    ReplyDelete
    Replies
    1. form deskripsi mata kuliah wajib dilampirkan.. yg menandatangani adl pejabat yg berwenang di universitas asal, misal kalau di kampus sy dl, Pembantu Dekan I.. contohnya sy tdk ada, tp formulirnya bisa dibuat sendiri mengikuti contoh di katalog..

      Delete
  6. Kak mau tanya kalo untuk surat keterangan konversi nilaiyang sudah di ubah ke sitem SKS dan nilai berupa huruf/ abjad bila nilai dalam sitem paket / angka itu wajib ya kk? Ada contohnya gak kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada perbedaan wajib dilampirkan.. dulu karena punya saya sama2 menggunakan sistem nilai huruf/abjad, jd sy tdk melampirkan..

      Delete
  7. maaf ka mau nanya,
    kalau daftar nilai hasil ujian negara itu yang gimana yak ? atau sama aja kaya transkip?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar nilai utk apa ya? kalau daftar nilai mahasiswa, sama seperti transkrip nilai.. atau kalau untuk pendaftaran, itu daftar nilai ujian SMA..

      Delete
  8. Terimakasih informasinya kak, sangat membantu sekali, saya juga sedang proses alih kredit nih, semoga diterima semua mata kuliah yg saya ajukan untuk alih kredit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. Sama-sama.. Pengalaman sy 2x alih kredit di UT, selalu diterima semua matkul yang diajukan.. hehehe..

      Delete
  9. Hi kak mau tanya, itu transkip nilai yang dipakai untuk alih kredit transkip nilai sma apa transkip nilai universitas yang lama kak?

    ReplyDelete
  10. Halo kak..
    Kak, aku lulusan D3 mau lanjut S1 di UT. Mengenai mata kuliah apa saja yg mau diajukan, itu pertimbangannya berdasarkan apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. ini maksudnya mata kuliah yg diajukan utk alih kredit ya? kalau yg saya ajukan untuk alih kredit, adalah mata kuliah yang sudah pernah saya tempuh di universitas eebelumnya. Misal Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, mata kuliah yang sama yang sudah pernah kita tempuh, itu bisa diajukan untuk alih kredit..

      Delete
  11. Halo,mohon info nya,saya sedang proses untuk alih kredit,saya lulusan UT prodi S1 PGSD mau ambil alih kredit ke S1 Administrasi negara,bisa gak ya?
    Karena syarat deskripsi mata kuliah yg ditandatangani ketua prodi,saya bingung karna sekarang sedang PPKM dan gak bisa buat ke kantor UPBJJ nya buat mnta ttd ketua prodinya,bisa via online gak ya

    ReplyDelete
  12. Kak, izin bertanya, kalau beberapa nilai tidak lulus dari ptn asal, bisa nggak ya alih kredit? Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. kak mau tanya. klo alih kredit itu mending ambil yg sipas atau non sipas ya? terus untuk alih kredit ini diajukan tp sambil kuliah 1 semester dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya lebih baik non-sipas, supaya bisa disesuaikan dengan matkul yang akan diajukan alih kreditnya.. Alih kredit bs diajukan sambil kuliah jalan..

      Delete