Sunday, January 22, 2012

Rafting - Bakas

Pengalaman ketiga rafting saya adalah di Bakas Rafting.. Pengalaman ketiga, karena yg ada insiden boat nya bocor dihitung jg dong.. hahahaha.. Jadi ceritanya, Om dan Tante saya yg dari Malang ketagihan rafting, jadi waktu mereka ke Bali, saya diajak rafting jg.. Memang beruntung sy jd ponakan mereka.. hihihihi..

Jadi Bakas Rafting ini satu2nya perusahaan rafting yang ada di Sungai Melangit.. Sungai Melangit ini adanya di Klungkung.. Kirain jauh, ternyata kalau lewat Bypass Ida Bagus Mantra (bypass yg tujuan Padang Bai) deket
lho, ga sampe sejam udah nyampe.. Dari Bypass Ida Bagus Mantra (setelah Bali Safari Marine Park) ada sign besar yg tulisannya Bali Elephant Park Bakas, ntar tinggal ikutin sign nya aja.. 


 parking area
(itu yg keliatan sedikit, adalah restaurant-nya dan bagian bawah tempat shower nya)


Biasanya kalo di perusahaan2 rafting lain, biasanya parkir mobil dan restaurant ada di finishing point, kalau di Bakas, semuanya di starting point.. Waktu itu kita bawa mobil sendiri.. Tempat parkir nya ga begitu luas, tempatnya sih cukup ok dan bersih yg pasti.. Setelah proses registrasi dan bayar membayar, kita akhirnya langsung dikenalkan sama "bli" yg jd guide kita.. Orang nya baik dan ramah.. Jd kita langsung pake life jacket, helmet, dan paddle.. Kalau biasanya kita dinaikkan transportasi ke starting point, disini di belakang resto sudah ada jalan menurun, dan enaknya, bukan tangga, jd jalanan menurun yg lebar gtu.. jd kaki ga berasa pegel n lebih santai.. Kenapa bukan tangga, jdnya rencana nya ntar akan ada mobil yg bawa kita turun, jd kita bs santai n ga perlu capek2.. hmm, good idea..
Sampe di bawah, karena kita booking yg pagi, jadi kita yg pertama berangkat.. 1 boat ada Om, Tante, saya, dan adik.. Oh ya, karena udah pengalaman, maka sekarang kita bawa camera waterproof dan Om saya yg kebagian tugas foto2, jadi semua foto2 yg akan di posting ntar, hasil jepretan nya, dan trust me, rafting smbil bawa camera, bukan hal yg mudah.. hehehehe..

Pertama kali liat starting point nya, hmmm, sungai nya ternyata kecil dan airnya tenang, tp kok br berangkat di depan nya sdh ada jumping?? Sempet buat takut sih.. Hehehe.. Sebelum berangkat, kita di briefing dulu, dan karena smua sdh pernah rafting, maka proses briefing sebentar aja..


 ini bli yg jd guide kita


 starting point - 1
(langsung disuguhi jumping yg lumayan tinggi)

 starting point - 2
 

Ternyata sungai kecil dan tenang itu lama2 asik jg.. Jadi awal2 nya memang sungai nya kecil dan kita kayak berada di tengah2 tebing dan lama2 baru sungai melebar dan jeram (arus) nya keliatan.. Yang saya suka dari Sungai Melangit ini adalah banyak jumping nya.. Jadi jumping itu kayak turunan-turunan, jd otomatis kalau ada jumping boat kita pasti akan terbentur sana sini dan air pada kemana-mana, tapi seru banget.. Alam nya masih natural banget, air nya jg seger dan jernih, way much better than the famous Ayung River.. Mungkin Ayung River cuma terkenal karena ada ukir2an di batu yg ada di sepanjang sungai itu..


di awal sungai nya kecil
tapi seru karena kanan-kiri nya tebing semua


bli nya itu kalau ada waterfall gini, pasti sengaja
diarahin kesana, katanya untuk yg belum mandi


 di-foto dan mem-foto
(kalau ga salah foto nya dijual 20k atau lebih malah)


 ini sungai nya mulai melebar dan lebih terbuka



Bli nya jg baik banget, mau berhenti n kasik kita waktu untuk main n berenang2.. Dan tiap ada boat lain yg lewat, kita pasti siram-siraman, padahal ga kenal.. hahahaha.. Lama tempuhnya sampe ke finishing point sm main2 nya kira2 setengah jam, dan begitu sampe di finishing point jadi pengen ngulang lg.. hahahaha..




 selain kita, banyak group lain yg juga rafting



 walaupun ga kenal, tetep main siram-siraman
hehehehe

 our boat
penumpang nya pada asik berenang

arus nya lumayan deras, jadi tambah seru




Turun dari boat, liat ke atas, horray, no stairs, jalan nya sama kayak berangkat nya, jd jalan menanjak dari tanah.. At least ga terlalu bikin nafas ngos-ngosan.. Sampe di atas, nunggu bentar ntar ada mobil sejenis truck, tapi ada seat nya, yg akan nganter kita back to the starting point..


jalan tanah, bukan tangga, asikkk

Overall, two thumbs up buat Bakas Rafting.. Bener2 great experience.. Btw, harga nya jg valuable banget, namun dgn service yg OK punya.. Sy udah 2x rafting disini, kalo diinget sekarang, msh pengen balik lg.. hehehe.. Apalagi mereka sdh punya rencana development, kayak transportasi dari dan ke sungai, dan katanya mau buat slide juga di deket sungai.. Satu hal yg menurut sy agak kurang, adalah shower dan changing room.. Bukan kotor atau gimana, bersih kok, cuma karena dy letaknya di bawah resto, jd cenderung gelap gitu, mungkin bs diperbaiki sama lighting yg baik.. Tapi disini dapet handuk dan sabun loh, jd tetep bagus.. hehehehe..

Selain rafting, disini jg ada elephant tour, jungle trekking, mountain cycling, dan ATV.. 



 ada elephant tour juga
(pengen yg ATV, tapi sayang mihill, hehehe)

No comments:

Post a Comment