Monday, January 23, 2012

Recipe : Lapis Daging

Menu lapis daging ini merupakan favorit saya.. Sayang nya saya belum nemuin menu ini di Bali.. Kalau saya lagi liburan di Surabaya, dan tinggal di rumah tante saya, saya sering kali sarapan dengan menu ini.. Berhubung udah ngidam, maka saya coba buat sendiri, dengan resep hasil google sana sini.. hehehehe..

 
Bahan

500 gr daging sapi (saya pakai daging has / lulur dalam)
3 sdm kecap manis
2 sdm air asam jawa (asam jawa dilarutkan dengan air panas)
garam secukupnya
gula secukupnya (sedikit saja, karena sudah pakai kecap manis)
merica secukupnya
air secukupnya
bawang goreng untuk ditaburkan di atasnya

 
Bumbu Halus

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sdt pala bubuk, atau pakai pala utuh jg boleh


Cara Membuat

1. Iris daging menjadi lebih tipis, melebar, dan berlawanan dengan serat daging agar empuk
2. Panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak
3. Tumis bumbu halus sampai harum, kemudian masukkan daging
4. Masukkan bumbu-bumbu lainnya dan air secukupnya
5. Masak sampai daging empuk dan kuah sedikit mengental
6. Angkat, taburi dengan bawang goreng dan sajikan


 





Rasanya gimana, sudah pasti enak dong.. hihihi.. Mirip lho sm yg di Surabaya, cuma sepertinya kebanyakan kecap manis (td nya saya paki 4 sdm) dan tetep enakan pakai pala asli dibandingkan yg bubuk, yg kemarin ini beli di supermarket, bentuknya bubuk, kurang nendang pala nya..


No comments:

Post a Comment