Sunday, January 22, 2012

Soto Bakso Merbabu

Nah post kali ini kembali berlabel "Culinary".. Kali ini sy mau me-review tentang sarapan pagi favorit saya dan keluarga.. Sudah jd kebiasaan di keluarga kita kalau kita rutin ke gereja ikut misa harian.. Misa harian nya mulai jam 6.30 am sampe sekitar 7.15 am.. Biasanya kalau di rumah ga masak, jd kita langsung sarapan di luar.. Masalahnya di Bali jam segitu, ga banyak pilihan makanan nya.. Makanan yg enak maksudnya, kalo yg biasa2, banyak mungkin ya.. Selain nasi campur ala Bali, ada menu favorit kita, yaitu Soto Bakso.. Sebenarnya soto bakso itu soto sapi biasa, dengan kuah bening kayak sop buntut plus tambahan bakso.. Dan saya sendiri prefer menu ini, karena pagi2 enak makan yg hangat2 n minimalis dibandingkan makanan yg berbumbu seperti makanan ala Bali..

Dari dulu, soto bakso yang kita suka ada di Jl Gunung Merapi,.. Jadi di sebelah kiri eks Bioskop Wisata kan ada jalan, setelah Gereja ada perempatan, di perempatan itu warung nya.. Warung nya kecil, cuma muat 15 orang, tapi ga pernah sepi, pdhal kita kan pagi2 kesana, dan masih tergolong bersih. Soto ini udah ada dari jaman bahula, dari jaman papa sy masih muda jg udah sering makan di situ..

Satu porsi soto daging + bakso (bisa jg ga pake bakso), isinya daging sapi, bakso, dan lobak.. Kalau suka babat, ada juga.. Kuahnya bening, minimalis tapi enak, daging nya empuk, baksonya jg enak.. Dan yg paling mantap adalah sambel nya.. Ini sambel warna nya bs merah terang gitu, mungkin mreka pakai lombok (cabe) yg bener2 merah.. Kan biasanya sambel-sambel lain warnanya malah oranye.. Sambelnya ini juga ada rasanya, ada rasa gurih dan manis, dan pedes nya super.. Kalau makan disini, pasti kepedesan, sampe meler malah.. hahahaha..



 biarpun itu sudah 1 panci full, mereka masih punya persediaan lg loh


 soto bakso + nasi + usus goreng + es jeruk tanpa gula
perfect combination for breakfast 


 sambel bakso dan soto terenak yg pernah sy makan






Disini "ramuan" soto nya jg banyak, selain sambal yg bener2 mantep, jg di sediain, merica, cuka, jeruk nipis, kecap manis (khusus dr singaraja), kecap asin, dll.. Jadi bisa kuah nya bs di-adjust sesuai selera kita.. Cemilan nya jg banyak, ada aneka krupuk dan usus goreng yg suka sy campur ke dalam soto..

Harga per porsi nya 11k (soto nya 8k + nasi 3k), murah kan..




Rating                    ~~>     9 of 10

Recommended      ~~>     Soto Bakso dengan sambal + kecap manis + jeruk nipis







No comments:

Post a Comment