Sunday, January 22, 2012

Rafting Telaga Waja - Sobek

Sungai ketiga yg pernah saya coba untuk rafting adalah Sungai Telaga Waja.. Sungai Telaga Waja ini terletak di Karang Asem, kurang lebih 1,5 jam lebih dari Denpasar (arah Besakih).. Dulu banyak orang yang bilang kalau Telaga Waja ini ekstrim banget, jauh dibandingkan Sungai Ayung.. Dan ketika saya diajakin oleh sepupu saya, jujur takut banget.. Belum lg bayangin jumping di dam yang tinggi nya sampai 5 meter..

Yang saya tahu, perusahaan yg menyediakan rafting di Telaga Waja cuma Sobek.. Tapi setelah tiba di lokasi, ternyata banyak kok perusahaan2 lainnya.. Cuma memang yg paling terjamin kualitas nya ya Sobek, walaupun harganya paling tinggi sendiri.. hehehehe..

Waktu di perjalanan memang sudah terlihat kalau jeram (arus) sungai nya memang deras tapi pemandangan nya memang breathtaking banget, green's everywhere, masih asri banget, dan udara nya masih segar.. Jauh banget dari Sungai Ayung, yg kadang air nya coklat, ga jernih, dan udaranya cenderung panas..

Sampai di starting point, ternyata banyak jg tourist2 yg udah ready, kebanyakan sih Jepang dan China, kayaknya kita aja tuh yg Indo.. Kalau di rafting lain biasanya per group jalan sendiri2, ini bareng2.. Jadi setelah milih dan makai equipment lengkap (life jacket, paddle, dan helmet) kita di briefing dulu, baru sama2 menuruni anak tangga.. Thanks God, tangga nya ga banyak.. hahaha..

Sampai di bawah, di briefing lg sebentar sm guide kita.. Waktu itu saya satu boat dengan 3 sepupu saya.. Ternyata ada yg beda di Telaga Waja ini.. Kata si bli, nanti kita akan melewati beberapa jembatan penduduk dari bambu yg cukup rendah.. Jd opsinya kita tiduran terlentang atau menunduk.. Karena badan saya yg jumbo plus pake life jacket, jd saya milih untuk tiduran.. Dan ternyata serem banget, jarak antara bambu dengan pipi dan hidung saya cuma 1-2 cm doang.. Takutnya ada yg tajem gitu, kan saya ga cantik lg.. hihihihi.. Selain itu, kita jg harus waspada, jadi harus segera nunduk kalau guide bilang "duck", kalo telat ya kena tuh jembatan, katanya sempat sih ada bule yg gitu, ga ngeh sm instruksi guide nya..

Perjalanan dari starting point ke finishing point termasuk istirahat sekitar 2 jam.. Dan di tengah perjalanan kita akan berhenti, di deket mini waterfall, disana akan ada penduduk yg jual minuman2 kaleng.. Tapi jgn lupa tanya dulu harga nya, karena mahal harganya, 1 can kayaknya 20rb..

  ini waktu istirahat di deket water fall


ini bli nya langsung action, tau lg di foto ya


Di Telaga Waja ini memang arusnya deras, tapi itu yg bikin seru, walaupun jumping nya ga terlalu banyak, dan gong nya tentu jumping di dam yg 5 meter itu.. Kita memang sudah nunggu2.. Sampe akhirnya guide nya nyuruh kita untuk duduk di dasar boat dan berpegangan pada tali.. Untung disini ada tali nya.. Saya pernah rafting dengan Sobek di Sungai Ayung, ternyata ga ada tali di boat nya, jd ga bs pegangan, dan guess what apa yg akhirnya saya jadikan pegangan, celana sepupu saya yg ada di depan saya, waktu itu cuma mikir, yg penting saya ga jatuh.. hahahaha..

Setelah hampir mencapai dam, saya langsung tutup mata, dan ternyata ga seseram yg dibayangkan.. Jadi saya cuma merasa boat-nya meluncur dengan cepat, dan tiba2 air sudah kemana2.. Malah pengen ngulang lg.. Andai ada tangga kayak di waterbom ya.. hehehe.. Setelah itu kita main2 dan foto2 sebentar di dam dan akhirnya melanjutkan perjalanan.. Ga jauh kok, bentar aja sudah sampe di finishing point.. Dan liat ke atas, ratusan anak tangga sudah menanti saya.. Lemes lagi deh.. hehehehe.. Tapi untung anak tangga nya ga banyak2 amat, sekitar 200-an.. Masih banyakan yg di Sobek Sungai Ayung.. Sampai di atas, ternyata finishing point nya ada di tengah sawah, jd sambil makan kita bisa liat pemandangan yg bagus banget.



 finishing point


 Sobek telaga waja


 restaurant

  the scenery from restaurant


jadi restaurant nya ada di tengah sawah
ke parking area masih hrs menyusuri sungai kecil


Telaga Waja sekarang ini makin banyak peminat nya loh, mungkin udah bosen sama Sungai Ayung kali ya.. Tapi memang, rafting disini seru banget, alam nya jg masih asri, cuma kekurangan nya ya itu bambu-bambu yg ada di sepanjang sungai..

Oh ya, ini foto dam yg ada di Telaga Waja, foto yg ini memang search di google sih,  biar terbayang aja.. hehehe..







Kalo mau tau info lengkap nya, ini link website nya:

http://www.balisobek.com/TelagaWaja.asp
http://www.balisobek.com/AyungRafting.asp



No comments:

Post a Comment