Monday, January 23, 2012

Universitas Terbuka



 
Kali ini topik nya agak "berat" sedikit.. hehehe.. Kali ini sy mau bahas tentang Universitas Terbuka.. Saya masih di semester 2 jurusan D3 Perpajakan.. Alasan sy ingin membahas UT ini adalah karena banyak lho orang yg belum tau tentang UT ini.. Kadang kalau saya ditanya kuliah dimana, saya jawab di UT, mereka pasti ga ngeh UT itu apa.. hehehe..

Saya sendiri tau UT dari papa saya setelah papa saya nonton di Metro TV.. Saya kemudian disuruh cari2 informasi tentang UT ini.. Berhubung waktu itu saya masih menyelesaikan studi S1 Manajemen di salah satu Universitas Negeri di Denpasar, maka saya rada ogah-ogahan..

Setelah lulus, saya merencanakan untuk melanjutkan S2, saya kemudian survey2 tentang universitas2 yg menyelenggarakan program S2 (Magister Manajemen).. Dan setelah survey2, saya lebih tertarik untuk kuliah di UT karena frekuensi kuliah (tatap muka) yg tidak se-intens universitas reguler dan biaya yg lebih terjangkau.. Namun sayang, kelas MM di UT Denpasar ini belum genap 20 orang, karena salah satu syarat nya adalah setiap gelombang harus ada 20 mahasiswa, baru kelas bisa berjalan.. Setelah saya tunggu beberapa bulan, ternyata masih kurang dari 20 orang.. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil D3 Perpajakan.. Waktu itu di pikiran saya, ambil dulu Perpajakan nya, nanti kalau S2 nya dibuka, langsung ikut juga.. Tapi ternyata di UT, hanya boleh mengambil 1 jurusan saja..

Perkuliahan di UT ini menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka.. Istilah terbuka berarti bahwa setiap orang dapat menjadi mahasiswa UT tanpa ada batasaan usia, maupun tempat tinggal. Sedangkan istilah jarak jauh mengandung pengertian adanya "jarak" antara yg belajar dan yg mengajar, dimana "jarak" ini dijembatani dgn media yg khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh.. Jadi tidak seperti perkuliahan umum, dimana mahasiswa datang ke kelas, dan ada dosen yg mengajar.. Di UT ini sistem yg wajib diikuti hanya registrasi mata kuliah di setiap awal semester dan mengikuti UAS.. Jadi mahasiswa yang aktif sendiri di dalam proses belajar.. Memang disediakan fasilitas2 pendukung, seperti adanya Tutorial Online (seperti diskusi dan tugas2 dari dosen dan mendapat nilai tambahan), penyediaan Modul (Buku Materi Pokok), dan Tutorial Tatap Muka.. Tiga fasilitas ini tidak wajib, hanya sebagai pendukung, misalnya untuk membantu nilai kalau nilai UAS kita jelek..

Kesan saya selama kuliah 1 semester ini adalah kuliah di UT ini tidak semudah yang dibayangkan.. Memang kelihatan nya mudah, hanya perlu ikut UAS, itupun UAS nya dalam bentuk pilihan ganda, tapi disini kita dituntut untuk benar2 mandiri.. Jadi setiap informasi akan diumumkan via website UT, jadi kita yg harus rajin mencari informasi, walaupun UPBJJ (kantor perwakilan di daerah2) di masing2 kota memang ada.. Selain itu kita dituntut juga aktif di dalam proses belajar.. Jadi kita dibebaskan untuk mencari informasi dari mana saja, membeli modul atau tidak, yang penting kita bisa mengerjakan UAS.. Tapi justru ini jd masalah untuk orang2 pemalah seperti saya, jd sering nya saya ogah2an baca modul, nanti kalau sudah deket2 UAS baru bingung sendiri.. hehehe..

Walaupun tidak semudah yg dibayangkan, kuliah di UT tetap memiliki beberapa keunggulan, seperti:
1. Terbuka untuk umum
Jadi siapa saja boleh kuliah di UT, tidak ada batasan umur, yang penting lulus SLTA atau sederajat.. Yang baru lulus SLTA juga banyak yg kuliah, yang sudah Om Tante juga banyak.. hehehe..

2. Tersebar di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri
Jadi UT ini memiliki UPBJJ (kantor perwakilan) di kota2 di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri.. Di Indonesia sendiri ada 37 UPBJJ, dan tersebar sampai ke Jayapura loh.. Mahasiswa UT juga banyak yang berada di luar negeri dan sama2 bisa mengikuti perkuliahan karena sistem nya yang hanya memerlukan internet..

3. Biaya nya yang relatif terjangkau
Biaya kuliah di UT ini terjangkau sekali.. Untuk yg jurusan umum (Non-Pendas) biaya per SKS adalah Rp 20.000,-, kalau kita mengambil SKS maksimal per semester, maka biaya per semester nya adalah Rp 555.000,-, itu dibagi per bulan, tidak sampai seratus ribu kan..

4. Sistem perkuliahan yang memudahkan mahasiswa
Selain yg telah saya jelaskan sebelumnya, kuliah di UT ini sangat tepat bagi mahasiswa2 yg sudah bekerja, karena tidak perlu ikut perkuliahan tatap muka, proses belajar bisa dilakukan secara online (via internet), dan banyak jg mahasiswa UT yang kuliah di universitas reguler, jadi mereka mengejar dua degree.. Di UT ini untuk program S1, syarat akhir nya adalah dalam bentuk TAP, bukan skripsi, TAP nya jg bukan buat laporan, tapi ujian tertulis tapi dengan materi yg lebih kompleks dan mencakup smua materi, seperti studi kasus.. Untuk diploma seperti saya, tdk ada TAP, cukup lulus di semua mata kuliah aja..

5. Kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan universitas lain
Mungkin banyak yang beranggapan kuliah di UT tidak terjamin kualitas nya atau bahkan sempat ada yang bertanya, apa ijazah UT bisa dipakai melamar pekerjaan.. hehehe.. Jadi UT itu Peguruan Tinggi Negeri loh, dan sudah resmi sejak tahun 1984.. Selain itu, akreditasi jurusan2 di UT ini minimal B.. Dan ijazah UT ini diakui resmi, yg kuliah S1 di UT kalo mau ngelanjutin S2 di Universitas yg top2, di terima kok, asal lolos ujian masuk nya loh.. hehehe..


Fakultas dan program studi yg ditawarkan di UT, antara lain
1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Program Studi Matematika (S1)
Program Studi Statistika (S1)
Program Studi Biologi (S1)
Program Studi Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan dan Komunikasi (S1)
Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (S1)
Program Studi Pengelolaan Lingkungan (D1)

2. Fakultas Ekonomi
Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)
Program Studi Manajemen (S1)
Program Studi Akuntansi (S1)

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S1)
Program Studi Ilmu Administrasi Niaga (S1)
Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)
Program Studi Kearsipan (D4)
Program Studi Perpajakan (D3)
Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Program Studi Perpustakaan (D2)
Program Studi Sosiologi (S1)
Program Studi Bahasa Inggris Bidang Minat Penerjemahan (S1)

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program S1 PGPAUD
Program S1 PGSD
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Program Studi Pendidikan Bilogi (S1)
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1)
Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Program Pasca Sarjana
Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik
Magister Manajemen
Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan
Magister Pendidikan Matematika

Oh ya, denger2 nanti akan dibuka Program Studi Ilmu Hukum loh.. Dan di UT ini banyak tersedia beasiswa-beasiswa, dan syarat2 nya pun cukup mudah.. Salah satu syarat nya adalah IPK minimal 2,75.. Dan enaknya, di sini pihak UT yang akan menghubungi kita apabila kita memenuhi syarat.. Kemarin saya dapat beasiswa loh, baru masuk sudah dikasih beasiswa.. hehehe..


Info lebih lanjut ada di website nya :
www.ut.ac.id



 UPBJJ Denpasar



151 comments:

  1. Pagis sis, saya dan istri jg niat nya pengen masuk UT tapi masih ragu, takutnya uda beres nanti susah cari pekerjaan dan masuk PNS. Saya masi rancu apakah UT ini memang bisa dipakai nanti nya untuk pendaftaran CPNS & melamar kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. UT itu universitas negeri.

      Delete
    2. Kalo untuk CPNS UT bisa banget, yang penting diusahakan IPK diatas 3,0 (biar aman)
      Kalo buat swasta, jujur teman saya yang lulusan UT agak susah dapat "panggilan" kerja

      Delete
    3. @ Anonymous 1 : UT memang universitas negeri..

      @ Anonymous 2 : apa Anda yakin teman Anda tidak dapat panggilan kerja karena lulusan UT? Banyak teman saya yang lulusan UT, mereka dapat pekerjaan kok.. Jadi saya rasa lulusan UT bukan menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan.. ^_^

      Delete
  2. hai.. ga usah ragu mas.. ijazah UT ini bisa dipakai untuk CPNS atau melamar kerja.. jadi sama persis seperti universitas2 negeri atau swasta lain.. malah lebih bagus, krn UT ini universitas negeri.. malah banyak PNS-PNS yang kuliah di UT.. kalau masih ragu, coba aja datang ke UPBJJ di kota mas.. nanti tanya2 disana.. kalau mau tau lokasi nya, bs diliat di www.ut.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mw tny klau utk d denpasar dimana alamat universitas terbukanya ya ?
      Dn apa saja syarat agr bisa lolos mnjadi mhasiswa d universitas terbuka tsb ? Mhon bntuannya, terimakasih

      Delete
    2. UT di Denpasar ada di Jl. Gurita, Denpasar Selatan (di belakang Lapangan Pegok - Sesetan).. No Telp nya 0361-720720

      Untuk syarat, tidak ada syarat khusus sih.. registrasi bisa dilakukan dengan datang langsung ke UPBJJ atau online.. Paling diperlukan beberapa dokumen, misal kalau mau daftar S1, berarti harus menyertakan ijazah SMA, pas foto, dan sebagainya..
      Untuk info lebih lanjut bisa telp ke UPBJJ atau buka website nya
      http://www.ut.ac.id/
      http://denpasar.ut.ac.id/

      Delete
  3. Pak sy dwi sy mau tny simisal sy masuk ut di indonesia dn simisal dikemudian hr sy pngind pndah keluar negeri (korea selatan ). Untk tjuan bekerja apakah bisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.. asalkan sebelum pindah, mengurus administrasi nya ke UPBJJ di daerah dimana kita terdaftar. untuk UAS nya kita juga bisa memilih di kota mana kita mau ikut UAS.. Untuk lebih jelasnya, bisa buka website ut di www.ut.ac.id..

      btw, saya kok di panggil pak, saya kan imut2 begini.. hehehe..

      Delete
  4. Pak sy dwi sy mau tny simisal sy masuk ut di indonesia dn simisal dikemudian hr sy pngind pndah keluar negeri (korea selatan ). Untk tjuan bekerja apakah bisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya bisa pak.. karena kuliah di UT, kita disediakan opsi untuk memilih tempat ujian.. semisal saya kebetulan ditugaskan di Surabaya, maka untuk semester ini saya memilih untuk menumpang ujian di UPBJJ Surabaya.. setahu saya, UT juga sudah ada di Korea Selatan.. salam..

      Delete
  5. mas, mau nanya. sekarang saya semester 1 s1 ekonomi pembangunan di UT, mau pindah jurusan ke d3 perpajakan apa bisa? terimakasih. :)

    ReplyDelete
  6. kak, mau nanya. sekarang saya semester 1 s1 ekonomi pembangunan di UT, mau pindah jurusan ke d3 perpajakan apa bisa? terimakasih. :) maaf ya saya kira cowok. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya bisa.. karena UT memberikan fasilitas untuk alih kredit dari antar program studi UT.. cuma kalau tidak ada mata kuliah yang sama, ya harus mengulang dari 0 SKS..
      lebih jelas nya, mending tanya ke UPBJJ atau di layanan informasi di website UT.. salam..

      Delete
  7. Mau nanya . Saya berminat di d3 perpajakan . Saya mau nanya
    1. apa sistem belajarnya full lewat internet atw ada pelajaran khusus yg harus tatap muka untuk program studi perpajakan ?
    2. Klw jurusan perpajakan ada praktikumnya atw full materi ?
    Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sonia..
      saya coba jawab pertanyaan kamu ya..
      1. sistem belajar nya ga full internet sih.. tapi memang sistem jarak jauh.. UT sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kita pilih.. Seperti Tuton (Tutorial Online).. Nah ini favorit saya.. Banyak mahasiswa lain yang ogah ikut Tuton.. Kalau saya, Tuton ini berguna banget untuk mendongkrak nilai UAS.. Sistem Tuton kayak kuliah biasa.. Ada materi, ada diskusi, ada tugas, cuma semuanya dilakukan secara online.. Selain Tuton, ada juga yang nama nya TTM (Tutorial Tatap Muka).. Sama seperti Tuton, TTM ini juga sifat nya tidak memaksa.. Saya sih ga pernah ikut TTM.. Kalau TTM seperti kuliah kelas biasa..

      2. Kalau untuk program d3 perpajakan di UT, tidak ada praktikum nya, dan tidak ada mata kuliah yang mengharuskan kuliah tatap muka..

      Delete
  8. Mas, apakah kuliah di UT jurusan bahasa inggris kualitasnya bagus. Apakah ada praktik. Thanky

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas eri,.. ada praktik nya atau ga saya kurang tau pasti sih mas.. dan pasti nya berbeda dgn kalau kuliah di universitas reguler. di tambah lg, jurusan yang ada adalah sastra inggris bidang minat penerjemahan.. jadi lebih fokus ke translation yang tentu tidak membutuhkan praktik speaking. untuk bahan ajar, biasa nya juga di lengkapi dengan cd atau kaset yang bisa kita gunakan juga.

      Delete
    2. Hello Mbak Nat, saya tertarik kuliah di UT. Sistem TTM itu maksudnya kita belajar lewat media online kayak telp skype gitu ya? atau kita belajar sendiri lewat video aja? Terimakasih..

      Delete
    3. hello.. kalau TTM itu tutorial tatap muka.. ada yang wajib sesuai kurikulum jurusan kita.. ada juga yang TTM karena permintaan mahasiswa.. yang ini sistem nya kayak kuliah tatap muka atau kuliah pada umumnya. per semester ada 8 kali pertemuan, dan TTM yang atas permintaan mahasiswa ini kita harus bayar lagi dan ada syarat-syarat lainnya lagi, seperti minimal 20 orang peserta, dll.. semoga membantu ya..

      Delete
  9. pagi. sista udah lulus belum dari UT ? karena sy juga bermaksud kuliah di UT denpasar yg di jalan gurita itu. tapi saya liat di internet kok cuma ada 2 jurusan yah? apa yg urus blog ndak bener? saya pengen di fakultas ekonomi . apa beneran ada S1 untuk fakultas itu? karena saat saya kesana di bilang pendaftaran pertengahan januari. tapi tanya lagi ternyata tgl 19 januari itu pendaftaran terakhir. :( tolong share ya. saya pengen banget kuliah, ya walaupun saya udah 8 tahun pengalaman kerja tp ndak ada salahnya kan untuk menambah ilmu... tolong banget ya mbak. makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada sista bisa ndak bantu saya share daftar fakultas dan rincian biayanya . sista bisa replay atau kirim ke email saya di arista.riski@yahoo.com. thanks b4 and after.

      Delete
    2. hi sista.. wah, kalau yang sista buka www.ut.ac.id, ga mungkin hanya ada 2 jurusan.. di UT itu terdapat 4 fakultas dengan berbagai jurusan yang bisa kita pilih.. untuk fakultas ekonomi (fekon) ada 3 jurusan yg bisa di pilih, yaitu ekonomi pembangunan, manajemen, dan akuntansi (semuanya S1).. pendaftaran memang sampai pertengahan januari.. syarat2 dan cara pendaftaran nya bisa langsung telp ke UPBJJ denpasar di 720720..

      Delete
  10. Mbaknya yang baik hai, mau nanya nich ya. Saya sebenarnya sudah punya diploma guru tk dari NAMC Canada dan IPKnya juga lumayan bagus lho (3,85) - yang mau saya tanyakan, kalau seandainya saya kuliah di UT dan ambil S1 PGPAUD mungkinkah saya bisa mendapatkan dispensasi untuk modul tertentu. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak.. jujur saya kurang begitu tahu kalau untuk alih kredit dari universitas luar negeri ke UT.. hal ini lebih baik ditanyakan langsung ke pihak UT.. mbak bisa mengajukan pertanyaan di layanan kontak mereka : http://layanan.ut.ac.id/..

      mbak jg bisa coba bandingkan mata kuliah yang telah mbak tempuh dengan kurikulum di S1 PGPAUD apakah banyak yang mirip.. kurikulum bisa di lihat di : http://www.fkip.ut.ac.id/

      Delete
    2. Terima kasih atas saran dan balasan comment-nya mbak NatInBali.
      Nanti pasti akan saya tanyakan langsung ke pihak yang berwenang.
      Sekali lagi terima kasih atas semua infonya. :-D
      Best wishes

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Sist mau nanya ni .. Ut pendftrannya tiap semester apa tiap ajaran baru yaa ... Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sis.. untuk UT pendaftaran nya per semester atau 2 kali dalam setahun.. berikut link unutk kalender akademik UT, di sini ada informasi jelas kapan pendaftaran nya di buka..

      http://www.ut.ac.id/mahasiswa-dan-alumni/kalender-akademik.html

      Delete
  13. sis boleh tanya?
    untuk pendaftaran mahasiswa baru UT semseter depan..kapan ya?
    mhon bantuan nya ya..trmksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sis.. berdasarkan kalender akademik di website nya UT (www.ut.ac.id) untuk 2014.2 pendaftaran nya dibuka mulai awal Juni 2014..

      Delete
  14. mksh bny sis...trs untuk persyaratan pendaftranny apa saja y sis? saya cri2 di web ko ga ada ya..sm langkah2 ny kalau mau daftar spt apa ya!..mhon bntuanny ya sis..trmksh banyak :D

    ReplyDelete
  15. kalau mau daftar mending langsung dateng ke UPBJJ terdekat aja.. nanti di sana akan disuruh mengisi form berserta menyerahkan dokumen2 pendukung.. nanti setelah melakukan pembayaran, kita akan diberi katalog UT, dan berkas2 lain nya..

    ReplyDelete
  16. hai sis........masuk di UT susah gak ...?trus lo untk orang kerja seperti saya ,yang pulang jam 8 mlm......trus gmn sis.....?apakah kuliahnya cuma online to gmna ?mohon dbls

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai,, masuk di UT itu mudah sekali.. pendaftaran nya ga ribet, dan jam belajar nya pun fleksibel banget.. saya kemarin kuliah di UT juga posisi nya kerja.. pada dasar nya yg wajib di UT itu adalah ikut UAS.. nah UAS ini dilaksanakan sekali per semester nya, biasa nya sih di bulan Mei dan November.. ujian nya pun dilaksanakan di hari Minggu. Kalau UAS ini harus datang ke tempat yang ditunjuk oleh masing2 UPBJJ di kota yang dipilih.. Ada juga yang nama nya tuton (tutorial online), ini ga wajib, tp buat sy berguna banget, karena membantu sekali di dalam penilaian.. jd in case nilai UAS kita jeblok, nilai tuton ini yg bantu.. Kalau tuton, bisa di akses di website nya, dan setiap minggu akan ada diskusi, bahan ajar, dan tugas yang bisa kita dapatkan. UT ini memang paling cocok untuk kita2 yg kerja, karena jauh lebih fleksibel.. semoga membantu..

      Delete
  17. kira2 soal untuk tes masuk pascasarjana di UT seperti apa ya kira-kira? maklum, saya sudah lama selesai kuliah jd agak2 bngung hrus belajar dari mana.
    sblmnya trima kasih.

    ReplyDelete
  18. Kak aku mo nanya nih.
    Aku kan uda smstr 6 di fkip sstra indo d slah stu univ reguler. Trus seumpama aku pngen pindah k UT apa bisa. Itu gmna? Mohon pnjelasannya. Trimkasi

    ReplyDelete
  19. Mau tanya, jurusan D3 Perpajakan ada tatap muka-nya gak?
    Kemarin saya tanya katanya untuk D3 Perpajakan gak ada tatap muka-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk perpajakan, tidak ada tatap muka nya..

      Delete
  20. kak mau tanya kan ada osmb utk mahasiswa baru itu wajib gak? dan di matkul yg aku ambil ada sistem TTM itu bisa diganti dgn Tuton atau dua2nya wajib?

    ReplyDelete
  21. Kalau dari s1 universitas terbuka , melanjutkan program pasca sarjana S2 ke universitas reguler bisa ga ya? Kawatirnya di tolak persyaratan nya. Tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih tidak masalah.. krn UT kan universitas resmi, terdaftar dan ada akreditasinya.. malahan UT itu universitas negeri, bukan swasta..

      Delete
  22. oia kak, klw di UT kita ambil jurusan FKIP nah itu kita harus kerja sebagai guru baru bisa kuliah jurusan FKIP, atau kita kerja yang lain tpi bisa kuliah jurusan FKIP????
    mohon bantuannya....terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu sy FKIP itu untuk memang untuk guru atau tenaga pendidik.. coba cek lebih lanjut di http://www.fkip.ut.ac.id/.

      Delete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. pas kita kuliah di UT nya itu harus udah jdi guru ya??
    misal udah ngajar jd guru di sebuah sekolah bru kuliah di UT gtu yah kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibaca di sini http://www.ut.ac.id/tentang-ut/sistem-registrasi/persyaratan.html untuk program FKIP memang hanya dapat diikuti oleh mereka yg sdh bekerja menjadi guru..

      semoga membantu

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Mau tny sy jurusan S1 ekonomi apakah bs melanjutkan ke S2 bahasa inggris di UT???sy butuh infonya....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. setahu sy untuk s2 Linguistik, ada syarat yang mengharuskan s1 bahasa inggris, atau at least sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris.. tp itu tergantung kebijakan2 masing2 universitas.. mungkin ada jg universitas yang mensyaratkan nilai TOEFL yang tinggi atau harus mengikuti matrikulasi terlebih dahulu..

      Delete
  27. Gimana caranya kaka ngedapetin beasiswa di UT, apalagi kaka baru prtma kali meuk udh dpt gmn crx tuh ka....minta infox dunk ka ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin waktu orientasi maba, tiba2 di umumin aja klo sy dpt beasiswa.. ga tau sih kriteria nya apa.. tp UT juga menyediakan program beasiswa lainnya kok.. contoh nya bs di baca ini : http://www.ut.ac.id/mahasiswa-dan-alumni/pengumuman/1091-program-beasiswa-dan-bbp-ppa-tahun-2015.html

      Delete
  28. kak .. saya mahasiswa aktif semester 3 di UNDANA kupang. nah saya akan berangkat ke bali untuk bekerja tapi saya terbeban dengan kuliah saya seperti terbuang percuma. apakah di UT juga dpat menerima transfer kak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Imelda.. saya kurang mengerti kalau masalah transfer di UT.. Saya hanya pernah mencoba alih kredit.. Jadi mata kuliah yang sudah sy tempuh sebelumnya di universitas lain, tidak perlu sy ambil lagi ketika di UT.. Mungkin bisa tanya ke UPBJJ UT di Denpasar atau kirim pertanyaan via email atau coba buka http://www.ut.ac.id/faq/open.html
      Selain UT, apa tidak mau mencoba pindah ke universitas yang bukan sistem online seperti UT? Universitas Udayana juga ada program ekstensi, yang kuliah nya dari jam 5.30 sore, kalau Unud sepertinya menerima mahasiswa pindahan dr universitas lain..

      Delete
  29. Jurusan Kuliah Paling MenjanjikanNovember 20, 2015 at 7:03 PM

    Jaman sekarang sudah beda banget dengan jaman dahulu...
    Kalo dulu biaya kuliah emang masih murah, tapi lihatlah presentase para lulusan SMA yang meneruskan ke jenjang perguruan tinggi, jauh lebih kecil dengan jaman sekarang, karena walaupun katanya murah tapi beasiswa gak SEBANYAK sekarang, sehingga sekarang orang miskin pun mampu kuliah.....
    Jaman dulu asal kita kuliah cari kerjaan yang “MAPAN” gampang, lihatlah orang orang angkatan orang tua kita, Jaman sekarang kalo gak pinter milih jurusan “SUSAH” dapet kerjaan yang MAPAN
    Pertimbangan milih jurusan jangan hanya berdasarkan bidang yang kita senangi, Tapi pertimbangkan juga PELUANG KERJA kedepan PILIHLAH JURUSAN YANG BANYAK LOWONGAN KERJANYA namun saingannya gak berat...

    CONTOH jurusan AKUNTANSI, saat ini tiap tahun DIREKTORAT JENDERAL PAJAK rutin buka lowongan CPNS dari S1 AKUNTANSI sebanyak RIBUAN ORANG, bandingin jika kita masuk Direktorat Jenderal Pajak melalui STAN saingannya puluhan ribu hingga RATUSAN RIBU pendaftar

    Jika dipresentase masuk Pajak lewat S1 akuntansi JAUH LEBIH MUDAH dibanding masuk DJP melalui STAN
    http://www.kaskus.co.id/post/55117c2f529a45847c8b4568#post55117c2f529a45847c8b4568

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas info nya dan karena sudah mampir ke blog ini.. ^_^

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. sorry ya baru sempat jawab.. UT itu universitas resmi kok, bahkan bukan univ swasta, tapi univ negeri.. harus nya ga ada masalah sih kalau dipakai untuk apply beasiswa..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  31. mau tanya,, kalo saya lulusan d2 jurusn mangement . kAN DI uT ada jurusan mangement tuh.. bisa gak yah saya lanjut situ tapi langsung semester lima. karena empat semester saya jalani di tempat lain.

    ReplyDelete
  32. Bisa alih kredit.. cm setahu sy, alih kredit bs mulai diajukan di semester dua.. jd saran sy, kalau mau alih kredit, semester 1, ambil dl mata kuliah yg memang blm pernah ditempuh. Nanti di semester dua, br mengajukan alih kredit. Alih kredit jg ada syarat2 nya.. kadang ada mata kuliah yg nama nya berbeda antar universitas.. jd bs dari bbrp mt kuliah yg kita ajukan, tdk semuanya disetujui utk dialih kredit oleh UT..

    ReplyDelete
  33. kak mau tanya apakah bisa S1 PG PAUD melanjutkan S2 manajemen di UT? mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete
  34. Hai Irma.. Berikut link tentang persyaratan Program Pasca Sarjana di UT..
    http://pasca.ut.ac.id/2012-11-06-11-19-27/persyaratan.html
    Kalau masih ada yg mau ditanyakan, bisa telepon ke UPBJJ di kota kamu ya.. Semoga membantu.. ^_^

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Kak jam kerja kantor UPBJJ dari jam bro smpe jam brpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Gex Ani, buka nya dr jam 08.00 pagi.. buka nya sampai sore kok, klo ga slh tutup jam 16.00..

      Delete
  37. hai, Ka.. rencananya Inshaa Allah tahun ini bulan Juni 2016 aku daftar UT Jurusan Komunikasi. Beberapa Minggu lalu aku ke Kampus UT katanya biayanya 1.3 Juta per semester. Mohon dibantu informasinya ya, Ka itu untuk biaya masuknya sudah termasuk SKS atau ada tektek bengek lainnya. Thanks ya, Kak Geg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ridwan,itu yg 1.3jt sptnya yg paket Sipas Non TTM.. itu sdh termasuk osmb, layanan administrasi, tuton, uas, dll., yg blm termasuk adalah pembelian modul atau bhn ajar.. sbnrnya ut menawarkan byk pilihan kok.. kalau sy, sy tdk ambil yang sipas, tp yg byr per sks.. klo komunikasi, sptnya 36rb per sks,, jd nanti byrnya disesuaikan dgn jlmh sks yg di ambil.. http://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan itu link nya ya..

      Delete
    2. Mbak maaf, koreksi setau saya sipas non ttm itu sudah termasuk bahan ajar. Hanya saja tidak ada tutorial tatap muka

      Delete
  38. Hai ka, mau nanya nih untuk UT di bali apa ada jurusan manajemen pariwisata, karena kalo saya liat di web fekon UT jurusan itu ada tp kalo saya liat di ut.ac.id gak ada jurusan tsb... Mhon infonya trims..

    ReplyDelete
  39. Hai ka, mau nanya nih untuk UT di bali apa ada jurusan manajemen pariwisata, karena kalo saya liat di web fekon UT jurusan itu ada tp kalo saya liat di ut.ac.id gak ada jurusan tsb... Mhon infonya trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai,, kmrn waktu ke UPBJJ sekilas sy lihat ada banner tentang jurusan manajemen perhotelan dan pariwisata.. tp sy lihat di katalog UT dan website UT tdk ada.. lbh naik Novan telp langsung ke UPBJJ saja,, No telp nya 0361-720720.. biar info nya lbh akurat,, hehe..

      Delete
  40. kak ada fb atau twitter mau konsul biar fast response?? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai,, utk tanya2 bs via email ke trs.nat@gmail.com ya.. sy malah kurang aktif di 2 nedsoc tersebut,, hehe..

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Halo, Mbak.. Saya Shinta. Saya mau tanya, kalau sebelumnya sudah lulus sarjana, trus mau ambil S1 lagi di UT, yang kita serahkan saat pendaftaran apakah Ijazah terakhir (S1) atau tetap pakai Ijazah SMA?

    Terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shinta.. utk pndaftaran S1, bs pakai ijazah S1 atau SMA.. kmrn sy pakai SMA krn sisa ftcpy ijazah yg di legalisir sy sdh hampir habis., hehe,, tp nanti ga pengaruh kok ke proses lainnya., sy msh bs alih kredit, dll..

      Delete
    2. Sekali lagi terimakasih ya mbak jawabannya... :)

      Delete
  43. Beberapa bulan lalu saya mencari info tentang ut, dan akhirnya saya masuk d3 perpajakan. Besok sih masuk semester 2. Salam kenal dari ut semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wiji., wah sy jg lulusan d3 perpajakan nih... skrg sy ambil sastra inggris nya.. salam kenal jg.. 😊

      Delete
    2. Halo..
      Mengenai beasiswa. apakah d3 juga bisa mendapatkan juga asala ip > 2.75??
      Soalnya saya baca di web UT hanya d4&s1 saja.
      Kebetulan nilai saya semester 1 sdh keluar

      Delete
    3. Halo.. Di ketentuan beasiswa yg saya baca memang tertulis untuk D4 dan S1 saja..

      Delete
  44. halo sis..apakah UT ini khusus Orang Tua yang lanjut Umur, atau ada juga yang tamatan SMA tahun ini?? trus pendaftaran Bulan ini kapan Tutupnya, dan cara mendaftarnya bagaimana?, apa bisa nyicil??tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. UT itu tidak hanya untuk orang yang sudah lanjut usia.. Mahasiswa UT sangat bervariasi, mulai dari yang baru lulus SMA, profesional muda, sampai yang sudah lanjut usia.. Kalau pendaftaran untuk semester 2016.2 sudah tutup sejak 13 Juli kemarin.. Pendaftarannya bisa online atau datang langsung ke UPBJJ di kota domisili anda.. Untuk alamatnya dan syarat2nya bisa di-check di www.ut.ac.id.. Uang kuliah UT sangat terjangkau kok.. Hanya perlu bayar uang kuliah per sks, tanpa embel2 biaya semester, uang gedung, dll.. Jumlahnya juga ditentukan dari seberapa banyak kita mengambil sks per semester dan fasilitas yang ingin kita peroleh.. Semoga membantu..

      Delete
  45. Sis, FMIPA UT tidak ada jurusan Fisika ya? Setahu saya tahun 90an ada jurusan Fisika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Skrg tidak ada jurusan Fisika.. Hanya ada Program Studi Matematika, Biologi, Statistika, Teknologi Pangan, Agribisnis, dan Perencanaan Wilayah & Kota..

      Delete
  46. Kuliah di UT gimana prospek kerjanya? Banyak rumor di masyarakat yg beredar bahwa ijazah UT kurang dihargai di Perusahaan Swasta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya malah baru tahu ada rumor seperti itu.. hehehe.. UT itu Perguruan Tinggi Negeri, yang setahu saya malah lebih "menjual" dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta.. Diterima atau tidaknya seseorang di suatu perusahaan, menurut saya lebih ditentukan oleh keahlian, pengalaman kerja, dan hasil test serta wawancara.. Bukan karena ijazah-nya UT atau bukan.. Salam

      Delete
  47. Sy tertarik dengan yang program Pascasarjana Magister Manajemen, sebelumnya saya adalah lulusan S-1 Akuntansi. Yang ingin sy tanyakan;

    1. Biayanya ?
    2. Brp lama kuliahnya ?
    3. Dan apa saja persyaratan pendaftarannya (fotocopy ijasah, transkrip nilai, dll) ? Apakah bisa langsung daftar kapan saja ataukah harus menunggu ajaran baru ?

    Sementara itu dulu, Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun... Kt temen ternyata harus dapat score TOEFL 450-500 (langsung lemessss)

      Delete
    2. Untuk biaya dan syarat2 bisa dilihat langsung di website UT, krn tdk mungkin saya jelaskan satu per satu di sini.. http://pasca.ut.ac.id/

      Untuk pendaftaran, ada jadwalnya, dan untuk semester 2016.2 sudah ditutup per 20 Juli 2016 kemarin.. Untuk lebih pastinya, bisa telepon ke UPBJJ di kota Anda.. Alamat dan no telepon UPBJJ bisa dilihat di http://ut.ac.id/

      Untuk TOEFL, sekilas tidak ada di persyaratan.. Tapi setahu saya untuk program Magister, nilai TOEFL (dan sejenisnya) memang menjadi prasyarat..

      Semoga membantu ya..

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Mau tanya ni kalo mau pindah di ut baru semester 3 bisa gk?trs apa saja syaratnya?saya dari salah satu ptn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sistem pindah langsung sepertinya tidak bisa.. UT hanya menerima sistem alih kredit.. Jadi nanti daftar dulu sebagai mahasiswa baru di UT.. Nanti setelah semester 2, baru ajukan alih kredit.. Jadi nanti mata kuliah yang sudah pernah ditempuh di PTN, tidak usah diambil lagi di UT.. Nanti prosesnya mengajukan alih kredit, beserta surat2 dan dokumen pendukung, trus dikirim ke UT pusat..

      Delete
  50. Hi, aku kan udh semester 3 nih di jurusan ekonomi manajemen. Trus mau pindah ke ut ke jurusan sosiologi. Bisa nggak ? ngga hrs mengulang dr semester awal, kan ? Jd langsung diterusin aja dan alih kredit mata kuliah yg udh lulus, yg kebetulan jg ada di jurusan itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Saya kurang paham kalau masalah pindah jurusan.. Yang saya pernah jalani adalah alih kredit dari PT lain ke UT dan dari alumni UT.. Sekarang saya lagi mengajukan alih kredit, karena saya alumni D3 Perpajakan UT dan sekarang mengambi S1 Sastra Inggris.. Saya kurang tahu apakah bisa langsung pindah jurusan atau daftar ulang lagi dari awal seperti mahasiswa baru.. Untuk lebih jelasnya bisa hubungi UPBJJ atau langsung contact UT Pusat saja..

      Delete
  51. Saya mau tanya kalau lulusan D3 komputerisasi akuntansi apakah bisa lanjut S1 Akuntansi di UT ? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lanjut lewat proses alih kredit.. Jadi mata kuliah yg ada di kurikulum S1 Akuntansi di UT, yg sdh pernah ditempuh saat di D3 Komputerisasi Akuntansi, tdk usah ditempuh lg di UT.. Dan Alih Kredit jg ada proses dan syarat2nya..

      Delete
    2. Kalau boleh tahu bgmna proses dan syarat"nya untuk alih kredit ?

      Delete
    3. untuk syarat2nya bisa dilihat di Katalog UT dan bisa di download di websitenya.. Untuk bisa mengikuti alih kredit, mahasiswa hrs melakukan registrasi terlebih dahulu dan alih kredit bisa dilakukan di semester berikutnya..
      Link untuk download katalog : http://www.ut.ac.id/katalog

      Delete
    4. terima kasih banyak infonya :)

      Delete
  52. Hi, aku daftar UT online, tapi tetep disuruh kirim berkas hardcopy. Tapi yang bikin sy bingung kok email yg saya dapat itu tgl 12, sedangkan katanya pendaftaran ditutup tgl 11 ? Jadi tetep bisa ngirim ngga sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Kmrn sy jg coba daftar online, tp gagal, jd lsg dtg ke UPBJJ.. Dikirim aja berkasnya atau lbh baik lsg bw ke UPBJJ-nya.. Kemungkinan untuk arsip aja, krn kan diminta ijazah, dll.. Registrasi mata kuliah untuk mahasiswa baru masih sampai tgl 18 Jan kok..

      Delete
  53. Hai mbanya yg baik..
    Salam kenal mba. ��
    Mau nanya" nih mba,, rencana aku kan mau kuliah di UT. Baru cari" info ini,buat referen.
    Maunya sih D3 perpajakan karna yg ada cuma itu ya D3 nya.
    Dan kebetulan mba nya juga D3 kan ya.
    Yg pengen aku tanyain nih mba, kalo kata temen" aku perpajakan itu lebih rumit dari akuntansi. Itu bener ngga sih?
    Trs misalnya udah lulus, ijazahnya bagaimana mba?
    Secara UT kan sistemnya lebih ke online ya mba??
    Ditunggu jawabannya mba..
    Salam kenal dari klaten ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Salam kenal juga.. Lebih rumit itu relatif sih.. hehe.. D3 perpajakan jg dpt akuntansi kok.. Cuma memang lebih fokus ke perpajakannya.. Yang susah mungkin untuk menghafal undang2 perpajakan, tarif pajak, dll.. Ijazah sama seperti PT lainnya.. Dan UT kan PTN, jadi ga perlu khawatir masalah ijazah.. Sistem pembelajaran bs dipilih.. Mau online saja bisa.. Mau tambah TTM (tatap muka), juga bisa.. Semoga membantu ya.. Kalau ada pertanyaan lain, bs hubungi saya via email.. ^_^

      Delete
    2. Jadi lagi bimbang ini mba ceritanya..
      Dulu waktu smk sih ambilnya akuntansi. Tapi rada" blong gitu.
      Hehee
      Udah vacum 6 tahun sekolah.
      ini mau nyoba lagi buat mikir.
      Tapi maunya D3 aja gitu..

      Delete
    3. hehehe.. kalau menurut saya, tergantung minat dan karir/pekerjaan yg diinginkan.. kalau memang minat ke pajak, ya ambil D3 Perpajakan.. Kalau ga, mungkin bisa ambil S1 Akuntansi yg lbh umum dan pilihan karir-nya lebih banyak.. Lagian D3 dan S1 di UT jg ga beda2 amat.. Untuk S1-nya tidak ada skripsi, hanya ada Tugas Akhir Program (TAP) dan Karya Ilmiah.. Kalau D3 tdk ada, hanya perlu menempuh semua mata kuliah yang ada di kurikulum..

      Delete
    4. iya ni kayanya tetap yakin di perpajakan mba.

      Makasih atas infonya mba nya yg baik.. ;)

      Delete
    5. Welcome to the club.. Seneng deh ada yg "sealiran" sama saya.. hahaha..
      Btw, registrasi untuk MaBa saat ini sdh ditutup.. Pendaftaran MaBa untuk Semester 2017/2018.1 dimulai di bulan Juni ya..

      Delete
    6. Hehee
      iya mba.
      O iya ini aq udah dapet katalognya mba.
      Baru aq pelajari.
      Mungkin kl ada yg aq ngga ngerti bisa tanya sama mba nya via email yaa?
      Hehee

      Delete
    7. Boleh.. bs email ke 2 email yg ada di profile ya..

      Delete
  54. Hai, aku mau tanya soal pembayaran matkul nih. Bisa ngga sih di atm ? Itu billingnya hrs dicetak dan disimpan ? Konfirmasi pembayarannya gimana ? Trus kolom validasi bank itu gimana kalo kita bayar lewat atm ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Sorry banget saya belum pernah bayar via atm.. Saya selalu memilih membayar via teller bank.. seharusnya bisa bayar via ATM.. untuk lebih jelasnya bisa hubungi ke UPBJJ langsung..

      Delete
  55. Kak, kan sistem ujian ada 2 : online sama tertulis ya ? Kalo matkul yg ngga ada ujian onlinenya itu berarti gimana ? Trims ya kak udah jawab"in pertanyaanku, itu membantu banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Sistem ujian nya ada 2, 1 yg tertulis dan 1 yg online (SUO).. Kalau ujian yg tertulis berarti kita dtg ke tempat ujian, biasanya jadwal UAS nya bulan Mei dan Nov, dan hr Minggu.. Kebanyakan pilihan ganda, jd pakai LJK.. tp ada juga yg ujian nya essay.. Kalau SUO, itu untuk mata kukiah yg bentrok.. Msl mau ngambil matkul A dan matkul B.. ini jadwal ujian nya sama2 di 1.2 (hari pertama, jam kedua).. nah ini brarti slh satu matkul hrs SUO.. entah yg A atau B, selama memang matkul tersedia SUO nya.. klo matkul yg tdk tersedia SuO nya berarti hrs ambil ujian yg non online.. Semoga membantu ya..

      Delete
  56. Berarti kalo "jadwal ngga bentrok ", ngga usah pake SUO kan ? trus ujian biasanya ngga pake daftar lagi kan ? maaf ya banyak tanya, dan trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Kalau jadwal tidak bentrok tdk usah SUO.. ujian tidak perlu daftar lg, hanya perlu mengambil KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian).. Biasanya KTPU bisa diambil atau di download secara online sekitar seminggu sebelum jadwal UAS..
      Hehe.. Gpp kok.. Glad i could help..

      Delete
  57. Replies
    1. Pendaftaran untuk mahasiswa baru : 1 Juni - 12 Juli 2017..

      Untuk Kalender Akademik selengkapnya bisa dilihat di : http://www.ut.ac.id/kalender-akademik/sarjana-diploma

      Delete
    2. Mau tanya inikan pendaftaran udah telat kira2 klau mau daftr bisa diterima ap gak , apa nunggu 1 juni ya ?

      Delete
    3. Hai.. pendaftaran untuk Mahasiswa Baru sudah ditutup per tanggal 11 Jan kemarin.. Jadi kalau mau daftar harus menunggu sampai 1 Juni 2017..

      Delete
  58. hi Nat :)

    mau tanya masih gabung di UT Bali kah? :D
    saya ada rencana untuk ikut ujian UAS di Denpasar (tertulis)....biasanya klo UAS itu dikampus UT Denpasar atau dimana ya?soalnya status saya hny numpang ujian 1 hari tgl 14 Mei 2017(ujian pindah kota sementara, karena pas UAS lagi di Denpasar) mohon info yak :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,, utk UAS, semester lalu, ujiannya di SMK2 dan SMA5.. itu sekolahnya di daerah Sidakarya / Sesetan ( Denpasar Selatan), ga jauh dr kampus UPBJJ Dps.. sdh bbrp semester terakhir, di 2 sekolah ini ujiannya..

      Delete
  59. Kak kenalkan saya ayyu. Saya lulusan smk kimia analis , saya tertarik untuk kuliah sosiologi di ut tetapi saya tidak tahu dasar dasar pelajaran untuk sosiologi karena sewaktu smk saya hanya fokus ke pelajaran mipa. Karna di ut pertemuan nya jarang saya khawatir nanti ketika saya menjalani kuliah saya kurang paham atau tidak mengerti. Kuliah sosiologi sulit atau tidak kak? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ayu.. Kalau untuk menjawab kuliah Sosiologi sulit atau tidak, saya tidak bs menjawab, krn sy blm pernah kuliah sosiologi. Saya hanya pernah kuliah mengambil manajemen, perpajakan, dan skrg sdg menempuh Sastra Inggris.. Kalau untuk kuliah di UT, memang kita dituntut untuk lebih mandiri.. Kalau ingin mengikuti kuliah tatap muka, bs ambil paket SIPAS yg ada TTM-nya (tutorial tatap muka).. Tapi dengan mengikuti tutorial online sj sebenarnya kita sdh dituntut untuk aktif, karena setiap minggu ada diskusi, latihan, dan tugas yang diberikan.. Salam..

      Delete
    2. Hai mbak yang cantik...
      Aku mau nanya nih blh ya..
      Aku kan sekarang udah 21thn.
      Trus rencananya mau msuk UT ambil d3 perpajakan.
      Kalo lulus mungkin paling cepat aku udah 24thn ya mbak...
      Kira kira diumur segitu masih bisa nggak masuk tes cpns? Terimakasih

      Delete
    3. Hai.. maaf banget tp sy blm pernah ikut tes CPNS.. Jadi ga tahu persyaratan utk ikut tes CPNS.. hehe.. Terima kasih sdh mampir ke blog ini.. Salam

      Delete
  60. Hai, kalo mahasiswa treatment itu apa ya maksudnya ? -Trus jadwal ujian untuk matkul yang kita ikuti itu infonya gimana ? Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. utk mahasiswa treatment sy mlh br tahu ada istilah itu.. hehe.. klo jadwal ujian, waktu ujian mengikuti jadwal sesuai di katalog, msl 1.1 itu mksdnya hr pertama jam pertama.. KTPU atau kartu tanda peserta ujian, bs diambil di UPBJJ atau download online kira2 2minggu sblm ujian.. di ktpu nanti tertera no ruang ujian dan no mejanya.. utk lokasu ujian bs ditanyakan ke petugas UPBJJ..

      Delete
    2. Hai.. utk mahasiswa treatment sy mlh br tahu ada istilah itu.. hehe.. klo jadwal ujian, waktu ujian mengikuti jadwal sesuai di katalog, msl 1.1 itu mksdnya hr pertama jam pertama.. KTPU atau kartu tanda peserta ujian, bs diambil di UPBJJ atau download online kira2 2minggu sblm ujian.. di ktpu nanti tertera no ruang ujian dan no mejanya.. utk lokasu ujian bs ditanyakan ke petugas UPBJJ..

      Delete
  61. Hai, kak. Ini kan udah bentar lagi UAS, untuk cara download online KTPU itu gimana ya caranya ? Trus jam pertama itu maksudnya jam berapa ? Maaf ya saya banyak nanya, ini baru banget di UT x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. cr download nya masuk ke sia.ut.ac.id.. tp biasanya sminggu sblm uas br bs diakses.. waktu ujiannya ada hari pertama dan kedua.. klo jam pertama biasanya dr jam 08.00-09.30. Jam kedua 09.45-11.15, dst.. hehe.. gpp kok.. ^_^

      Delete
    2. Hai... KTPU untuk UAS Mei ini sudah bisa di download di https://sia.ut.ac.id/ktpu
      untuk lokasi ujiannya bisa menghubungi UPBJJ ya..

      Delete
  62. Kak, mau tanya dong ? Itu kartu mahasiswa harus dibawa ya pas ujian ? Saya kayaknya belom punya deh. Cara buatnya bisa online ngga ? Trims :)

    ReplyDelete
  63. Oh, iya kak. KTM itu harus ya dibawa ? Aku belum cetak nih, ktm sementara itu yang mana sih ? Trims banget ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. KTM harus dibawa saat ujian. KTM Sementara itu jadi 1 di lembaran Data Pribadi Mahasiswa yang dapat pas pertama kali daftar jadi mahasiswa di UT. Cuma selembaran kertas gitu.. Sementara bisa bawa itu aja.. Kalau KTM yg elektronik, itu harus datang ke UPBJJ, karena bakalan difoto langsung.. Nanti jadinya kayak kartu atm gitu..

      Delete
  64. Kak, satu pertanyaan lagi dong ? Aku anxious banget, KTM wajib banget ya dibawa pas ujian ? Kalo belom punya apa jadi ngga bisa ikut ujian ? Trims banget ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketentuannya hrs dibawa pas ujian.. biasanya sy letakkan di atas meja bareng dgn KTPU.. dl pernah di cek sm petugasnya, tp ada jg petugas yg ga ngecek.. klo blm pny, cb telp upbjj.. sp tau dpt solusi.. lagian KTM sementara pasti dibagikan ke mahasiswa saat pendaftaran pertama kali..

      Delete
  65. Saya guru honor matematika di salah satu sekolah swasta, sebenarnya saya lulusan fkip pend kimia. Atas dasar linear, guru diwajibkan mengajar sesuai jurusan.. saya berencana untuk mengambil s1 pend mtk di ut..pertanyaan saya jika saya ikut ut pend mtk apakah saya mengulang makul umum dari awal atau langsung ke mata kuliah khusus pendidikan matematika ? Dan kira kira berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk lbh jelasnya bs download katalog UT di sini.. http://www.ut.ac.id/katalog
      Kalau memang ada matkul yg sdh pernah ditempuh, bisa di alih kredit jd tdk perlu menempuh lg.. lamanya tergantung jmlh matkul yg hrs diambil..

      Delete
  66. Hai, saya juga masih kuliah di UT upbjj denpasar s1 management. Baru semester 6, dan ada kepikiran untuk ambil s2 mm online UT kalo udah lulus. Dan kebetulan lagi nyari2 info tentang mahasiswa pasca online ut, biar ada gambaran untuk kedepannya. Cuma belum nemu2 hehehe, eh malah nemu blog ini. Dulu pas daftar s2, kuotanya masih tinggal berapa lagi yg belum terisi? Sy Jadi agak khawatir kalo misal suatu saat daftar, masih juga blm penuh quotanya. Kan sayang musti nunggu semester2 depan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Mending langsung ditanyakan ke UPBJJ Denpasar aja.. Soalnya saya sudah lama banget.. Mungkin sekarang sudah semakin banyak peminatnya.. Apalagi ada pilihan S2 MM yg Online.. Kalau dulu itu tunggu kuota karena belum online..

      Delete
  67. Hai ka, saya rencana nya mau daftar di ut tahun 2018.
    Saya mau nanya ka untuk sistem pembelajaran TTM itu dalam 1 semester maksimal berapa kali ya? dan apakah kalau kita ikut TTM akan berpengaruh dengan nilai kita selain mendapatkan materi pembelajaran langsung dengan beratatap muka dengan dosen? Dan masalah Tuton apakah sistem pembelajaran nya ada video nya kah? atau semua bahan pembelajaran nya hanya tertulis di internet. terima kasih ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..
      Saya tidak pernah mengikuti TTM, jadi tidak tahu ada berapa kali dalam per semester.. TTM, sama halnya dengan Tuton akan membantu nilai kita, tapi bukan menjadi jaminan bahwa mengikuti Tuton dan TTM akan meningkatkan nilai kita..
      Untuk Tuton sistem pembelajarannya berupa diskusi, tugas, dan materi (slides, sumber bacaan, modul, dll) yang semuanya dapat diakses di menu Tuton yang sudah disediakan..
      Semoga membantu ya,,

      Delete
  68. Say ada kontak wa ta ak mau tanya" soal ut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. sorry for late replying.. Kalau mau tanya2 boleh email di trs.nat@gmail.com ya.. ^_^

      Delete
  69. Mo tanya dong kak, klo program SIPAS bisa lgsg dpt modulnya atau beli modulnya sndiri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. untuk sipas sudah termasuk bahan ajar/modul..

      Delete