Friday, January 20, 2012

Rafting & Puri Experience

Rafting, dulu ga pernah kebayang gimana cara nya rafting dan sekarang jd suka sekali dan become one of my hobby..Walaupun memang suka sama alam, suka hashing (ntar di-review, biar tau hashing itu apaan), tapi ga pernah kebayang ikut rafting, karena bayangin aja udah serem, pokoknya ekstrem gitu..

Jadi awalnya kita berkenalan sm rafting ini, ya gara2 ikut hashing.. Ceritanya, dalam rangka  ulang tahun (anniversary), hashing club kita ngadain acara rafting bareng.. Waktu itu lokasinya di Petang (Sangeh maju lg), jadi sungai nya termasuk Sungai Ayung.. Ayung River ini merupakan 1 dari 3 sungai yg ada di Bali yg biasa dipake untuk rafting.. Sungai Ayung ini termasuk yg paling famous, paling banyak perusahaan2 rafting yg pake sungai ini..Dulu kan masih culun gitu, jd ga ngerti apa2.. Dateng ke tempatnya, ternyata itu finishing point-nya.. Jadi kita harus menuju ke starting point dulu.. Dan karena kita ini para "hasher" sejati yg udah biasa naik turun gunung, masuk keluar desa, jadi kita jalan kaki menuju ke starting point nya.. Kalo biasanya kan disedian transportasi.. Biasanya rute rafting itu berkisar antara 6-8 km.. Jadi lumayan tuh, udah pegel duluan kakinya.. Untung hujan waktu itu, jd sejuk.. hehehehe..

Sampe ke starting point, kita disuruh pakai life vest / life jacket, helm, sm dayung.. Mulai deh ketahuan, ini equipment nya udah keliatan jelek kualitasnya, belum lg tangga nya untuk turun ke sungai, makin bawah, makin jelek.. Bagiana atas udah disemen, tambah bawah berubah jd bambu dan tanah liat.. Bisa kebayang ga tuh, udah hujan, tangga nya masih tanah.. Dan yg bikin tambah curiga, pas dipompa boat nya kita, keliatan tuh boat nya ada tembelan disana disini.. Pas mau berangkat, si guide malah sempat2nya niup boat nya pake mulut nya.. *sigh*


Sebelum berangkat, dijelasin sama si guide, cara dayung nya gimana, terus harus dengerin aba2 atau petunjuk dr guide nya.. Nah, kan ini kita baru pertama kali, jd masih oon dong, eh bukannya malah diajarin, malah dimarah2in sama si guide.. Masa mama sy kan takut dan mau ikut karena kita paksa, eh si guide malah marah blg gini, "bu, tadi kan saya sdh bilang begini, ibu kalau ga bisa, ga usah ikut deh", apa coba, udah orang takut, bukannya ditenangin, malah dimarahin..

Ok, akhirnya perjalanan di mulai, satu boat, isi 4 orang, saya, adik, mama, papa, dan si guide yg nyebelin itu.. Awal2 kan masih belum banyak jeram nya, jd masih santai, tapi anehnya, di dasar sungai kan ada batu2 gitu, tiap nglewatin, pasti kena bottom kita dan sakit, padahal harus nya kan ga (dulu sih masih ga ngerti). Udah gitu, kalau benturan sm batu, kan harusnya membal gitu, eh ini malah nyangkut di batu, dan sebagian boat udah mau kelelep aja.. Kita waktu itu masih ga nyadar.. Lanjut perjalanan lagi.. Dan si guide akhirnya bilang, di depan akan ada jumping (istilah kalau ada turunan), jadi kita harus duduk di dasar perahu.. 50 meter sebelum jumping, eh bunyi "dorrr" gitu, ga taunya meletus boat nya kita.. Untung masih sempat minggir kita, dan belum jumping.. Kalau pas jumping, kan bs celaka kita.. Dan terjebaklah kita, sialnya kita masih berada di sungai yg sekeliling nya itu tebing2 curam, jd ga memungkinkan kita untuk naik ke atas.. Si guide masih sibuk niup boat pake mulutnya.. Haihh, namanya jg boat bocor, ditiup sampe jelek jg jd kempes lg.. Akhirnya dia bilang, ntar mau dibawain pompa khusus boat nya.. Duduk lah kita di pinggir sungai yg penuh batu2, sambil kedinginan.. Sejam, ga ada dateng pompa nya atau boat buat ngangkut kita.. Banyak temen2 yg lewat, tp boat nya full dan mereka harus sampe finish dulu br bisa minta bantuan..

Eh, ternyata bukan kita aja yg nasib nya sial.. Ada temen kita, bule dari Belanda, nasib nya apes jg kayak kita.. Mereka berempat boatnya bocor jg.. Di tempat yg sama seperti kita.. Boat nya jg tembel sana tembel sini.. akhirnya ada temen juga (loh???).. hehehe.. Berarti emang semprul ini perusahaan rafting, mungkin murah kali ya, jd kualitas nya jg asal2an.. Keselnya itu, ini kan taruhan nya nyawa manusia.. Setelah kedinginan dan yg laki2 berusaha manjat tebing nyari jalan keluar, akhirnya ada rombongan tourists dari Taiwan yg lagi rafting, tapi beda perusahaan, mereka di Bali Fantasia Rafting (BFR), dan disana sy langsung speechless liat boat mereka yg lebih besar and kinclong ga ada tembelan nya.. Dan mungkin karena kasian sama kita, jd akhirnya mreka mau ngangkut kita, sampe tempat yg kita bisa turun dan ada akses jalan ke atas., Waktu itu rasanya lega banget, tourist taiwan nya jg baik2, dan akhirnya kita diturunin di tempat yg memang ada jalan penduduk untuk naik ke atas, dan naik boat nya BFR rasanya beda banget, ga kerasa walaupun kebentur batu sana sini..

Naik ke atas jg perjuangan, karena di Petang kan tinggi bukit nya, kalau tangga yg di finishing point katanya sekitar 500-an anak tangga.. Belum lg sampe atas, kan harus jalan kaki balik ke finishing point nya, dan karena kita rafting nya baru sebentar, jd baliknya lumayan tuh, sekitar 5km-an..

Sampe finishing point kita langsung tepar.. Dan tau ga, apa tanggapan orang dari perusahaan rafting nya, "ohhhh, kok bisa bu, ayo saya anterin, ibu ulang aja lg sekali, gratis kok".. OMG, ini perusahaan, untung aja sy lupa nama perusahaan nya.. Dan akhirnya mama sy jawab "ga usah pak, makasih banyak" padahal dalam hati ngomel, kalo bocor lg boat nya sp yg tanggung jawab.. hahaha..

Jadi itu pengalaman pertama sy dan keluarga waktu pertama kali rafting.. Pengalaman pertama aja sudah gitu, kapok kah kita??? Enggak dong.. Jadi waktu tante dan om saya yang dari Malang dateng, akhirnya memutuskan untuk nyoba rafting lg.. Karena sedikit trauma dgn pengalaman sebelumnya, kali ini kita bener2 survey dulu perusahaan rafting nya..Tante saya ada yg jadi guide tamu China dan Taiwan di Bali, jd setidaknya tahu banyak tentang perusahaan2 rafting di Bali.. Karena paling famous, jd kita tetep mutusin nyoba yg di Sungai Ayung, waktu itu kita sempat bingung antara BFR, Puri Rafting, dan Sobek..

Akhirnya yg kita pilih adalah Puri Rafting, karena kita udah tau lokasi nya dan kenal sama pemiliknya, selain itu lokasi yg dipakai Sungai Ayung yang bagian bawah, jd pemandangan nya lebih bagus, bs liat hotel2 yg ada di Sayan (Ubud).. Lokasi nya Puri Rafting ini di Bongkasa (deket Mambal) jadi seberang nya Sayan (Ubud), kalo Sobek lokasinya di Sayan nya.. Oh ya, di Puri ini juga ada aktivitas2 lainnya, ga cuma rafting, ada land rover tour, cycling, trekking, dll..

Karena kita masih newbie, jd ga bw camera dan ga bs foto2.. Tapi overall Puri Rafting ini kualitas nya oke.. Equipment dan boat kualitas bagus, guide nya friendly banget, waktu starting point nya ada slide nya (kayak di waterbom), di tengah perjalanan ada tempat istirahat dan bs minum air kelapa, resto dan changing room nya bersih, pokoknya jauh banget sm yg perusahaan rafting sblm nya.. Dan satu hal yg jd nilai tambah di Puri Rafting, tangga nya udah permanent (di semen) dan jumlah nya sedikit, jd habis rafting ga tepar duluan krn naik tangga yg super banyak.. hehehe..

Website : http://puri-experience.com/

 
Tips bagi yang mau rafting :
* Survey dulu perusahaan rafting nya, kalau bisa pakai yg sudah punya nama, karena lebih
terjamin kualitas nya..

* Kalau mau bawa kendaraan sendiri boleh jg, dan biasanya harga nya lebih murah, karena paket yg ditawarkan itu biasa nya include transportasi return..

* bawa camera yg waterproof, biar bisa foto2..

* pake baju yg enak untuk basah2an.. Kalo tourist, ada yg pake swimwear atau bikini, kalo saya, celana pendek dan kaos aja.. Dan pakai sandal jgn yg bagus2, kalo hanyut biar ga nangis.. hehehehe.. Jangan lupa bawa baju ganti juga, ada bbrp perusahaan yg menyediakan handuk dan sabun, ada jg yg tidak..

* bagi yg berkacamata, kalo bs tidak pakai kacamata, kalo minus nya besar kayak saya, drpada ga bs liat apa2 di bawah, bw karet gelang, cukup 2 aja, untuk menahan kaca mata, biar ga jatuh, atau kalau punya tali kaca mata, jg bisa..

* biasanya perusahaan rafting menawarkan mau rafting pagi hari atau siang hari.. Lebih baik yg pagi, karena kalau siang, jeram nya biasanya lebih deras apalagi kalau musim hujan..

* bawa barang2 saja seperlu nya, yg lain disimpan di loker, nanti kunci loker dan barang2 seperti camera, hp, uang, akan dimasukkan ke tas kedap air, dan dibawa oleh guide nya.. Uang juga harus dibawa, karena biasanya di tempat peristirahatan, ada yg jual2 minuman.. Dan jgn lupa tanya dulu harga nya, karena harga nya bisa jauh lebih mahal.. Uang jg berguna untuk memberikan tip bagi guide nya..

 
Habis ini saya mau review tentang pengalaman rafting sy yg di 2 sungai lain nya.. Jadi yg belum pernah nyoba rafting, ayoo coba aja, nanti pasti jd ketagihan.. hehehehe..


ps: karena ga ada foto nya, ini foto diambil dari sini ya:
http://puri-experience.com/gallery.html





No comments:

Post a Comment