Friday, January 27, 2012

My Doggies

Hai2 semua..

This will be my 26th posts.. Yayy, ga rasa ya, sudah nge-post 25 tulisan.. hehehe.. Hope you enjoy reading my blog.. ^_^

Kali ini saya mau cerita tentang doggies saya.. Sekarang ini, di rumah saya ada 3 doggies.. Tiga itu bukan jumlah yg sedikit dan merawat 3 anjing itu, perlu perhatian dan kesabaran ekstra.. Dan saya bangga sekali mau sharing cerita tentang doggies2 saya ini.. Bukan karena mereka anjing ras yg harga nya jutaan, tapi karena latar belakang mereka dan bagaimana mereka bisa sampai ke rumah saya..

Dulu waktu saya masih baby, orang tua saya pelihara dua anjing herder (German Shepherd).. Saya sih ga inget bentuknya gimana, yang jelas katanya besar dan karena tidak ada yang mengurus, makanya dikasih ke orang..

Semenjak anjing herder tersebut, ga pernah ada lg anjing yg bisa bertahan lama di rumah ini.. Saya masih inget dulu, waktu liburan ke Surabaya, saya lihat ada yg jual anjing, di pinggir jalan.. Akhirnya saya beli, dan bayar mahal banget supaya bs di bawa pulang ke Bali.. Waktu itu sih dititip ke bus malam.. Nama nya Mini.. Mini ga bertahan lama, cuma beberapa minggu aja, dan akhir nya mati.. Kemudian ada juga anjing2 yg saya beli di Pasar Burung (di depan nya memang banyak yg jualan anjing), semua berakhir sama, mati.. Bahkan ada yang sampai saya opname-kan, tetep ga bertahan..

Sampai waktu adik saya kelas 6 SD, waktu itu saya kelas 3 SMP, ada ibu yang punya warung di deket sekolah adik saya, menawarkan anak anjing untuk kita pelihara.. Waktu itu yang mengambil mama saya, anjing nya masih kecil dan warna nya coklat, yang kita kasih nama Febby.. Febby ini hebatnya sampai sekarang masih bertahan loh.. Febby ini anjing biasa, seperti anjing2 yg umum ada di jalan2 di Bali, tapi badan nya cenderung kecil untuk jenis nya, kalau di lihat2 mirip Dingos, anjing ras dari Australia..

 


Febby adalah anjing saya satu2 nya yang bukan berasal dari jalanan, karena 2 anjing saya selanjutnya semua nya berasal dari jalanan.. Dan ada 1 anjing saya lg, yg baru2 ini meninggal setelah saya selamatkan dari jalanan...

Anjing saya yang kedua namanya Daisy.. Jadi waktu itu papa saya lg lari pagi.. Tiba2 di jalan, ketemu sm Daisy ini.. Daisy waktu itu masih kecil sekali, bahkan mata nya masih belum terbuka sempurna.. Tapi Daisy ini hebat nya, terus mengikuti papa saya.. Walaupun capek, tetap lari sampai hampir tertabrak mobil.. Dan kalau papa saya berhenti, dia jg ikut berhenti, dan akhirnya sampai di depan rumah saya.. Begitu adik saya buka pintu gerbang, si Daisy ini langsung nyelonong masuk.. Waktu ditemukan, Daisy masih umur 1 bulan, dan sekarang sudah 2 tahun 3 bulan..

 
Daisy, sekarang udah tumbuh besar dan jadi "satpam"-nya keluarga kita


Anjing saya yang ketiga namanya Brown.. Brown ini ditemukan oleh papa saya seWaktu mengantar adik saya kuliah di Universitas Udayana di Jimbaran.. Cerita nya daripada papa saya nungguin di mobil, papa saya ini jalan2 di sekitar kampus.. Lalu papa saya ini ketemu sama 3 anjing.. Tapi cuma satu yg berani mendekat dan langsung ikut papa saya.. Sampai di kampus, Brown ini dibelikan nasi bungkus oleh papa saya, sehabis makan, Brown ini pergi lagi.. Dan ketika adik saya sudah selesai dan mau pulang, Brown ini datang lg, dan ketika pintu mobil dibuka, dia langsung naik ke mobil.. Jadi Brown ini akhirnya ikut pulang ke rumah.. Brown ini kita temukan April 2011 kemarin, dan bukan puppy lg, sudah besar, walaupun kalau dilihat dari gigi nya, masih banyak yg belum tumbuh..

Brown, walaupun badan nya udah besar, masing suka main dan bandel 


Anjing keempat saya adalah Jenny.. Jenny ini baru jadi bagian keluarga saya dan selang 4 hari setelah ditemukan, akhirnya meninggal juga.. Lagi2 papa saya yg menemukan.. Tepat 1 hari setelah Chinese New Year (Imlek), yaitu hari selasa kemarin.. Papa saya lg naik sepeda, dan tiba2 dengar suara2, papa saya berhenti dan berusaha mencari.. Ternyata ada anak anjing, masih baru lahir, tergeletak di tengah jalan dengan muka sudah penuh pasir.. Ironis nya kondisi nya sudah lemah sekali.. Kalau papa saya telat berapa jam saja, mungkin sudah mati.. Akhirnya anjing itu di bawa pulang dan kita rawat.. Kondisi nya sudah membaik dan sudah mulai aktif, walaupun kita masih was2, karena anak anjing baru lahir tanpa induk akan susah bertahan nya.. Akhirnya pas menjelang hari kelima, si Jenny ini tiap digendong, pasti nangis, dan nangis nya beda seperti biasanya.. Sebelum2nya, tiap 2 jam pasti bangun dan minum susu, tapi ini sebentar2 nangis, tapi tidur lagi, dan poop nya seperti lg diare.. Waktu itu tengah malem, di Bali lg ada badai, listrik jg mati.. Akhirnya sekitar jam 2 pagi, saya gendong lg, tp sdh lemas, badan nya dingin smua, mulut dan lidahnya sudah putih pucat gitu, dan akhirnya sekitar jam 4an, si Jenny ini menghembuskan nafas terakhir.. Saat itu, saya dan adik saya cuma bisa menangis.. Saya dan adik saya menyesali keadaan dimana Jenny ini sebelum nya baik2 saja dan sudah menunjukkan perkembangan yg bagus, tapu Tuhan berkehendak lain, walaupun memang semua orang sdh bilang, kalau anak anjing yg baru lahir ga akan bs bertahan tanpa induk nya.. Mungkin sudah memang jalan nya si Jenny, dan kita bersyukur sdh bisa memberikan kasih sayang ke Jenny walaupun cuma 4 hari..

 
rest in peace Jenny sayang.. we miss u.. T_T


Saya ingat kata2 nya Oprah Winfrey, bahwa di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan.. Dan saya percaya sekali bahwa memang nothing happens by coincidence.. Contoh nya adalah ketiga anjing2 saya ini.. Mungkin mereka memang dititipkan di keluarga saya.. ^_^

Ketiga anjing saya ini kemungkinan besar dibuang oleh pemilik sebelum nya, entah karena alasan apa.. Seperti Jenny, meninggalkan anak anjing yg baru lahir, belum bs berjalan dan melihat sm saja seperti membunuh.. Saya heran sj, apa yg membuang itu tidak punya perasaan sama sekali ya??

Saya jg berharap semoga tidak ada lg anjing2 yg dibuang oleh pemilik nya.. Memang Daisy dan Brown akhirnya menemukan keluarga baru yg menyayangi mereka, tapi di luar sana masih banyak anjing2 yg dibiarkan hidup di jalanan.. Makanya saya sangat appreciate pihak2 yg mau peduli dgn nasib anjing2 yg ditelantarkan, misalnya seperti BAWA, Hope for Dogs, dll..



6 comments:

  1. Hiks..poor Jenny T^T
    may she rest in peace.

    ReplyDelete
  2. Jenny nya unyu... sayang banget deh meninggal :'(
    Anw, kak, kakak tinggal di Bali ya? Ada yang jual anjing di jalan ga ya?

    ReplyDelete
  3. hai clarissa.. iya.. hiks.. T_T
    iya, saya tinggal di Bali.. kalau Clarissa di mana?? yang jual anjing di jalan kadang2 ada.. yg sering saya liat di jalan sudirman.. kalau yang paling banyak, di depan pasar burung satria di denpasar..

    ReplyDelete
  4. NatlnBali boleh minta id line nya nggak? Ada yang saya mau bicarakan

    ReplyDelete
  5. Hai Devi.. id line sy : nat_trs..

    ReplyDelete